32.8 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Jangan Terjebak! Kenali 8 Ciri Website Penipuan Tiket Pesawat

JAKARTA, duniafintech.com – Ciri website penipuan tiket pesawat wajib untuk dipelajari, mengingat dalam beberapa waktu terakhir masih ada saja pihak tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan, seperti menjual tiket pesawat palsu secara online.

Ingin liburan dengan harga tiket pesawat yang hemat? Waspada, di era digital seperti sekarang ini banyak beredar website penipuan tiket pesawat yang menawarkan harga yang sangat murah.

Artikel DuniaFintech kali ini akan membantu Anda mengenali beragam cirii website penipuan tiket pesawat agar terhindar dari kerugian. Yuk, simak!

Ciri Website Penipuan Tiket Pesawat

Perhatikan hal-hal berikut ini saat menemukan website yang menawarkan tiket pesawat dengan harga yang mencurigakan:

  1. URL Mencurigakan

Website penipuan seringkali memiliki URL yang tidak lazim. Contohnya, terdapat kesalahan ejaan pada nama maskapai atau penggunaan karakter tambahan pada nama domain. Selalu periksa URL dengan teliti sebelum memasukkan data pribadi.

  1. Tidak Menggunakan Protokol HTTPS

Website terpercaya menggunakan protokol HTTPS yang menandakan koneksi aman dan terenkripsi. Website penipuan biasanya masih menggunakan HTTP yang tidak aman untuk transfer data. Perhatikan awalan “https://” pada address bar browser Anda.

  1. Tawaran Terlalu Menggiurkan

Harga tiket pesawat yang jauh di bawah harga normal patut diwaspadai. Penipu biasanya menggunakan iming-iming diskon besar-besaran untuk menarik korban. Cek harga tiket pesawat pada website resmi maskapai atau agen travel online terpercaya untuk perbandingan.

  1. Desain Situs Buruk

Website penipuan biasanya memiliki desain yang tidak profesional, terlihat kurang rapi, dan penuh dengan iklan. Mereka mungkin juga menggunakan gambar dan logo berkualitas rendah.

  1. Meminta Informasi Pribadi secara Berlebihan

Website terpercaya hanya akan meminta informasi yang relevan dengan pemesanan tiket, seperti nama, nomor identitas, dan detail pembayaran. Website penipuan mungkin meminta data lain yang tidak perlu, seperti password atau PIN bank Anda.

  1. Peringatan Keamanan dari Browser

Browser Anda terkadang menampilkan peringatan keamanan ketika Anda akan mengakses website penipuan. Perhatikan dan jangan abaikan peringatan tersebut.

  1. Kesalahan Bahasa dan Ejaan

Website penipuan biasanya memiliki konten dengan kesalahan tata bahasa dan ejaan yang mencolok.

Tips Aman Memesan Tiket Pesawat Online

  1. Pesan Langsung dari Sumber Terpercaya

Gunakan website atau aplikasi resmi maskapai penerbangan atau agen travel online (OTA) yang sudah memiliki reputasi baik. Beberapa contoh OTA terpercaya di Indonesia adalah Traveloka, Tiket.com, dan Expedia.

  1. Hindari Transaksi di Luar Platform

Jangan tergiur dengan tawaran harga murah melalui pesan singkat, media sosial, atau email yang mengarahkan Anda ke website atau metode pembayaran di luar platform resmi.

  1. Cek Review dan Testimoni

Cari review dan testimoni dari pengguna lain sebelum menggunakan website atau aplikasi tertentu.

  1. Gunakan Kartu Kredit dengan Fitur Keamanan

Gunakan kartu kredit dengan fitur keamanan 3D Secure untuk transaksi online yang lebih aman.

Dengan mengetahui beragam ciri website penipuan tiket pesawat dan menerapkan tips aman memesan tiket online, Anda bisa terhindar dari kerugian dan menikmati perjalanan liburan yang menyenangkan.

Selamat traveling!

Baca jugaModus Penipuan Kartu Kredit, ini Tips dan Langkah Pencegahan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU