26.3 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Cara Menjadi Reseller Shopee dan Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menjadi reseller Shopee penting diketahui oleh pengguna platform (aplikasi) e-commerce yang satu ini.

Di samping tidak perlu modal, caranya pun sangatlah gampang. Bisnis ini juga fleksibel dan dapat dikerjakan di mana dan kapan pun.

Saat menjadi reseller, kamu pun tidak perlu repot cari supplier terbaik karena Shopee akan menyediakan semua layanan dan fitur, mulai dari memilih supplier hingga promosi produk.

Nah, bagi kamu yang tertarik ingin memulainya, simak ulasan berikut ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Cara Dapat Uang dari Shopee dengan Mudah, Yuk Dicoba!

Sekilas tentang Reseller Shopee

Reseller Shopee adalah seseorang yang menjual kembali produk atau barang milik orang lain (supplier) yang ada di Shopee dengan harga tertentu (lebih tinggi).

Konsep reseller Shopee ini tidak berbeda dengan penjualan konvensional. Dalam hal ini, reseller akan membeli produk dari supplier, kemudian menjualnya lagi dengan keuntungan sekian persen.

Namun, yang membedakannya adalah pada seluruh proses penjualan, mulai dari pencarian supplier, promosi, hingga transaksi yang dilakukan tentunya lewat marketplace Shopee.

Cara Kerja

Cara kerja reseller Shopee ini sebetulnya bermacam-macam, misalnya menggunakan cara manual, yakni dengan mencari supplier toko offline lalu menjualnya di Shopee. Cara tersebut boleh dikatakan ribet sebab kamu mesti berbelanja stok terlebih dahulu dari supplier.

Cara lainnya adalah lewat fitur Katalog Saya. Fitur yang satu ini sangat cocok bagi pemula lantaran dapat membantu untuk memulai bisnis sebagai reseller/dropshipper Shopee tanpa modal dan tanpa ribet.

Caranya pun mudah, yakni kamu hanya perlu menjual kembali produk/barang yang tersedia di Shopee. Kamu juga dapat memilih jutaan produk lengkap dari kategori Shopee untuk dipromosikan dan dijual kembali.

Dengan fitur itu, kamu pun bebas untuk menentukan keuntungan penjualan karena Shopee tidak akan menampilkan harga asli produk. Nantinya, harga yang ditampilkan adalah harga yang sudah dibuat saat kamu menambahkan produk.

Adapun syarat untuk dapat join menjadi reseller Shopee adalah memiliki toko sendiri atau akun seller di Shopee.

Keuntungan

Bukan hanya gampang dan praktis, ini keuntungan lainnya dengan menjadi reseller Shopee:

  • Bisa jualan dengan modal minim, bahkan tanpa modal.
  • Lebih hemat waktu karena seluruh proses transaksi akan ditangani oleh pihak Shopee.
  • Fleksibel, dapat dikerjakan di mana dan kapan pun.
  • Step awal merintis branding, yakni dengan cara repacking produk dari supplier.
  • Bisnis dengan resiko minim.
  • Keuntungan cukup tinggi, apalagi kalau kamu mendapatkan supplier tangan pertama yang harganya lebih murah ketimbang harga pasar.
  • Lebih mudah dalam mencari supplier terpercaya dan promosi barang.
  • Tidak membutuhkan biaya operasional yang tinggi.

Bisakah Menjadi Reseller di Shopee?

Tentu saja bisa! Kamu tinggal pilih: ingin menjadi reseller yang mencari supplier sendiri via offline lalu menjualnya di Shopee seperti seller biasa atau mau memanfaatkan fitur Katalog Saya.

Untuk pemula, sebaiknya gunakan cara kedua , yaitu dengan mendaftar reseller Shopee dan menggunakan fitur Katalog Saya.

Cara tersebut lebih mudah dan praktis dan sangat cocok bagi pemula. Pasalnya, seluruh prosesnya dapat dikerjakan via Shopee.

Cara Menjadi Reseller Shopee

Cara Menjadi Reseller Shopee

Sebenarnya, tidak ada cara khusus untuk menjadi reseller Shopee. Di samping itu, untuk menjadi reseller Shopee, kamu juga tidak perlu registrasi atau daftar.

Pasalnya, selagi kamu sudah punya akun seller/toko, secara otomatis kamu dapat menjual barang di Shopee dengan sistem reseller.

Kemudian, kamu pun bisa langsung mencari supplier dan menambahkan produk ke toko untuk dijual. Inilah tahapan mendaftar atau menjadi reseller Shopee yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Cara Buka Toko di Shopee Termudah via Handphone dan Laptop

1. Riset & Tentukan Produk

Pertama, silakan riset untuk menentukan produk yang profit untuk dijual. Di sini, kamu pun wajib mengetahui volume pencarian sebuah produk dalam sehari, sebulan, dan bahkan setahun. Hal itu pun hanya bisa kamu peroleh lewat riset yang panjang dan mendalam.

Nah, untuk risetnya, kamu dapat memanfaatkan sejumlah tools yang bisa membantu, misalnya Ubersuggest, Google Trends, dan lainnya. Di samping itu, kamu pun dapat melakukan riset lewat aplikasi Shopee dengan melihat produk-produk populer.

