31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Bukan Impian Lagi, Ini 15 Cara Menjadi Sukses di Usia Muda

JAKARTA, duniafintech.com – Cara sukses di usia muda bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, namun hal itu bukan berarti mustahil untuk diwujudkan. Apalagi dengan kemudahan akses informasi dan banyak hal lainnya seperti sekarang inilah yang membuat kamu bisa maju lebih cepat untuk mencapai kesuksesan. Kamu juga bisa mulai mencari tahu cara memulai usaha dari orang-orang yang telah lebih dulu mencapai kesuksesan.

Jangan pernah berpikiran tentang ketersediaan modal atau kemampuan yang terbatas, karena paling penting yang harus dimiliki untuk menggapai kesuksesan adalah kerja keras dan keinginan yang kuat. Meski ada banyak tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai kesuksesan di usia muda, namun jika dengan kerja keras, usaha, dan pengorbanan tentunya hal tersebut bisa dicapai. Lantas, bagaimana cara untuk meraih kesuksesan di usia muda yang bisa diterapkan sejak dini? Dalam artikel berikut ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

15 Cara Sukses di Usia Muda

Berikut ini adalah cara untuk menggapai kesuksesan di usia muda, antara lain:

1. Menentukan Tujuan Hidup Sejak Awal

Orang yang sukses biasanya memiliki sebuah keinginan yang kuat dan tujuan yang jelas. Biasanya, mereka yang ingin meraih kesuksesan di usia belia telah menetapkan tujuan yang ingin dicapai sejak dini. Oleh karena itu, jika kamu ingin sukses di usia muda, sebaiknya kamu juga mengetahui dan menetapkan tujuan hidupmu sejak awal. Pasalnya, dengan cara ini nantinya kamu akan lebih fokus saat menjalani pekerjaan dan kehidupanmu secara keseluruhan.

Pastikan juga bahwa kamu telah memiliki gambaran tentang apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup selama beberapa tahun ke depan. Kemudian, kesuksesan seperti apa yang ingin dicapai nantinya. Setelah itu, tulislah semua tujuan kamu di buku catatan atau di mana pun yang bisa dengan mudah untuk dilihat olehmu. Tujuan hidup inilah yang nantinya bisa terus memotivasi Anda saat sedang mengalami tantangan dan kesulitan yang sedang kamu hadapi.

2. Fokus Menentukan Tujuan Hidup

Setelah menetapkan tujuan hidup dan kesuksesan yang ingin dicapai di masa depan, maka cara sukses di usia muda selanjutnya adalah memiliki kemampuan fokus. Kamu harus bisa fokus untuk bisa mencapai tujuan yang telah direncanakan. Latih terus dirimu untuk bisa lebih fokus dan tidak tergoda untuk menyerah saat berada dalam perjalanan mencapai tujuan tersebut. Jangan biarkan pikiran lain yang tidak ada kaitannya dengan tujuan hidupmu mengganggu konsentrasimu, bangun terus pemikiran positif dan terus teguh pada pendirian yang kamu miliki.

3. Jangan Pernah Takut untuk Memulai

Banyak orang yang gagal, bahkan itu pun sebelum mereka memulainya. Agar bisa sukses di usia muda, maka sebaiknya buang jauh-jauh pikiran negatif yang dapat membuat kamu takut untuk memulai sesuatu. Jangan pernah ragu untuk mulai mewujudkan ide-ide dan impian yang telah kamu miliki. Selama hal yang kamu lakukan tersebut tidak merugikan orang lain atau menjurus ke tindakan yang dilarang oleh hukum negara maupun agama, maka lakukan apapun yang kamu cita-citakan sedini mungkin. Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu, karena siapa tahu hal yang kamu lakukan itu akan membuatmu semakin dekat dengan kesuksesan dan impian yang kamu miliki.

4. Membuat Target Berjangka

Cara sukses di usia muda dari nol selanjutnya adalah kamu harus memiliki yang namanya target yang berjangka. Misalnya, jika kamu ingin sukses dalam berbisnis maka kamu harus memiliki target untuk bisnis tersebut. Misalnya, target untuk tiga bulan ke depan, lalu enam bulan, dan satu tahun ke depan. Catatlah semua hal-hal yang ingin kamu capai dalam jangka waktu tersebut. Apabila kamu tidak memiliki target yang jelas, maka kama bisnis atau pekerjaan apapun yang kamu lakukan akan selalu berjalan di tempat atau tidak mengalami kemajuan sama sekali. Oleh karena itu, sangat penting untuk menentukan target yang ingin kamu capai secara berjangka, mulai dari jangka pendek, hingga target untuk jangka panjang.

5. Teruslah Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis

Sebagai anak muda, tentu wajib untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Terutama untuk hal-hal yang dapat menghalangi jalanmu menuju kesuksesan. Kamu juga harus terus-menerus mengasah kemampuan berpikir kritis agar mampu menganalisa berbagai fakta dan opini yang kian beredar di masyarakat. Dengan begitu, kamu bisa menemukan sebuah solusi untuk segala permasalahan yang timbul. Dengan kemampuan berpikir kritis yang baik dan juga pikiran yang positif, kemungkinan besar bagi kamu untuk bisa sukses di usia muda pun akan semakin terbuka lebar.

6. Mendedikasikan Waktu untuk Terus Belajar

Kebanyakan orang sukses adalah orang yang haus akan pengetahuan, hal tersebut adalah salah satu ciri orang yang sukses yaitu orang yang mau terus belajar. Jangan pernah merasa puas dengan pengetahuan yang kamu miliki sekarang. Selalu asah pengetahuan dan keterampilan dengan hal-hal baru. Pasalnya, di dunia yang serba digital dan cepat seperti sekarang ini, ilmu pengetahuan pun akan semakin cepat berkembang, jangan sampai kamu terlewatkan hal-hal yang sangat penting karena malas untuk belajar. Cobalah untuk dedikasikan waktumu untuk terus belajar hal-hal baru setiap harinya. Bisa dengan membaca buku, mengikuti berbagai kelas online yang diadakan di internet, menonton video pembelajaran, atau sekedar membaca artikel dan jurnal-jurnal online untuk menambah pengetahuanmu.

7. Jangan Takut dengan Pengalaman Baru dan Tantangan

Salah satu keistimewaan yang hanya dimiliki oleh anak muda adalah waktu. Di usia yang masih belia inilah kamu memiliki banyak waktu untuk mencoba hal-hal baru. Oleh karena itu, jika ingin sukses di usia muda, langkah selanjutnya adalah jangan pernah takut dengan tantangan dan pengalaman baru. Jika ada sebuah kesempatan baik di depan mata, jangan pernah disia-siakan, akan tetapi manfaatkan kesempatan itu sebagai batu loncatan untuk menggapai mimpimu. Jangan sampai kamu gagal dalam mencapai mimpi dan kesuksesan hanya karena takut untuk mencoba tantangan dan pengalaman baru. Satu hal yang perlu diingat bahwa salah satu pelajaran terbaik adalah pengalaman, maka dari itu jangan pernah takut untuk mencoba hal baru dan kumpulkan pengalaman sebanyak mungkin.

8. Disiplin dalam Segala Hal

Karakteristik yang biasanya dimiliki oleh orang sukses adalah disiplin. Jangan pernah untuk berharap bahwa kamu bisa meraih kesuksesan di usia muda jika tidak memiliki sikap disiplin. Mulailah dari hal yang terkecil yaitu disiplin waktu. Mulailah untuk membuat jadwal untuk kegiatan dan pekerjaan sehari-hari, kemudian berhentilah untuk menunda-nunda pekerjaan tersebut. Usahakan sebaik mungkin bahwa kamu disiplin terhadap jadwal yang sudah dibuat sebelumnya. Selanjutnya, buat juga target yang ingin dicapai beserta rentang waktunya dan usahakan untuk terus disiplin dalam mengerjakan apa yang telah ditargetkan. Cara ini tentunya dapat membentuk diri kamu menjadi lebih disiplin dari sebelumnya.

9. Cepat Beradaptasi dengan Keadaan

Perkembangan teknologi dan dunia bisnis saat ini terjadi begitu pesat. Oleh karena itu, untuk meraih kesuksesan di usia muda yang penting adalah memiliki kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan keadaan. Terutama beradaptasi dengan perkembangan tren dan teknologi terkini seperti sekarang ini. Pasalnya, pasti akan sulit untuk kamu mencapai sebuah kesuksesan jika tertinggal dari tren dan perkembangan teknologi. Alasannya adalah karena perkembangan tren dan teknologi dapat mempengaruhi minat pasar dan strategi-strategi pemasaran yang harus diterapkan agar kamu bisa sukses saat memulai usaha dari nol.

10. Memperluas Jaringan Relasi

Relasi adalah salah satu hal yang sangat penting sebagai cara sukses di usia muda tanpa modal. Jangan pernah sekalipun ragu untuk bergaul dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Lalu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang pernah bekerjasama denganmu. Selain itu, kamu juga harus bisa mengikuti komunitas yang sesuai dengan minat kamu dengan tujuan memperluas jaringan relasi. Pasalnya, kamu tidak pernah tahu siapa orang yang nantinya memiliki peran penting untuk Anda dalam mencapai kesuksesan.

11. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Di era globalisasi dan dunia yang saat ini terhubung dengan internet, maka kemampuan dalam berbahasa asing tentunya sangat penting. Kini kamu tidak hanya akan bersaing dengan sesama teman satu kampus, satu kota, atau bahkan satu negara. Sekarang ini, jika kamu ingin sukses di usia muda, maka sainganmu adalah semua orang dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, usahakan bahwa kamu telah memiliki kemampuan berbahasa asing, terutama dalam bahasa Inggris yang mumpuni, karena dengan kemampuan ini yang nantinya dapat menjadi modal kamu untuk bersaing di dunia global.

12. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Kerja keras adalah salah satu kunci utama untuk mencapai kesuksesan di usia muda. Kamu harus bisa memanfaatkan semua kesempatan yang datang kepadamu dengan sebaik-baiknya. Namun, selain kerja keras, tentunya juga harus kerja cerdas. Carilah cara yang paling efisien untuk bisa menyelesaikan pekerjaan kamu, sehingga nantinya Anda juga bisa mengerjakan lebih banyak hal lain setelahnya. Selain itu, sebaiknya kamu juga mengetahui tentang batasan dirimu, jangan sampai karena bekerja terlalu keras membuatmu jatuh sakit yang ujungnya berakhir dengan merugikan kamu dalam jangka panjang.

13. Menyisihkan Sebagian Uang untuk Tabungan

Tidak ada namanya orang yang sukses hanya dengan berfoya-foya, oleh karena itu cara sukses di usia muda adalah dengan menyisihkan sebagian uang untuk tabungan. Misalnya saat kamu menerima gaji bulanan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil sekian persen untuk ditabung, baik itu ditabung sendiri atau diinvestasikan. Hal ini adalah cara paling efektif untuk bisa disiplin dalam mengelola penghasilan bulanan.

Dengan memposisikan porsi tabungan secara konsisten setiap bulan, maka kamu bisa lebih disiplin lagi dalam mendapatkan manfaatnya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Bedakan juga pada saat porsi menabung yang dilakukan dari sisa pengeluaran bulanan yang belum tentu nominalnya.

Selain itu, agar cara menabung lebih efektif sebaiknya untuk membuat beberapa rekening pribadi, kamu bisa memisahkan pengeluaran ke beberapa rekening agar pengelolaan keuangan menjadi lebih tertata dan rinci. Buat rekening khusus untuk pengeluaran bulanan seperti membayar tagihan listrik, air, internet, asuransi, dan lainnya, rekening untuk kesenangan pribadi, serta rekening khusus tabungan dan investasi.

14. Jangan Takut Gagal dalam Berbisnis

Jika mimpimu adalah sebagai seorang pebisnis atau pengusaha sukses, maka sebaiknya jangan pernah takut gagal saat mulai berbisnis. Ada beberapa cara sukses di usia muda dengan modal kecil yang bisa kamu terapkan. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menjalankan bisnis dari skala kecil, lalu pelajari semua hal yang penting untuk perkembangan bisnismu. Selain itu, bisa juga dengan mulai berbisnis dengan menjadi reseller produk-produk tertentu, karena dengan menjadi reseller biasanya tidak perlu membutuhkan modal besar. Namun, yang terpenting dari semuanya adalah jangan pernah takut gagal. Jika bisnis pertama kamu gagal, masih ada kesempatan kedua, ketiga, dan seterusnya. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman berharga yang tidak bisa didapatkan di bangku sekolah. Selain itu, jadikan juga kegagalan sebagai motivasimu untuk bangkit dan lebih semangat mencapai kesuksesan.

15. Bersedekah

Agar bisa sukses di usia muda, maka disarankan juga untuk berbagi. Hal ini merupakan cara sukses di usia muda menurut Islam atau biasa disebut sebagai sedekah. Dalam hal ini berbagi bukan hanya dalam bentuk materi, tetapi juga dalam bentuk pengetahuan dan tenaga yang kamu miliki. Percayalah bahwa semakin banyak kamu berbagi, maka akan semakin banyak juga yang akan kamu terima nantinya. Selain itu, dengan berbagi juga dapat memberikan kepuasan batin tersendiri yang tidak bernilai harganya dan dapat menjadi motivasi lebih untuk diri sendiri agar semakin sukses kedepannya.

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...

Jenis KPR yang ada di Indonesia, Catat Ya!

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis KPR ada apa saja? tentu masih ada yang bertanya-tanya tentang hal tersebut. KPR merupakan pembiayaan yang diberikan bagi seseorang yang...

Cash Flow Investasi Bisnis, Begini Cara Menghitungnya!

JAKARTA, duniafintech.com - Cash flow investasi bisnis, nampaknya sangat penting untuk diketahui terkait cara menghitungnya. Mengetahui cara menghitung cash flow investasi di dalam bisnis...
LANGUAGE