31 C
Jakarta
Minggu, 10 Desember, 2023

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Ternyata Mudah Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengatasi lupa PIN kartu kredit layak untuk diperhatikan, mengingat kebutuhan akan layanan tersebut yang sangat penting guna mempermudah proses transaksi keuangan.

Pengenalan PIN kartu kredit, seperti PIN kartu ATM atau bank, dimulai pada tahun 2015. Saat kartu kredit pertama kali muncul, tidak perlu menggunakan PIN untuk memverifikasi transaksi. Anda tinggal menandatangani kwitansi dan transaksi terbayar.

Namun cara ini dinilai sudah tidak aman lagi karena banyak bermunculan kejahatan kartu kredit, sehingga diberlakukan kebijakan kode PIN untuk kartu kredit yang disetujui oleh pemerintah. PIN kartu kredit sering digunakan untuk memverifikasi pembayaran di mesin kasir yang menggunakan mesin EDC kartu kredit. Kasir meminta pemegang kartu kredit untuk memasukkan kode PIN, namun beberapa tempat masih mengkonfirmasi pembayaran kartu kredit dengan tanda tangan.

Banyaknya fitur atau tidak menyimpan PIN kartu kredit membuat pemegang kartu kredit lupa. Saat melakukan transaksi pembayaran mungkin saja terganggu sehingga harus membayar secara tunai atau dengan kartu bank. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi lupa PIN kartu kredit.

Untuk mendapatkan PIN baru, Anda harus mereset PIN kartu kredit Anda. Reset PIN kartu kredit hampir sama dengan reset password email atau akun media sosial. Apakah ini benar? Untuk mengetahuinya, simak tips sukses mengatasi PIN kartu kredit yang lupa dan sering digunakan di beberapa bank ternama berikut ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit

Bank Mandiri

Cara mengatasi lupa PIN kartu kredit Bank Mandiri, jika Anda lupa PIN kartu kredit Mandiri, Anda perlu mereset PIN tersebut. Caranya adalah dengan mengirimkan pesan teks dengan format: OTPCC [spasi] 16 digit nomor kartu lalu kirim ke 3355. Sebentar saja nasabah akan mendapat respon dari sistem Bank Mandiri bahwa permintaan kode OTP telah diproses.

Setelah itu, pelanggan akan menerima SMS baru berisi kode OTP yang diminta. OTP ini harus segera digunakan untuk mereset PIN karena memiliki masa berlaku. PIN kartu kredit harus direset di ATM.

Bank BCA

Jika Anda lupa PIN kartu kredit BCA, dan cara mengatasi dengan Anda perlu melakukan hal yang sama, yaitu. atur ulang PINnya. Hal ini dapat dilakukan dengan meminta kembali kode autentikasi dan mengaktifkan PIN baru. Ada dua cara untuk melakukannya, yaitu melalui m-banking dan ATM. Caranya dijelaskan sebagai berikut.

BCA melalui m-banking

Buka aplikasi dan pilih m-BCA. Kemudian masukkan kode sandi yang terdiri dari 6 angka yang dipadukan antara angka dan huruf. Kemudian pilih m-Admin lalu pilih Reset Password dari kategori Laporan Kartu Kredit Elektronik. Selanjutnya bisa isi nomor dan jenis kartu kreditnya.

Buat PIN kartu kredit baru dan masukkan kembali PIN baru. Setelah semua informasi lengkap dan relevan, klik Kirim. Menyetujui klausul perubahan kode PIN yang dikirimkan m-Banking BCA. Selamat, PIN kartu kredit Anda sudah dapat digunakan kembali.

Baca jugaCara Bayar Kredit Pintar Lewat BNI: Kemudahan Gunakan Virtual Account

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaCara Bayar Cicilan Oto Finance lewat Tokopedia, Ternyata Segini Biaya Administrasinya

melalui ATM BCA

Pertama, untuk mendapatkan kode otentikasi, kirim SMS: SMS REQ AUTHENTICATION CODE #16 digit kartu kredit dan kirimkan ke 69888. Anda akan segera menerima kode otentikasi. Segera aktifkan PIN baru di ATM.

Pilih menu aktivasi dan masukkan 6 nomor yang diterima melalui pesan teks. Masukkan PIN baru dan coba konfirmasi lagi. Tunggu beberapa saat hingga proses pergantian PIN berhasil dan akan terkirim dalam bentuk pesan teks. Proses penggantian kode PIN selesai, sehingga kode PIN baru dapat digunakan.

