30.5 C
Jakarta
Sabtu, 28 Mei, 2022

Cara Memperbanyak Followers Instagram, Solusi Melancarkan Bisnis Online

JAKARTA, duniafintech.com – Cara memperbanyak followers Instagram memang perlu dilakukan agar bisnis online dapat berjalan dengan lancar hingga dibanjiri orderan. Pasalnya, ada banyak sekali cara untuk memperbanyak followers Instagram.

Namun, jika tanpa bantuan dari aplikasi lain? Pastinya hal itu akan sulit untuk dilakukan. Jangan khawatir, karena dalam artikel berikut ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai cara memperbanyak followers Instagram tanpa aplikasi.

Sekilas Tentang Instagram

Instagram merupakan media sosial yang sampai saat ini terus mengalami peningkatan pengguna, pada saat tahun 2018 saja terdapat lebih dari 1 miliar pengguna Instagram. Instagram adalah aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone. Penggunanya dapat mengambil gambar, mengedit foto, dan mengunggah foto atau video yang mereka ambil melalui aplikasi sosial media tersebut. Foto atau video yang sudah diambil kemudian akan muncul di halaman utama Instagram, selain itu penggunanya juga bisa share foto dan video tersebut ke jejaring media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, Tumblr, dan lain-lain. Foto dan video yang diambil juga akan terpampang di akun profil milikmu dan feed pengguna lainnya yang menjadi followers-mu.

Instagram merupakan media sosial yang menggunakan istilah following dan followers untuk sistem pertemanan aplikasi. Following itu sendiri memiliki arti sebagai pengikut pengguna lain yang memiliki akun, sementara followers yang berarti orang lain mengikuti akun profil milikmu. Sistem pertemanan ini dapat berinteraksi melalui likes dan komentar pada setiap foto atau video yang dibagikan oleh pengguna aplikasi.

Namun, sekarang ini Instagram tidak hanya digunakan untuk perseorangan saja, tapi juga dapat digunakan untuk bisnis. Memang, pertumbuhan platform media sosial yang semakin masif telah membawa perubahan secara signifikan akan cara berbisnis dalam menerapkan strategi pemasaran. Jika dulu seorang pebisnis hanya mengeluarkan iklan melalui surat kabar, radio, dan televisi untuk bisa menjangkau para pelanggan, kini banyak pebisnis yang lebih sering menggunakan media sosial untuk melakukan pemasaran produk mereka karena selain dinilai lebih minimal dalam segi biaya, tapi juga karena ada banyak pengguna media sosial, sehingga akan sangat menguntungkan untuk dijadikan strategi pemasaran.

Namun, jika kamu ingin melakukan pemasaran melalui media sosial Instagram tentu saja dibutuhkan followers yang banyak, hal ini dikarenakan semakin banyak followers yang dimiliki di media sosial, maka semakin besar pula jangkauan produk kepada calon pelanggan. Lalu, bagaimana cara memperbanyak followers Instagram? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan banyak followers Instagram.

6 Cara Memperbanyak Followers Instagram

  • Gunakan Hashtag dengan Tepat

Hashtag adalah sebuah kata yang biasa digunakan oleh orang di media sosial untuk dapat mengatur konten yang berkaitan dan melibatkannya dengan suatu kejadian atau komunitas tertentu. Hashtag bisa ditunjukkan dengan tanda pagar (#) dan tentu bisa sangat berpengaruh untuk kepopuleran akun Instagram bisnis milik kamu karena menjadi cara bagi pengguna lainnya untuk memudahkan mereka menemukan foto yang disukai atau menemukan produk yang diinginkan.

Namun, hashtag yang harus digunakan untuk promosi juga tidak boleh sembarangan. Ada baiknya jika kamu menggunakan hashtag yang relevan dan bukan sekadar karena kepopulerannya dan sering digunakan oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan tool yang bisa memberikan rekomendasi hashtag Instagram, seperti Webstagram dan Iconosquare.

  • Menggunakan Caption Menarik Instagram

Caption Instagram merupakan keterangan dari sebuah foto atau video yang diunggah. Selain menggunakan hashtag pada postingan, sebisa mungkin kamu juga harus membuat sebuah caption ig yang menarik dan bisa membuat orang menjadi penasaran atau teredukasi. Dengan menggunakan caption yang menarik, maka bisa menjadi sebuah inspirasi dan membuat banyak orang tertarik untuk menunggu postingan-postingan selanjutnya, selain itu untuk meningkatkan jangkauan atau interaksi dari pengunjung profil Instagram, bisa juga menyertakan pertanyaan di akhir caption. Perlu diingat untuk selalu cek kembali caption yang dibuat untuk menghindari terjadinya typo atau salah tulis.

  • Gunakan Fitur Stories

Pertumbuhan Instagram yang kian massive membuat aplikasi sosial media satu ini meluncurkan banyak fitur-fitur baru dan tidak kalah menarik dengan fitur yang ada di sosial media lainnya, salah satunya adalah Instagram Stories. Instagram stories adalah sebuah fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah dan mengirimkan foto dan video yang akan menghilang setelah 24 jam, namun tenang saja foto dan video itu tidak akan langsung terhapus dari peradaban, melainkan akan tersimpan di folder archive yang berada di akun Instagram pribadi. Fitur ini sangat mirip dengan aplikasi Snapchat yang sempat populer pada tahun 2013 lalu.

Instagram stories ini memungkinkan akun bisnis dapat berinteraksi secara maksimal dengan pengguna Instagram lainnya terlebih lagi bagi para followers akun karena dalam Instagram stories dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya, seperti Quiz, Question, GIF, Sticker, dan lain sebagainya. Selain itu adanya fitur ini yang juga bisa menyampaikan pesan lebih kena ke followers akun Instagram milikmu karena dengan adanya regulasi dari Instagram sekarang membuat foto atau video yang kita baru unggah dapat dilihat oleh siapapun namun hanya oleh orang-orang yang sering mengunjungi profil kita. Sebab tidak jarang juga ada orang yang memang lebih sering membuka Instagram stories ketimbang untuk scrolling feed Instagram, oleh sebab itu Instagram stories ini akan sangat berguna nantinya untuk kelancaran berbisnis kamu.

  • Mengadakan Event Giveaway

Mengadakan event giveaway merupakan salah satu cara cepat mendapatkan followers Instagram. Karena hanya dengan mengadakan kontes online berupa mini kuis atau giveaway ini bisa membuka jalan untuk berinteraksi dengan pengguna Instagram lainnya secara langsung, selain itu kamu juga bisa menggaet audiens baru untuk menjadi followers Anda. Tidak hanya itu saja, melainkan juga dapat mendapatkan eksposur secara gratis atau cuma-cuma, misalnya saja dengan mengadakan undian yang mengharuskan audiensnya memberi like dan komentar lebih dulu pada postingan kamu, atau memfollow akun Instagram lebih dulu, bahkan me-repost atau meng-upload suatu postingan yang berhubungan dengan produk milikmu, dan tidak lupa juga untuk tag akun Instagram kamu pada saat mengikuti acara yang dibuat. Di akhir acara nantinya mereka yang beruntung akan mendapatkan hadiah dan kamu bisa memperbanyak followers Instagram dengan cepat tanpa aplikasi.

  • Endorsement

Menjalin kerjasama dengan orang lain yang memiliki pengaruh besar di aplikasi sosial media Instagram merupakan cara yang sangat bagus untuk melakukan sebuah pemasaran produk. Memang ada harga yang harus dibayarkan, akan tetapi kamu akan mendapatkan promosi dan ulasan positif terkait produk yang dipromosikan. Hal ini tentu saja bisa membuat followers yang mengikuti akun Instagram tersebut tertarik untuk mengikuti akun kamu juga hingga melakukan pembelian. Namun, perlu diingat kembali bahwa lakukanlah endorsement kepada orang berpengaruh yang tepat sasaran dan berpengalaman di bidangnya.

  • Rentang Waktu Posting harus Tepat

Jika menggunakan akun Instagram for Business, maka dengan begitu nantinya dapat melihat insight sekaligus mengidentifikasi followers akun bisnis Instagram yang kamu miliki. Salah satunya adalah bisa mengetahui kapan rata-rata waktu yang tepat bagi followers kamu membuka dan bermain Instagram setiap harinya. Hal ini tentu akan sangat membantu untuk memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mengunggah postingan dan mendapatkan jangkauan yang baik, karena ada sebagian followers kamu sedang online. Semakin banyak interaksi yang terjadi pada akun bisnis milikmu, maka semakin besar juga peluang akun untuk muncul dan eksis di kolom explore yang dapat dilihat oleh orang-orang yang mungkin belum mengikuti akun kamu.

Jadi, itulah tadi beberapa cara memperbanyak followers Instagram tanpa aplikasi followers gratis.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Lengkap PT Asuransi Binagriya Upakara dan Daftar Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Binagriya Upakara merupakan salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia yang sudah mendapatkan izin operasional resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada...

Tabungan Haji Muamalat: Cara Daftar dan Keunggulannya

JAKARTA, duniafintech.com – Tabungan Haji Muamalat melalui program Tabungan iB Hijrah Haji merupakan produk dari Bank Muamalat yang dikhususkan untuk pembiayaan haji atau umrah. Dengan...

Tips Merencanakan Biaya Naik Haji bagi Anak Muda

JAKARTA, duniafintech.com – Tips merencanakan biaya haji sangat penting untuk diketahui, apalagi bagi anak muda yang punya mimpi untuk berangkat haji ke Tanah Suci...

Nasib Tragis Nasabah BPR Ditagih Rp100 Juta karena Utang Rp8 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Nasib tragis dialami oleh keluarga Nasikah, istri dari salah satu nasabah bank perkreditan rakyat (BPR) Bumi Sanggabuana di Gresik, Jawa Timur.  Hal...

Minta Maaf, Dirut DNA Pro Berharap Industri Robot Trading Lebih Maju Lagi

JAKARTA, duniafintech.com – Direktur Utama (Dirut) DNA Pro, Daniel Abe, menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada para korban robot trading DNA Pro. Hal itu diutarakannya...
LANGUAGE