2. Buka Toko di Shopee sebagai Cara Menjadi Reseller Shopee

Tahapan selanjutnya adalah membuat akun Shopee atau membuka toko di Shopee. Dalam hal ini, kamu harus tetap punya toko sendiri sekalipun kamu menjual barang orang lain.

Nah, beberapa poin yang wajib disiapkan untuk membuka toko Shopee, antara lain, nama toko dan username, dekorasi toko, deskripsi serta foto sampul dan foto produk.

3. Cari Produk & Supplier

Berikutnya, silakan mencari supplier, dengan cara yang bervariasi. Di sini, kamu bisa mencari sendiri supplier offline yang kamu kenal atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur di Shopee untuk menemukan rekomendasi toko Shopee untuk reseller. Berikut ini kunci mencari supplier yang baik untuk bisnis reseller:

  • Harganya murah: usahakan cari supplier tangan pertama karena biasanya harganya paling murah.
  • Kualitas bagus: pastikan produk yang dijual supplier berkualitas bagus. Caranya kamu bisa mencoba membeli sejumlah produk secara acak untuk memastikan kualitasnya.
  • Stok produk aman: sebaiknya pakai supplier yang rutin memproduksi barang agar kamu tidak kehabisan stok.
  • Komunikasi baik: carilah supplier yang enak diajak komunikasi agar bisnismu justru tidak macet di tengah jalan karena kurangnya komunikasi.

4. Gunakan Fitur Katalog Saya sebagai Cara Menjadi Reseller Shopee

Usai mendapatkan produk dari supplier yang tepat, kamu pun sudah bisa mengaktifkan fitur Katalog Saya untuk mulai menjadi reseller.

Fitur tersebut sangat praktis dan memudahkan dalam menambahkan produk serta mempromosikannya ke media sosial. Inilah cara menambah produk di fitur Katalog Saya:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan password.
  • Cari produk yang ingin dijual kembali. Jika link produk sudah ketemu maka silakan klik tombol Share yang ada di kanan atas.
  • Klik pilihan Katalog yang muncul di sudut kiri bawah.
  • Ganti informasi produk sesuai keinginan, kemudian atur harga jual yang akan ditampilkan di Katalog Saya. Ingat, yang akan muncul bukan harga asli produk melainkan harga jual yang sudah kamu tentukan.
  • Klik pilihan Daftar di Katalog.
  • Selesai. Produk sudah berhasil ditambah ke Katalog.

Untuk diketahui, fitur Katalog Shopee bisa menampung maksimal sebanyak 9.999 produk. Maka dari itu, di sini kamu dapat menambahkan link sebanyak-banyaknya asalkan tidak melebihi kuota tadi.

5. Promosi sebagai Cara Menjadi Reseller Shopee

Kalau sudah berhasil menambahkan berbagai produk yang akan dijual melalui fitur Katalog maka tahapan berikutnya adalah promosi.

Cara promosinya gampang kok, yakni dengan memanfaatkan fitur yang ada di Shopee. Untuk promosi salah satu produk di Katalog, berikut ini caranya:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan password.
  • Klik menu Saya > pilih Katalog Saya.
  • Pilih dan klik link produk yang ingin kamu promosikan.
  • Di bagian kanan atas produk, klik tombol Share.
  • Selanjutnya, pilih dan klik akun sosial media yang ingin dipakai untuk share produk.
  • Selesai.

Di samping bisa promosi satu per satu, kamu pun dapat mempromosikan seluruh produk dari Katalog sehingga calon pembeli akan melihat produk lebih banyak. Nah, untuk promosi semua produk di katalog, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan password.
  • Klik menu Saya > pilih Katalog Saya.
  • Klik menu Share yang ada di kanan atas. Atau bisa juga dengan menekan tombol Preview Katalog lalu pilih Share.
  • Selanjutnya, klik pilihan Kategori produk yang ingin dibagikan > klik Lanjutkan.
  • Klik 3 produk yang akan ditampilkan sebagai cover katalog.
  • Klik media sosial yang akan dipakai untuk share produk.
  • Lihat preview katalog untuk melihat tampilan.
  • Terakhir, klik share di media sosial pilihan.
  • Selesai. Katalog produk sudah berhasil dipromosikan.

6. Proses Transaksi

Usain melakukan promosi produk seperti cara di atas, berikutnya kamu perlu tahu proses reselling produk Shopee selanjutnya. Untuk transaksi antara penjual dan pembeli akan dilakukan melalui media sosial yang kamu pilih untuk share produk.

Di sini, pembeli akan melihat-lihat produk Shopee melalui link yang kamu bagikan. Kalau berminat maka si pembeli akan menghubungi kamu melalui WhatsApp atau SMS.

Jika ia tertarik maka silakan arahkan pembeli tersebut untuk membayar biaya transaksi ke rekening kamu.

Tugas kamu selanjutnya, yaitu melakukan pemesanan produk ke supplier dan membeli barang dengan sistem dropship.

Terkait sistem dropship Shopee, caranya mudah, yaitu kamu hanya perlu mengaktifkan menu kirim sebagai dropshipper, kemudian memesan barang seperti biasa. Jangan lupa untuk mengirimkan produk ke alamat pembeli, bukan alamatmu ya!

Sekian ulasan tentang cara menjadi reseller Shopee yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Ingin Menjadi Star Seller Shopee? Intip Yuk Caranya di Sini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU