30.3 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Cara Mengatasi Hp Patah-Patah atau Hp Lag saat Digunakan

Cara Mengatasi Hp patah-patah –Pasti Anda merasakan rasa yang tidak nyaman saat main hp tiba-tiba mengalami patah-patah atau nge-lag. Tentu saja hal tersebut sangat menyebalkan dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Ternyata, ada beberapa faktor yang bisa membuat hp Anda mengalami lag atau patah-patah saat Anda gunakan. Dari beberapa faktor tersebut, Anda bisa mencoba berbagai macam cara untuk mengatasinya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah informasi mengenai cara mengatasi hp patah-patah, yaitu :

Lakukan Restart Hp

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan merestart hp yang patah-patah. Karena biasanya, ho yang Anda gunakan dalam waktu yang lama akan mengalami berbagai macam program yang bisa mengurangi performa hp.

Hal ini bisa mengurangi ruang yang ada pada memori serta kerja SoC. Dengan melakukan restart hp maka sistem yang ada akan dimulai ulang dari awal. Dengan begini, Anda bisa menggunakan kembali tanpa harus merasakan patah-patah.

Matikan Mode Hemat Daya

Jika hp Anda mengalami patah-patah, cobalah untuk mengecek apakah Anda menghidupkan mode hemat daya. Jika mode hemat daya hidup, matikan mode tersebut. Mengapa harus dimatikan?

Karena mode ini bisa menurunkan performa SoC yang bertujuan untuk mengolah data, dimana SoC ini tidak menyerap daya baterai yang banyak.

Sedangkan, beberapa aplikasi membutuhkan performa SoC yang lebih banyak. Misalnya saja saat Anda sedang memainkan Hp untuk menggunakan main Game. Jika Anda menghidupkan mode hemat daya, maka bisa membuat hp Anda menjadi patah-patah.

Pastikan Baterai Hp Terisi Penuh

Selanjutnya, cara mengatasi hp patah-patah yaitu dengan memastikan bahwa baterai hp Anda dalam kondisi penuh. Baterai yang lebih bisa membuat performa hp menjadi turun dan membuat hp menjadi patah-patah atau nge-lag.

Jika kondisi baterai Anda sedang lemah, maka cas terlebih dahulu hp tersebut. Paling tidak gunakan hp saat baterai dalam persentase 80%. Cara ini juga bisa membuat

Bersihkan Cache dan File Sampah

Selanjutnya, lakukan pembersihan file sampah dan cache pada hp Anda untuk melegakan kapasitas memori internal yang ada pada hp Anda. Cara ini akan membuat transfer data antara penyimpanan dan juga prosesor hp menjadi semakin efisien.

Anda bisa menggunakan aplikasi yang ada pada play store atau app store untuk membersihkan sampah dan juga cache. Anda bisa menggunakan aplikasi CCleaner dan juga Clean Master.

Lakukan Update Perangkat Lunak

Coba lakukan untuk melakukan update perangkat lunak dengan tujuan untuk membuat sistem hp Anda menjadi lebih efisien. Dengan memperbarui versi baru, Anda bisa mengatasi bug pada versi sebelumnya.

Dengan begitu, hp Anda bisa bekerja lebih baik dan Anda juga bisa mendapatkan beberapa fitur terbaru yang telah disediakan oleh versi terbaru.

Jangan Menggunakan Hp sambil Cas

Menggunakan hp sambil mengisi daya bisa membuat hp Anda menjadi lemot dan patah-patah. Pada beberapa hp, menggunakan hp sambil cas, bisa menurunkan performa hp. Hal ini bertujuan membuat pengecasan hp menjadi lebih efisien.

Selain itu, menggunakan hp sambil cas juga bisa membuat umur baterai Anda menjadi lebih mudah habis. Karena hal ini bisa membuat hp menjadi lebih cepat panas dan membuat umur elemen hp menjadi menurun.

Bisa saja, hp yang patah-patah itu disebabkan karena Anda sering menggunakan hp sambil menggunakan cas.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi hp patah-patah yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Sesuai Syariat Islam, Begini Prinsip P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Pastinya P2P lending sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia fintech syariah terus mengalami peningkatan....

Memahami Mekanisme P2P Lending Syariah, Simak Ulasannya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com - Mekanisme P2P lending syariah patut menjadi pemahaman bagi masyarakat. P2P lending terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini karena kebutuhan setiap...

Waduh Nasib-nasib! Hacker Berhasil Gasak Rp 1,48 T dari Perusahaan Kripto AS

JAKARTA, duniafintech.com - Koin digital senilai US$100 juta koin atau sekitar Rp1,482 triliun diklaim dibobol hacker alias peretas dari perusahaan kripto Amerika Serikat (AS)...

Perkenalkan Smartphone Saga, Solana Picu Beragam Reaksi dari Komunitas Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Tim Solana membagikan kabar bahwa akan meluncurkan smartphone Aa ga sebagai proyek terbaru pengembang Web3, Solana Mobile Stack. Komunitas kripto menyambut perkembngan...

Pasar Kripto Global Bergejolak, Penambang Ramai-ramai Jual Murah GPU

JAKARTA, duniafintech.com - Dua tahun terakhir, gamers yang ingin membeli kartu grafis harus bersaing mati-matian dengan penambang kripto, sebab mereka harus rebutan untuk memiliki...
LANGUAGE