27.8 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Cara Menghasilkan Uang dari Twitter: Coba 10 Trik Jitu Ini

Cara menghasilkan uang dari Twitter apa saja? Twitter merupakan media sosial berbentuk mikro blog yang membuat kamu hanya bisa memposting tidak lebih dari 280 karakter, tetapi bisa dilakukan sampai ribuan postingan per hari jika kamu sanggup melakukannya.

Dulu Twitter digunakan hanya untuk mengobrol antara sesama teman, tapi sekarang Twitter sudah berkembang dengan signifikan. Kamu akan banyak menemukan berbagai macam hal yang dibicarakan di Twitter. 

Hal yang banyak dibicarakan ini akan muncul di bagian Trending Topic. Inilah yang membuat Twitter biasanya dimanfaatkan untuk promosi brand dan kampanye politik.

Lantas, apa saja cara menghasilkan uang dari Twitter yang perlu diketahui? Ketahui jawabannya dalam ulasan berikut ini, seperti dikutip dari Gramedia.com.

Cara Menghasilkan Uang dari Twitter

Menghasilkan uang dari Twitter itu sangat mungkin. Kamu pun akan memperoleh keuntungan yang diinginkan. Kamu hanya perlu menemukan cara dapat uang dari Twitter yang sesuai saja.

Ada bermacam cara yang bisa diandalkan untuk mendapatkan cuan dari Twitter. Kamu tinggal mengandalkan fitur Tweet di Twitter. Kamu bisa memilih cara di bawah ini yang sesuai dengan keinginan.

Cara Menghasilkan Uang dari Twitter

1. Menyuguhkan konten menarik untuk menyaring pengikut

Cara mendapatkan uang dari Twitter yang pertama adalah kamu perlu menyajikan konten menarik untuk menarik banyak pengikut. Kontennya bisa apa saja, seperti tulisan-tulisan yang menyentuh kehidupan, tulisan kocak, tulisan yang terkait dengan keseharian, dan lainnya.

Kamu bisa membangun persona sendiri juga. Misalnya, kamu adalah seorang pakar investasi. Sering memberikan tips mengenai investasi dapat menarik perhatian. Nanti, pasti akan ada perusahaan investasi yang tertarik untuk bekerja sama.

2. Menjadi buzzer

Kamu bisa menjadi buzzer untuk memperoleh uang di Twitter. Biasanya, brand yang sedang melakukan kampanye mengajak orang untuk meningkatkan penggunaan suatu hashtag tertentu untuk sementara waktu. Ini adalah bagian dari buzz marketing.

Kamu akan dibayar sesuai dengan jumlah pengikut yang kamu miliki dan ketentuan lainnya. Untuk bisa menjadi buzzer, kamu bisa bergabung di komunitas buzzer yang ada di internet. Buzzer tersebut biasanya adalah blogger yang aktif di dunia maya.

3. Menjadi affiliate marketer yang memposting di Twitter

Cara mendapatkan uang dari Twitter yang tidak boleh dilewatkan adalah menjadi affiliate marketer yang mempromosikan produk di Twitter.

Syarat untuk mengikuti bisnis afiliasi ini sangat mudah. Kamu juga tidak harus memiliki banyak pengikut. Cukup mendaftar ke suatu marketplace, kamu sudah bisa menjalankan misi.

Kamu akan mendapatkan komisi setiap kali pengguna membeli produk melalui tautan yang kamu promosikan di Twitter.

4. Membuka paid promote

Cara ini cocok untuk kamu yang sudah memiliki banyak pengikut. Kamu bisa mempromosikan produk dari brand yang ingin bekerja sama denganmu. Caranya bisa se-kreatif mungkin, misalnya dengan membuat video, thread, dan lainnya.

Semakin banyak pengikutmu, brand ternama akan lebih tertarik untuk berkerja sama. Agar brand mudah menghubungimu, jangan lupa cantumkan kontak yang bisa dihubungi di profil Twitter.

5. Memanfaatkan Sponsored Tweet

Cara mendapatkan uang dari Twitter ini cocok untuk kamu yang memiliki usaha, terutama bagi yang baru merintis usaha. Kamu bisa memanfaatkan fitur promosi yang dimiliki oleh Twitter. Dengan cara ini, kamu bisa menarik konsumen dalam waktu singkat.

Meskipun memerlukan budget, hal ini dapat disesuaikan dengan kemampuanmu. Tweet promosi kamu akan muncul di lini masa orang-orang yang menjadi target konsumenmu. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah tahu siapa target konsumenmu agar tidak salah sasaran.

6. Bekerja sama dengan brand untuk endorsement

Jika pada paid promote kamu hanya mendapatkan materi promosi, dalam endorsement kamu akan mendapatkan produk yang akan dipromosikan.

Kamu bisa bekerja sama dengan brand untuk endorsement. Lebih baik fokus di satu jenis brand agar akunmu mudah ditemukan oleh brand tersebut. Misalnya, jika kamu suka mencicipi kuliner, kamu bisa membuka kerja sama endorse dengan produsen makanan.

7. Melakukan campaign sesuai dengan Trending Topic

Cara ini cocok untuk kamu yang memiliki usaha dan ingin meningkatkan penjualan. Kamu bisa mengikuti hal-hal yang sedang trending di Twitter. Trending topic selalu berubah setiap hari, jadi perlu pemantauan yang intens.

Misalnya, kemarin yang sedang trending adalah istilah “cewek mamba” atau “cewek bumi”. Jika kamu memiliki produk pakaian, kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai materi promosi di Twitter.

Namun, jangan lupa untuk menentukan hashtag yang mencirikan produkmu agar mudah dikenali konsumen. Walaupun kontennya mengikuti hal yang sedang trending, tetap sampaikan keunikan produkmu sendiri.

8. Mengadakan kuis menarik di Twitter

Cara mendapatkan uang dari Twitter selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang memiliki usaha dan ingin memperkenalkan produk. Buatlah kuis menarik di Twitter dengan hadiah berupa produk atau uang tunai.

Kuis yang kamu selenggarakan dapat meningkatkan brand awareness untuk produkmu dan menambah jumlah pengikut di akun Twitter bisnismu.

Beri konsep kuis yang menarik agar semakin banyak orang yang tertarik untuk berpartisipasi. Di Twitter, kamu bisa memberikan konsep seperti Tweet sebanyak-banyaknya agar peluang untuk menang menjadi besar. Hal ini juga dapat meningkatkan penggunaan hashtag.

9. Memanfaatkan Paidpertweet

Kamu dapat memanfaatkan Paidpertweet untuk mendapatkan uang di Twitter. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri di situs web Paidpertweet. Nantinya, kamu akan diberikan link khusus untuk melakukan promosi.

Meskipun tampak seperti bisnis afiliasi, di sini kamu bekerja sama dengan Paidpertweet yang telah bermitra dengan berbagai usaha. Penghasilan didapatkan dari penjualan barang melalui link yang kamu sebarkan.

10. Memanfaatkan Twitpub untuk Tweet premium

Cara ini mirip dengan Paidpertweet, tetapi situs web yang menyediakan kerja sama adalah Twitpub. Kamu dapat menjadikan cuitanmu sebagai sumber pendapatan dengan bekerja sama dengan berbagai brand yang ada di Twitpub. Dengan ini, kamu bisa menghasilkan uang tambahan sesuai keinginan.

Untuk dapat mengirimkan Tweet premium, kamu perlu mendaftarkan diri di Twitpub. Namun, untuk menggunakan layanan ini, pastikan kamu memiliki aplikasi yang dapat mentransfer pendapatan dalam Dolar Amerika ke Indonesia, seperti PayPal sebagai contoh.

Cara Menambah Pengikut Twitter

Di Twitter, kamu dapat mendapatkan arahan, memperkenalkan produk, dan membangun koneksi dengan prospek yang baik. Namun, salah satu tantangan utama ketika membangun bisnis melalui media sosial Twitter adalah mendapatkan pengikut atau followers yang aktif.

Memiliki pengikut aktif di Twitter bukan hanya sekadar gengsi, dan jumlah pengikut bukan semata-mata tentang angka. Mengapa demikian? Karena pengikut di Twitter memiliki nilai nyata untuk kelangsungan bisnis atau tujuan hiburan kamu. Menurut kenyataan, 36% pelaku bisnis menyatakan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan pelanggan melalui platform Twitter.

Memiliki banyak pengikut di media sosial dapat menghasilkan berbagai keuntungan, seperti kemampuan untuk membangun citra personal atau menjual produk. Oleh karena itu, sangat wajar jika kamu ingin tahu bagaimana cara menambah pengikut Twitter dengan cepat.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara menambah pengikut Twitter yang mudah diikuti, dan yang lebih penting lagi, langkah-langkah ini dapat diakses secara gratis.

  1. Perhatikan Profil dan Bio

Profil dan bio di media sosial, termasuk Twitter, memiliki peranan penting. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan profil dan bio sebagai dua elemen yang sering diperhatikan oleh orang ketika pertama kali melihat akunmu. Hal ini sangat relevan untuk pemasaran di Twitter. Pastikan kamu menambahkan keterangan yang unik dan menarik sesuai dengan branding yang ingin kamu tonjolkan. Ini merupakan cara efektif untuk menambah pengikut Twitter yang tidak boleh kamu lewatkan.

  1. Ikuti Lebih Banyak Orang

Cara sederhana menambah pengikut Twitter adalah dengan mengikuti lebih banyak akun. Ini dapat meningkatkan peluang penambahan pengikutmu secara signifikan. Untuk memulainya, mulailah mengikuti akun-akun yang dikelola oleh orang-orang yang kamu kenal dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diingat bahwa ada hubungan positif antara jumlah orang yang kamu ikuti dan jumlah pengikut di media sosial.

  1. Maksimalkan Fitur Twitter List

Manfaatkan fitur Twitter List untuk meningkatkan jumlah pengikut. Sayangnya, banyak marketer yang masih meremehkan fitur ini. Padahal, Twitter List dapat digunakan secara efektif untuk memperkuat branding dan meningkatkan keberadaanmu di Twitter. Dengan Twitter List, pengikutmu akan lebih terlibat dan secara konsisten mempromosikan kampanyemu.

  1. Tingkatkan Engagement

Engagement atau tingkat interaksi terhadap kontenmu di media sosial merupakan hal penting dalam cara menambah pengikut di Twitter. Khususnya, Twitter menekankan pentingnya percakapan. Oleh karena itu, kamu perlu memaksimalkan fungsinya untuk mendorong percakapan yang berkelanjutan.

Aktivitasmu yang tinggi akan menciptakan banyak pembicaraan di sekitarmu. Strategi meningkatkan engagement ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar. Jangan ragu untuk me-retweet, memberikan like, atau merespons tweet dari pengikutmu.

  1. Pilih Waktu Post Terbaik

Menentukan waktu yang tepat untuk memposting konten adalah langkah penting dalam cara menambah pengikut Twitter. Mungkin selama ini kamu tidak menyadari bahwa ada waktu-waktu tertentu yang lebih efektif untuk menyebarkan post. Ini dikarenakan pada jam-jam tersebut, pengguna media sosial sedang aktif mencari konten yang menarik. Pada waktu tersebut, kemungkinan kampanye perusahaanmu dilihat oleh audiens akan lebih tinggi. Waktu yang dimaksud berada pada kisaran jam 8-10 pagi dan 6-9 malam.

Cara Menghasilkan Uang dari Twitter

  1. Undang Pengikut ke Media Sosial Lain

Salah satu cara menambah pengikut Twitter adalah dengan melakukan promosi lintas platform pada media sosial lain yang kamu miliki. Misalnya, membagikan konten Twitter ke Instagram dan sebaliknya. Ini dapat menjadi langkah yang efektif dalam meningkatkan popularitas. Selain itu, kamu juga bisa mengadakan giveaway agar penambahan pengikut lebih optimal.

  1. Buat Jadwal Rutin

Jika kamu serius dalam menambah pengikut Twitter, buatlah jadwal rutin. Berbeda dengan media sosial lain seperti Facebook dan Instagram, di mana konten dapat bertahan cukup lama di lini masa, sebagian besar tweet hanya memiliki jangka waktu hidup beberapa menit. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki rutinitas untuk meningkatkan tampilan dan interaksi. Ini berarti kamu harus secara aktif mengunggah tweet setiap harinya.

  1. Manfaatkan Tagar dan Kata Kunci Relevan

Ketika menggunakan Twitter, penting untuk tetap mengikuti perkembangan yang sedang terjadi. Terdapat topik trending yang banyak dibicarakan. Kamu juga dapat menyertakan nama kota atau wilayah untuk menjangkau konsumen baru di lokasi tersebut.

Tidak hanya itu, penggunaan tagar atau hastag yang relevan dapat meningkatkan jangkauan kontenmu. Dengan begitu, kamu akan menarik perhatian dua kali lipat lebih banyak orang untuk terlibat. Semakin banyak interaksi, semakin besar peluang penambahan pengikutmu. Memperhatikan hal ini merupakan cara serius untuk menambah pengikut Twitter.

