30.9 C
Jakarta
Rabu, 27 Oktober, 2021

Cara Sukses Mengelola Uang Hanya dengan Gaji Rp3 Juta

duniafintech.com – Mengelola gaji Rp3 jutaan per bulan bukan cara yang sulit. Kamu tetap bisa mengelola uang dengan baik dan membayar kebutuhan dan lainnya.

Hmm, sekarang pertanyaannya adalah: bisakah kamu hidup layak dan wajar dengan gaji yang minim seperti ini? Jawabannya: bisa kok!

Kuncinya ada pada caramu mengelola penghasilanmu. berikut ini cara sukses atur uang dengan gaji 3 jutaan perbulan:

  •  Kamu harus mengalokasikan gajimu dengan cerdas

 Tolak ukur sukses mengatur gaji itu apa sih?

Ternyata ada dua hal: Pertama, caramu mengalokasikan gaji setiap bulan. Kedua, keberhasilan kamu dalam memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga; baik kebutuhan pokok maupun sekunder.

Pertama-tama, alokasi pos-pos pengeluaran. Pada umumnya, perencana keuangan menyarankan untuk mengalokasikan 70% untuk biaya hidup sehari-hari, yang termasuk pangan dan papan, 10% untuk tabungan, 10% untuk investasi, dan sisanya untuk dana darurat plus zakat.

  •  Selalu sisihkan dana darurat

Dana darurat alias jaga-jaga. Karena kita tak bisa memprediksi celaka, maka dana darurat sangatlah penting posisinya. Pos inilah yang akan menjadi sumber dana jika tiba-tiba kamu sakit, kecelakaan, bencana, atau mendadak kena PHK.

Idealnya sih, kamu harus menyiapkan dana yang bisa menalangi kebutuhan hidupmu selama 2-3 bulan ke depan. Jadi, jika setiap bulannya kamu menghabiskan Rp 2,5 juta untuk kebutuhan hidup sehari-hari, kamu wajib mengendapkan dana antara Rp 5 juta – Rp 7,5 juta di rekening dana daruratmu.

  •  Tabungan itu harus disisihkan di awal gajian!

Hindari kebiasaan menabung di akhir bulan dari sisa gaji yang sudah dipotong untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau begini caranya, dijamin kamu bakal susah menyisihkan uang untuk menabung! Alih-alih, langsung ambil sebesar Rp 10% dari gajimu untuk ditransfer ke rekening tabungan sebelum terpangkas untuk hal-hal sekunder.

Biar nggak tergoda untuk mengambil tabungan maupun dana darurat, simpanlah mereka di rekening yang terpisah dari rekening utamamu. Kalau bisa, manfaatkan rekening bank yang tidak memiliki ATM dan bebas biaya administrasi bulanan.

  • Gaji kecil bukan berarti tak bisa mengajukan kredit atau mencoba investasi

Kredit boleh kok. Tapi, ingat, pastikan cicilannya tidak ssampai 30% dari total gajimu! Supaya terpenuhi untuk dua kebutuhan ini, kamu bisa mengurangi alokasi pos-pos pengeluaran lainnya. Dan, sebagai investor pemula, pilihanlah instrumen rendah risiko seperti reksadana dan emas. Oh iya, supaya lebih mantap, pastikan kamu juga konsultasi dengan mereka yang kompeten ya!

Nah, itulah dia cara  sukses mengatur uang dengan gaji 3 jutaan per bulan. Mudah-mudahan bermanfaat buat kamu yang gajinya masih pas-pasan ya. Dan semoga gajimu cepat naik!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Sektor Saham Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang

Sektor saham adalah hal penting untuk dipahami ketika memutuskan saham apa saja yang ingin dikoleksi untuk jangka panjang saat dihadapkan dengan ratusan saham untuk...

Apa Itu Premi, dan Tujuan Membayar Premi Asuransi

Mengapa premi tertera pada perjanjian asuransi? Dan apa yang dimaksud dengan premi asuransi? Berikut penjelasan pengertian premi asuransi. Setelah Anda mengetahui pengertian asuransi dan risiko,...

Ketahui Syarat dan Cara Mendapatkan Pinjaman UMKM agar Cepat Cair

Pinjaman UMKM cepat cair adalah solusi dalam berwirausaha yang seringkali terkendala pada modal awal untuk memulai usaha. Padahal, usaha tanpa modal sebenarnya sudah bisa...

Aplikasi GoTrade, Solusi Mudah Beli Saham Listing di Luar Negeri

GoTrade adalah sebuah merek dagang yang bernama TR8 Securities Inc., sebuah perusahaan berlisensi untuk menjalankan bisnis oleh lembaga pengatur dan pengawas dari Pemerintah Malaysia....

Perusahaan Asuransi yang Mengantongi Izin OJK

Sebelum membeli jaminan asuransi, di bawah ini telah dirangkum daftar perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).  Kendati telah memiliki sederet list mengenai...
LANGUAGE