Bank BRI

Jika Anda lupa PIN kartu kredit BRI, cara mengatasi dengan tata cara reset PIN kartu kredit Anda sedikit berbeda. Nasabah dapat menghubungi Call Center BRI di 14017 atau BRI Central di 021-500017. BRI akan menanyakan apakah nomor dan identitas kartu kredit sesuai dengan informasi yang tertera di BRI. Setelah verifikasi data selesai dan data dianggap sesuai, call center BRI akan mengirimkan kode PIN baru melalui email yang terdaftar. Setelah itu ganti kode PIN di ATM terdekat.

Bank BNI

Untuk memulihkan PIN kartu kredit BNI yang terlupa, cara mengatasi dengan Anda dapat mengirimkan SMS ke 3346 dengan format: RPIN 16 digit nomor kartu kredit utama, tanggal lahir pemegang kartu (ppmmyy). Anda kemudian akan menerima balasan berisi PIN kartu kredit baru Anda. Ubah PIN agar mudah diingat.

Kode PIN harus diubah di ATM BNI terdekat. Jika Anda tidak dapat mengubah kode PIN melalui pesan teks, hubungi call center BNI di 1500046 atau 68888. Informasi akan diverifikasi, setelah itu kode PIN baru akan dikirimkan melalui email atau pesan teks. Sama halnya dengan SMS, kode PIN juga harus diubah di ATM BNI.

Citibank

Cara mengatasi lupa PIN kartu kredit Citibank, nasabah harus meminta OTP baru yang akan digunakan untuk mereset PIN. Kirim SMS ke 1418 dengan format: PIN 4 digit nomor kartu kredit tanggal lahir (ddmmyy). Anda kemudian akan menerima teks balasan yang berisi kode PIN baru.

Pilihan lainnya adalah menghubungi layanan perbankan CitiPhone untuk mendapatkan OTP yang tersedia di ponsel Anda 24/7 di 69999. Ubah PIN kartu kredit Anda melalui ATM Citibank dengan memasukkan OTP yang Anda terima.

CIMB Niaga

Jika Anda lupa PIN Kartu Kredit CIMB Niaga, dan ingin tahu cara mengatasi dengan kirimkan SMS ke 1418 dengan format: PIN (spasi) 4 digit nomor kartu kredit (spasi) tanggal lahir (YYMMDD). Setelah itu, pelanggan akan menerima SMS terkait yang berisi kode PIN baru. Ubah PIN Anda dengan PIN yang mudah diingat di ATM CIMB Niaga terdekat hingga 14 hari.

Mendapatkan PIN kartu kredit baru memang cukup mudah, namun alangkah baiknya jika Anda tidak sering-sering lupa PIN kartu kredit agar transaksi tidak terganggu. Mengubah PIN Anda merupakan proses yang memakan waktu, sehingga transaksi mungkin tidak dapat diselesaikan dengan segera.

Baca jugaCara Bayar Indodana lewat BRI: ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Investasi untuk Pemula, Cek Rekomendasi Instrumen Investasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi untuk pemula perlu diketahui saat kamu yang masih awam ingin terjun ke dunia penanaman modal. Saat ini, tersedia berbagai jenis...

Game Penghasil Crypto tanpa Modal, Cek Rekomendasi Terbaiknya!

JAKARTA, duniafintech.com – Game penghasil crypto tanpa modal tentu penting diketahui jika kamu ingin mendapatkan cuan dari sebuah game. Saat ini, ada banyak game penghasil...

Contoh Usaha Modal Kecil, Rekomendasi Peluang Cuan!

JAKARTA, duniafintech.com – Contoh usaha modal kecil pada dasarnya tersedia sangat banyak dan bisa kamu pilih sesuai dengan passion-mu. Namun, hal pertama yang harus dipahami...

Cara Trading Crypto di INDODAX, Simak Panduannya Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara trading crypto di INDODAX untuk pemula penting dipelajari oleh para calon trader di dunia aset kripto. Terkait hal itu, memperhatikan exchange...

Tips Beli Rumah KPR dengan Aman, Segera Wujudkan Mimpi!

JAKARTA, duniafintech.com – Tips beli rumah KPR atau Kredit Pemilikan Rumah tentunya penting diketahui jika kamu ingin mencoba skema ini. KPR sendiri telah menjadi semacam...
LANGUAGE