Cara Membangun Personal Branding di Twitter

Meskipun jumlah penonton tidak sebanyak akun Kensington Royal atau Selena Gomez, tetapi personal branding tetap muncul seiring dengan keputusanmu untuk membagikan konten di akun pribadimu. Jika sudah berani memposting sesuatu yang terkait dengan dirimu di media sosial, itu juga berarti sudah siap menerima segala komentar dan penilaian dari netizen. Ada 7 cara yang tidak sulit untuk diimplementasikan saat beraktivitas di media sosial, terutama di Twitter.

  1. Tentukan personal branding yang tepat

Apa kesan yang ingin kamu sampaikan setiap kali orang memberikan komentar tentang akun media sosialmu? Ini adalah pertanyaan penting ketika kamu memutuskan untuk membangun identitas personal melalui akun pribadimu. Jika kamu ingin memberikan pengaruh kepada ibu-ibu muda untuk tetap merawat diri dan menjaga keseimbangan antara karier dan keluarga, maka unggahlah konten yang berkaitan dengan kedua hal tersebut. Atau, jika kamu ingin menawarkan identitas personal sebagai anak muda yang penuh gairah dalam berkarya dan dinamis, sesuaikan kontenmu agar tidak monoton dan penuh warna.

Jutaan pengguna aktif Twitter memiliki akun andalan masing-masing sesuai dengan kebutuhan mereka. Kamu tinggal memilih apakah identitas personalmu akan spesifik untuk para penggemar make up, atau menjadi acuan untuk memilih destinasi liburan lokal?

  1. Tentukan targetmu

Setelah menentukan identitas personal yang akan ditawarkan melalui akunmu, langkah berikutnya adalah sesuaikan target pembaca atau pengikut yang ingin kamu sasar. Apakah itu perusahaan besar, usaha kecil menengah, pecinta otomotif, atau komunitas penikmat gaya hidup sehat? Setelah mengetahui target audiens atau pengikutmu, akan lebih mudah untuk menentukan konten yang akan kamu bagikan di media sosial. Ingatlah, identitas personal yang efektif memerlukan pemilihan bahasa yang tepat dan relevan di hati dan pikiran orang yang mendengarkan.

Menentukan target ini memerlukan kesabaran dan penelitian yang rajin terhadap respons dari pengikutmu. Tetapi, untuk membangun identitas personal yang sukses dan melekat di hati banyak orang, tidak ada yang tidak mungkin dilakukan.

  1. Tujuan Personal Branding

Usaha membangun identitas personal, memikirkan konsep, dan upaya lain di balik setiap postingan yang kamu buat bukan hanya untuk dipertontonkan. Proses yang panjang ini harus memiliki tujuan, meskipun tujuan tersebut dapat berkembang seiring berjalannya waktu dan tidak terpaku pada satu titik saja. Sebelum membenamkan diri dalam upaya dan kompleksitas membangun identitas personal, sebaiknya kamu sudah mengetahui tujuan dari usaha tersebut.

Tujuanmu tidak hanya sebatas materi; bisa jadi popularitas atau penghargaan yang kamu dapat jika kamu serius dengan bidang yang kamu pilih. Bahkan, penggiat vlog saja bisa dihargai dengan berbagai penghargaan dan simpati dari masyarakat lokal maupun dunia karena tujuan mereka lebih luas daripada sekadar mendapatkan penghasilan. Nah, tujuan identitas personal di Twittermu apa?

  1. Simbiosis mutualisme dengan teman

Lebih baik bersinergi daripada bersaing; inilah konsep kolaborasi untuk kemajuan bersama. Bukan hanya kata-kata bijak semata, tetapi jika kamu dapat memanfaatkan momen dan mendapatkan dukungan dari teman-teman yang produktif, upaya membangun identitas personal akan menjadi lebih menyenangkan. Tidak perlu berkhayal tinggi untuk mendapatkan endorsement dari merek sebesar Givenchy atau Alexander McQueen, mulailah dengan yang lebih realistis, seperti menjadi model untuk usaha anting-anting handmade milik temanmu.

Usaha katering ibu di rumah juga dapat menjadi bahan promosi yang efektif selama sesuai dengan identitas personal yang kamu konsepkan. Selain membantu usaha temanmu, kamu juga akan mendapat manfaat karena akan dilihat oleh lebih banyak orang yang ingin tahu tentangmu. Siapa tahu, kamu bisa menjadi selebgram khusus produk lokal.

Cara Menghasilkan Uang dari Twitter

Penutup

Demikianlah ulasan terkait cara menghasilkan uang dari Twitter yang penting untuk diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE