34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri.

Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika nasabah tiba-tiba memerlukan rekening Mandiri ini untuk keperluan transaksi finansial.

Nah, jika kamu adalah salah satu nasabah Bank Mandiri yang mengalami hal ini maka simak yuk penjabarannya di bawah ini!

Baca juga: Cara Mengatasi Mandiri Online Terblokir dengan Mudah dan Cepat

Mengenal Rekening Pasif atau Dormant

Sebelum mengetahui lebih jauh soal cara mengaktifkan rekening yang sudah mati atau dormant ini, kamu pun harus tahu juga terlebih dahulu apa itu rekening dormant.

Pada dasarnya, rekening dormant adalah rekening bank yang tidak digunakan untuk melakukan transaksi baik finansial maupun non finansial selama 6 bulan atau lebih atau berbagai alasan atau penyebab.

Sebagai informasi, rekening bank menjadi mati atau tidak aktif (dormant) ini pun bukan semata-mata lantaran tidak ada mutasi dalam kurun waktu tertentu. Pasalnya, juga ada beberapa penyebab lainnya.

cara mengaktifkan rekening pasif mandiri

Beberapa Penyebab Rekening Dormant

Perubahan status rekening menjadi dormant ini lazimnya bergantung pada peraturan masing-masing bank. Meski demikian, setidaknya ada 5 alasan utama rekening menjadi dormant, yakni sebagai berikut.

1. Kesalahan Transfer

Penyebab yang satu terjadi saat uang masuk ke rekening lantaran kecelakaan/kesalahan. Hal itu membuat rekening penerima harus diblokir sementara supaya dana tidak disalahgunakan. 

Dalam hal ini, rekening penerima dicap tidak aktif setelah pengirim dana membuat laporan kepada bank terkait kesalahan transfer. Akan tetapi, pemblokiran dengan alasan ini biasanya bersifat sementara.

2. Adanya Aktivitas Mencurigakan

Perlu juga diketahui,  adanya aktivitas yang tidak biasa/mencurigakan bisa membuat rekening menjadi dormant. Aktivitas bisa berupa peretas yang merusak m-banking, transfer uang yang terlalu sering, atau aktivitas penipuan.

Pemblokiran dengan alasan yang satu ini terjadi akan secara otomatis apabila peristiwa seperti itu terjadi.

3. Saldo Rekening Kosong

Nah, kalau tidak ada aktivitas penarikan atau penyetoran maka akun rekening bank juga tidak aktif. Perubahan status ini tidak begitu saja dilakukan sebab hal ini akan berlangsung jika tidak ada aktivitas perbankan dalam jangka waktu tertentu, sesuai kesepakatan pihak bank. Dalam hal ini, Bank Mandiri menetapkan aktivitas perbankannya selama 6 bulan.

4. Permintaan Pihak Berwenang

Kasus berikut ini akan menimpa rekening yang dilaporkan kepada pihak berwajib. Mereka akan melaporkan rekening yang dicurigai ke bank.

Lantas, bank akan membekukan rekening yang dilaporkan untuk diamankan sebagai barang bukti. Kasus ini banyak terjadi dalam perkara korupsi, penipuan, kasus perdata, atau kegiatan kriminal lainnya.

5. Nasabah Meninggal Dunia

Apabila nasabah dilaporkan meninggal maka akun yang terdaftar juga akan diblokir. Dalam hal ini, hanya ahli waris yang sah dan menurut peraturan perundang-undangan yang akan mendapatkan akses ke akun ini. Alasannya pun sama, yaitu demi keamanan dana yang ada di dalamnya.

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri 2022

Sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini, pastikan terlebih dahulu status rekening kamu, apakah memang sudah tidak aktif atau dormant. Lantas, kamu bisa menghubungi call center Bank Mandiri di nomor 14000.

Kalau status memang sudah dormant maka kamu bisa melakukan reaktivasi rekening Mandiri dengan melakukan beberapa tata cara di bawah ini.

1. Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri via CS

– Siapkan dokumen berupa buku tabungan, kartu ATM, dan dokumen identitas berupa KTP atau SIM.

– Datangi kantor cabang bank mandiri terdekat.

– Ambil antrean CS dan tunggu hingga nomor kamu dipanggil.

Baca juga: Cara Transfer Mandiri ke BRI Terlengkap Beserta Limitnya

– Setelah dipanggil, silakan utarakan maksud dan tujuan kamu melakukan reaktivasi rekening.

– Biasanya, kamu akan diminta melakukan penyetoran sejumlah uang Rp100.000 ke dalam rekening.

– Selesai!

2. Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri lewat Teller

– Siapakan uang sebesar Rp100.000

– Datangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat

– Ambil antrean teller dan tunggu hingga nomor kamu dipanggil

– Setelah dipanggil, utarakan maksud kamu.

– Kamu akan diminta memberikan beberapa informasi terkait rekening dormant kamu sebagai Langkah verifikasi.

– Selain melakukan penyetoran, aktivasi ulang ini pun bisa dilakukan dengan melakukan pindah buku kalau kamu punya rekening Mandiri yang lain.

Namun, kamu juga harus lebih waspada kalau jenis rekening yang dimiliki adalah rekening giro. Pasalnya, biaya yang timbul kalau rekening giro kamu di Bank Mandiri berstatus dormant adalah Rp250.000.

Di samping itu, sejauh ini pun masih belum ada cara mengaktifkan rekening Mandiri yang sudah mati ini secara online. Hal itu terkait dengan verifikasi yang harus dilakukan oleh bank mengenai penyebab rekening kamu menjadi dormant.

Dampak jika Rekening Pasif [Dormant]

Perlu digarisbawahi, rekening Bank Mandiri yang sudah mati atau pasif (dormant) tidak akan bisa melakukan beragam transaksi berikut ini:

– Penarikan tunai di ATM atau kantor cabang.

– Melakukan pemindahbukuan, baik dengan sesama mandiri maupun dengan bank lain.

– Melakukan transaksi transfer melalui e-channel.

– Melakukan pembayaran belanja di merchant.

– Melakukan transaksi pembayaran melalui EDC.

– Tidak dapat melakukan aktivasi e-channel ( internet banking atau mobile banking).

– Meskipun tetap dapat menerima transaksi transfer masuk yang dilakukan selain melalui cabang Mandiri, misalnya melalui internet banking atau mobile banking, tetapi hal tetap tidak mengubah status rekening menjadi aktif.

Sekian ulasan tentang cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri atau dormant yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga sukses ya!

Baca juga: Cara Bayar PDAM lewat Mandiri 2022, dari ATM sampai Livin’

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...

Kinerja Positif Kementerian BUMN Tercapai di Tahun 2021

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan pencapaian kinerja berada dalam posisi positif ditengah situasi pandemi global di tahun 2021. Hal...
LANGUAGE