26.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya gampang sekali.

Seperti diketahui, emas memang bukan hanya populer sebagai perhiasan, melainkan juga dipandang sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Hal itu karena emas adalah barang yang harganya punya kecenderungan naik dan jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan.

Dengan popularitas yang kian meninggi itu, tentu saja emas menjadi incaran banyak orang hingga saat ini sebagai aset dalam berinvestasi. Nah, bagi kamu para pemula yang ingin tahu cara investasi emas agar untung, simak yuk ulasan berikut ini.

Baca juga: Kegunaan Investasi P2P Lending Syariah

Keuntungan Investasi Emas

Selain beberapa hal yang disinggung di atas, investasi emas akan memberikan kamu beberapa keuntungan berikut ini.

1. Mudah dicairkan

Keuntungan dalam investasi emas terbaik yang pertama adalah tingkat likuiditasnya yang tinggi atau bersifat gampang dicairkan. Itu berarti, emas gampang dicairkan ke dalam bentuk uang tunai apabila suatu saat kamu memerlukan uang tunai untuk keperluan tertentu.

Nah, daripada jenis investasi lainnya seperti tanah atau rumah, emas tentu saja punya tingkat likuiditas yang lebih tinggi.

2. Melindungi kekayaan

Investasi emas juga akan memberikan keuntungan berupa suatu usaha untuk melindungi kekayaan. Hal itu akan tampak dari harga emas yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan.

Misalkan, kalau suatu waktu terjadi inflasi atau juga krisis ekonomi maka harga emas justru cenderung mengalami kenaikan. Hal itu tentunya sangat berbeda kalau kamu hanya menyimpan uang dalam bentuk tunai.

Pasalnya, kalau kondisi perekonomian mengalami inflasi atau krisis ekonomi maka nilai mata uang dapat ikut melemah.

Baca juga: Tahapan Investasi P2P Lending Syariah, Jadi Solusi Keuangan

Cara Investasi Emas

Cara Investasi Emas Pemula yang Mudah

1. Pastikan tujuan berinvestasi emas

Pertama, kamu bisa memulai berinvestasi emas dengan memastikan tujuan kamu berinvestasi logam mulia ini. Cara berinvestasi yang aman adalah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi.

Ada banyak tujuan yang dapat dijadikan target dalam berinvestasi logam mulia ini, baik untuk tabungan pernikahan, pendidikan, maupun investasi hari tua.

2. Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Berikutnya, kamu bisa memantau perkembangan harga emas secara berkala. Tidak sulit bagi kamu untuk memantau perkembangan harga emas saat ini, apalagi jika kamu memilih investasi emas online terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Saat ini, juga ada banyak situs internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Di samping itu, juga ada aplikasi di ponsel yang bisa menampilkan perkembangan harga emas, yang merupakan cara investasi emas online yang bisa kamu coba.

Tujuan memantau perkembangan harga emas adalah karena emas juga terkadang mengalami penurunan harga meski logam mulia ini dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil.

3. Beli emas di tempat yang terpercaya

Selain cara tadi, kamu juga bisa menanam emas dengan membeli emas di tempat yang terpercaya. Saat ini, ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Meski begitu, sebaiknya kamu membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan teregulasi alias menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya.

Pasalnya, ada saja penjual emas yang menyediakan logam mulia ini dengan cara cepat, tetapi tidak disertakan dengan sertifikat alias hanya emas batangannya. Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas, yakni di PT ANTAM.

Kamu bisa membelinya secara langsung di gerai penjualan emas di kantor PT ANTAM atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi. Selain itu, kamu juga bisa cara investasi emas di Pegadaian atau PT Pegadaian dengan cara menabung emas.

Nah, kedua tempat jual beli emas itu adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sehingga penjualannya dipastikan lebih terpercaya.

4. Tempat penyimpanan emas yang aman

Cara berikutnya adalah kamu harus memperhatikan tempat penyimpanan emas. Tips yang perlu kamu coba adalah bahwa kamu pun harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman.

Adapun yang paling mudah, yakni menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Kalau merasa kurang aman maka kamu pun dapat menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan oleh bank.

5. Fokus masa depan

Terakhir, kamu harus fokus di masa depan. Dalam hal ini, kamu harus memahami bahwa investasi adalah tabungan untuk masa depan, baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh sebab itu, ketika berinvestasi, termasuk investasi emas, kamu perlu kesabaran dalam melihat hasilnya.

Itulah informasi mengenai cara investasi emas bagi pemula yang bisa dicoba sekarang juga. Ingat kembali bahwa harga emas terbilang stabil, bahkan cenderung naik, sehingga berinvestasi emas akan memberikanmu keuntungan tersendiri.

Baca juga: Gegerkan Masyarakat, Sumber Harta Karun Emas 2 Miliar Ton Ditemukan di NTB

Simak informasi lengkap seputar Kripto dan Fintech hanya di Duniafintech.com

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tadpole Finance, Token “Cebong” yang Sudah Berizin Resmi BAPPEBTI

JAKARTA, duniafintech.com - Tadpole Finance (TAD) sebuah proyek blockchain yang bergerak di bidang Decentralized Finance (DeFi) telah resmi terdaftar menjadi salah satu aset kripto...

Berita Fintech Indonesia: Nama Fintech Legal Dicatut, AFPI Ancam Tempuh Jalur Hukum

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru kali ini datang dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Untuk diketahui, AFPI melayangkan ancaman terhadap pihak-pihak yang...

Berita Bitcoin Hari Ini: Koreksi, BTC Dibanderol Rp 355 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini masih seputar pergerakan harga kripto yang mengalami koreksi.  Saat ini, aset kripto dengan kapitalisasi pasar tersebar Bitcoin atau...

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini...

OneAset, Aplikasi Investasi One Stop Solution Favorit Masa Kini

JAKARTA, duniafintech.com - Saat ini investasi sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya karena munculnya berbagai aplikasi yang mendukung, yakni OneAset adalah suatu...
LANGUAGE