27.9 C
Jakarta
Minggu, 23 Juni, 2024

Cara Membeli Saham Online dari Luar Negeri

JAKARTA, duniafintech.com – Cara membeli saham online dari luar negeri merupakan suatu kemudahan bagi anda yang hanya bisa dilakukan melalui genggaman. Tentunya kemudahan tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuka rekening dan melakukan transaksi.

Membeli saham online tentunya juga bisa anda manfaatkan untuk mencoba membeli saham perusahaan luar negeri. Apalagi seperti Amerika Serikat yang membuka pintu investasi seluas-luasnya dari luar negeri untuk menanamkan sahamnya di perusahaan-perusahaan.

Anda tentunya bisa melakukan pembukaan rekening melalui perusahaan broker saham yang menyediakan pelayanan investasi internasional. Simak ulasan cara membeli saham online di luar negeri:

Baca juga: Cara Membeli Saham Online Untuk Generasi Milenial

Cara Beli Saham Online: Apa Itu Saham?

Saham adalah penyertaan modal yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha hukum terhadap suatu perusahaan atau Perseroan Terbatas. Penyertaan modal tersebut nantinya akan menjadi hak atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan dan memiliki hak untuk hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Aktivitas saham berada di pasar sekunder atau yang lebih sering dikenal di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam perdagangan saham tersebut, saham-saham akan mengalami fluktuasi karena terjadi permintaan dan penawaran atas saham tersebut.

Permintaan dan penawaran saham dipengaruhi oleh beberapa faktor baik karena faktor internal perusahaan yang menyangkut usaha perusahaan maupun kinerja perusahaan. Selain faktor internal, juga dipengaruhi faktor ekonomi, sosial dan politik.

Cara Membeli Saham Luar Negeri

1. Buka Rekening Saham Luar Negeri

Membeli saham luar negeri artinya anda harus membuka rekening saham yang ada di luar negeri atau perusahaan sekuritas luar negeri.

Anda perlu memilih perusahaan sekuritas internasional yang aplikasinya dapat diunduh di Indonesia. Anda perlu ingat bahwa aplikasi sekuritas internasional tidak memiliki izin OJK. Anda bisa memilihnya berdasarkan ulasan dan rating yang diberikan para penggunanya untuk menghindari indikasi penipuan.

Sebagai informasi, Perusahaan sekuritas adalah pihak perantara bagi orang yang ingin investasi saham secara offline maupun online. Biasanya, sekuritas memiliki aplikasi trading saham untuk investor dalam transaksi jual beli saham.

Cara membeli saham internasional sebenarnya mudah. Anda tidak perlu mendatangi negara pasar saham yang Anda pilih, Anda bisa mengandalkan broker internasional untuk hal ini. Anda dapat beli saham secara online.

Pada proses pembukaan rekening saham luar negeri, kamu akan diminta mengisi formulir dan data diri secara lengkap. Selanjutnya, ikuti tahapan berikutnya dari perusahaan sekuritas, seperti verifikasi data maupun akun.

Baca juga: Cara Investasi Saham dan Tips Investasinya, Simak Panduannya

2. Memilih Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas tidak hanya meyediakan transaksi yang dapat dilakukan di satu negara saja, tetapi juga memiliki jangkauan luas di berbagai negara seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan dan negara lain yang menyediakan layanan internasional.

Biasanya perusahaan sekuritas juga memiliki kontak untuk melayangkan aduan untuk penggunanya yang menemukan masalah saat melakukan transaksi saham. Intinya, Anda perlu tahu betul peraturan dan fitur yang disediakan platform.

3. Menyetor Dana Untuk Membeli Saham

Jika anda sudah melakukan registrasi dan sudah terverifikasi, tentunya akun anda sudah dapat digunakan untuk melakukan transaksi. Langkah selanjutnya adalah dengan menyetorkan dana untuk keperluan membeli saham.

Dana tersebut dapat disetor melalui transfer bank yang menjadi rekanan sekuritas luar negeri. Jadi, cari tahu apakah rekening bank milikmu bisa untuk melakukan transfer ke sekuritas tersebut atau tidak.

Beberapa aplikasi broker menerima setor modal dari bank mana saja. Hal itu karena broker tersebut punya jaringan luas.

Untuk jumlah modalnya, Anda dapat menyesuaikannya dengan berapa banyak saham yang ingin dibeli.

Baca juga: Cara Beli Saham Online untuk Indeks LQ45

4. Lakukan Riset Saham Sebelum Membeli

Cobalah melakukan analisis terhadap performa perusahaan yang ingin kamu miliki sahamnya. Bukan berarti perusahaan besar sahamnya tidak bisa turun. Karena itu, rajin membaca situasi ekonomi di seluruh dunia.

Setelah melakukan analisis saham, kamu bisa mulai membeli saham dengan memperhatikan tiga strategi berikut:

– Buy if/on breakout. Strategi ini dilakukan saat saham mencapai harga tertinggi atau sudah melewati nilai tertentu. kamu bisa membeli saham saat nilainya sudah mencapai titik resistance.

– Buy on retracement. Strategi ini dilakukan saat harga saham menyentuh harga terendah dan mengalami breakout. Jika kamu membeli saham pada titik ini, dan saham yang dibeli bisa melewati situasi breakout, biasanya harganya akan naik kembali.

– Buy on weakness. Strategi ini dilakukan saat harga saham mencapai titik harga tertentu. Kamu bisa membeli saham dengan mempertimbangkan bahwa harga tersebut masih aman untuk dibeli.

5. Lakukan Transaksi

Setelah melakukan riset dan anda sudah memasukan modal ke dalam rekening. Langkah selanjutnya lakukan transaksi jual beli.

Jangan lupa untuk memperhatikan jam buka pasar saham luar negeri, supaya tidak ketinggalan mendapatkan saham yang diinginkan.

Aplikasi Online Untuk Beli Saham Luar Negeri

1. Schwab Mobile

Schwab Mobile adalah aplikasi yang dirilis oleh The Charles Schwab Corporation, sebuah perusahaan sekuritas ternama di Amerika Serikat, pada tahun 2011. Saat ini aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna melalui aplikasi android.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk open posisi perdagangan, data real time, mengatur investasi dan pemberitahuan terbari khusus untuk investor.

Baca juga: Cara Investasi Saham di Bursa yang Perlu Diketahui Investor Pemula

2. Thikorswim

Thinkorswim Mobile merupakan aplikasi yang dibuat pada tahun 2010 oleh perusahaan sekuritas asal Amerika Serikat bernama TD Ameritrade.

Fitur-fitur yang disajikan oleh aplikasi tersebut seperti data real time, informasi lengkap dari media mitra, Layanan pendidikan, hingga akun demo dapat menunjang para investor di pasar saham.

3. Trading View

Aplikasi beli saham Luar Negeri terbaik selanjutnya yakni TradingView. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur online trading dengan cukup lengkap.

Jika Anda mengunduh aplikasi tersebut maka banyak fitur yang akan anda rasakan seperti Data real time,layanan akun demo, hingga fitur edukasi dan alat-alat investasi yang lengkap.

4. Investing.com

Aplikasi online trading lainnya yang bisa dipakai untuk membeli saham luar negeri adalah Investing.com. Investing.com adalah aplikasi yang dikembangkan oleh M.S Fusion Media Ltd, sebuah perusahaan yang berbasis di Siprus, pada tahun 2013. Kini perusahaan ini telah memiliki beberapa cabang di Shanghai, Spanyol dan British Virgin Island.

Aplikasi investing.com khususnya untuk investasi non-cryptocurrency, kini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pelanggan. Adapun fitur-fitur aplikasi tersebut yaitu data real time. fitur edukasi dan alat-alat investasi, pemberitahuan khusus untuk nasabah, bisa diakses melalui website, dan 10 model chart dan indikator teknis yang lengkap seperti, Fibonacci Retracement, Moving Average dan lain-lain.

Baca juga: Cara Investasi Saham Online dan Murah, Simak Yuk Panduannya!

5.Pluang

Pluang adalah salah satu instrumen investasi terbaik bagi Anda yang ingin membeli saham luar negeri tapi tidak memiliki dana yang cukup. Alasannya adalah, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membeli satu unit penyertaan indeks saham Amerika Serikat yaitu S&P 500. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda telah berinvestasi di 500 emiten besar yang masuk ke dalam indeks tersebut.

Pluang merupakan salah satu Aplikasi yang telah terdaftar di OJK dan Juga BAPPEBTI. Hingga kini sudah lebih dari 1 juta pengguna yang mengunduh aplikasi ini di play store maupun Appstore.

Pluang menjadi aplikasi yang dapat memudahkan Anda untuk dapat membeli emiten saham luar negeri dengan dana cukup.

Iklan

ARTIKEL TERBARU