24.5 C
Jakarta
Jumat, 27 Mei, 2022

7 Alternatif Melunasi Tagihan Kartu Kredit

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu kredit umumnya punya banyak sekali keuntungan apabila dimanfaatkan dengan baik. Namun tidak sedikit juga yang malah terjebak utang karena tidak mampu membayar tagihan. Berikut cara lunasi utang kartu kredit yang bisa Anda coba. 

Biasanya, mereka yang terjebak utang kartu kredit penyebabnya cukup beragam, bisa karena kondisi finansial sedang terpuruk, atau terlalu sering membayar tagihan minimum dan bisa juga kebiasaan belanja yang tidak terkontrol.

Melunasi utang yang sudah menumpuk memang bukanlah hal mudah seperti membalikan telapak tangan. Butuh kerja keras untuk mengumpulkan uangnya serta waktu yang mungkin saja cukup lama agar terkumpul. Jika cara yang biasa dilakukan tak kunjung membuat utang kartu kredit lunas, maka Anda perlu mengubahnya dan melakukan cara lain.

7 Cara Alternatif Lunasi Utang Kartu Kredit

Berikut adalah cara alternatif melunasi utang kartu kredit yang bisa dipraktekkan langsung, antara lain:

  1. Gunakan Tabungan Pribadi

Ambillah sebagian uang yang ada di dalam buku tabungan Anda, kemudian bayarkan utang kartu kredit. Apabila jumlah tabungan lebih besar daripada jumlah utang, ada baiknya untuk melakukan pembayaran secara penuh agar utang segera lunas. Akan tetapi, jika tidak lebih besar dari tagihan, maka bayar saja dengan cara mencicil dua atau tiga kali sampai utang lunas.

Memang benar bahwa akan ada rasa tidak enak saat harus melunasi utang dengan tabungan pribadi. Namun apa daya, daripada utang semakin menumpuk, lebih baik langsung dilunasi saja. Setelah tidak ada utang lagi, maka baru bisa untuk mulai menabung kembali guna mengganti jumlah tabungan yang sudah terlanjur dipakai.

  1. Menjual Sebagian Aset Berharga atau Investasi yang Anda Miliki

Apabila tabungan yang dimiliki tidak cukup karena jumlah utang terlalu banyak, jangan ragu untuk menjual sebagian aset yang diinvestasikan. Misalnya saja rumah, barang branded, mobil, emas batangan, atau deposito yang ada di bank. Uang yang dicairkan diharapkan mampu membayar utang sampai lunas.

Pilihlah investasi yang sekiranya memiliki nilai jual paling tinggi untuk mengcover semua utang. Hindari menjual semua investasi yang dimiliki. Tetap sisakan beberapa investasi sebagai aset untuk menjamin kehidupan di masa mendatang.

  1. Refinancing

Refinancing sebenarnya hampir sama dengan sistem gali lubang tutup lubang. Akan tetapi, fasilitas yang satu ini dinilai cukup efisien untuk melunasi semua utang. Hal ini dikarenakan sumber pinjaman yang diajukan hanya fokus pada satu sumber saja, sehingga proses pelunasannya nanti menjadi lebih mudah.

Membandingkan saat Anda harus meminjam dari beberapa bank sekaligus, maka proses pelunasannya cenderung lebih ribet. Belum lagi tingkat suku bunga berbeda yang berpotensi besar akan menambah jumlah utang yang harus dibayarkan kepada kreditur.

  1. Menagih Piutang yang Tertunda

Teman-teman, keluarga, atau rekan kerja yang pernah memiliki utang kepada Anda, sekarang saatnya untuk menagih semua piutang tersebut. Setelah itu, alokasikan uangnya untuk membayar utang. Tentu saja akan ada kendala yang harus dihadapi saat ingin menagih piutang.

Potensi terjadinya piutang tidak tertagih ini pun terbilang sangat besar apabila penagihannya tanpa perencanaan. Berapapun jumlah yang akan didapatkan nanti, setidaknya uang tersebut bisa digunakan untuk mencicil utang kartu kredit.

  1. Mengajukan Pinjaman Bank

Agar proses pinjaman cepat disetujui, maka sebaiknya ajukan pada bank yang berbeda dari bank penerbit kartu kredit. Pihak bank kemungkinan akan melakukan pelacakan kondisi finansial selama beberapa bulan terakhir. Akan tetapi, selama jumlah pinjaman masih masuk akal atau tidak melebihi jumlah tabungan yang dimiliki, maka pinjaman sudah pasti akan disetujui.

Agar nanti tidak memberatkan kondisi finansial Anda, sebaiknya pilihlah bank yang akan memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga rendah. Bandingkan juga dua atau tiga bank sekaligus untuk mendapatkan alternatif pinjaman yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

  1. Mengajukan Pinjaman Online atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Cara alternatif lunasi utang selanjutnya adalah mengajukan pinjaman KTA alias kredit tanpa agunan di platform pinjaman online yang bisa dimanfaatkan apabila pinjaman dari bank tidak disetujui. Tidak seperti pinjaman lain, kredit yang satu ini bisa dicairkan tanpa harus mengorbankan atau menggadaikan aset yang dimiliki. 

Cukup dengan apply atau mengajukannya melalui website atau smartphone, kemudian isi data dan lengkapi persyaratan yang diminta seperti KTP dan NPWP, maka pinjaman bisa cair hanya dalam beberapa hari saja.

Namun, sebelum Anda mengajukan KTA, sebaiknya perhatikan dulu lama waktu pelunasan kredit tanpa agunan. Pilihlah jangka waktu yang paling memungkinkan dan pastinya tidak membebani finansial. Alhasil cicilan bisa dibayarkan secara lancar dari awal sampai akhir nanti.

  1. Menghentikan Sementara Pemakaian Kartu Kredit

Untuk sementara waktu, cobalah untuk menghentikan penggunaan kartu kredit sampai semua utang lunas. Bukannya tanpa tujuan, tapi hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya utang baru yang akan semakin menghancurkan kondisi finansial. Terlebih lagi untuk Anda yang tidak bisa lepas dari kartu sakti ini.

Praktiknya memang tidak mudah, tetapi apabila dijalani dengan senang hati pasti akan terasa ringan dan biasa saja. Lagipula hanya untuk beberapa waktu saja. Setelah semua utang lunas, tentu Anda bisa kembali menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi namun dengan penggunaan yang lebih bijak.

Itulah tadi cara alternatif lunasi utang kartu kredit yang bisa dipraktekkan langsung. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Muarif

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luhut Punya Strategi Jitu Guna Mengurai Polemik Harga Minyak Goreng

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan strategi agar pasokan dan harga minyak goreng kembali normal. Luhut...

Janji Presiden Jokowi Turunkan Harga Minyak Goreng, Puan: Masih Mahal!

JAKARTA, duniafintech.com - Janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bisa menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14.000 per liter, dinilai belum terealisasi. Tak ayal hal ini...

Panduan Proses Klaim Asuransi Mobil yang Wajib Diketahui

JAKARTA, duniafintech.com – Sejatinya, proses klaim asuransi mobil tidaklah serumit yang dibayangkan. Adakalanya, yang menjadikannya sulit adalah lantaran pemilik polis asuransi mobil tidak memahami...

Dijamin Cepat! Inilah Cara-cara Mendapatkan Uang Banyak dalam Sehari

JAKARTA, duniafintech.com – Bagaimana ya cara mendapatkan uang banyak dalam sehari? Tentunya banyak dari kamu yang bertanya-tanya soal itu. Pasalnya, jamak diketahui bahwa biasanya...

Pilihan Tabungan Haji Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Cara Membukanya

JAKARTA, duniafintech.com – Tabungan haji Bank Syariah Indonesia (BSI) atau tabungan haji BSI menjadi salah satu produk tabungan haji yang kini tersedia di banyak...
LANGUAGE