30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin-Ethereum Menguat Tipis, Intip Daftar Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Cryptocurrency hari ini terkait harga kripto Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (16/6).

Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau pulih dari posisi sebelumnya yang meredup.

Berikut ini berita terkait cryptocurrency hari ini yang perlu diketahui, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Cara Trading Crypto di INDODAX, Pelajari Yuk di Sini!

Cryptocurrency Hari Ini: BTC Kembali Menguat Tipis 2,29 Persen

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat, 16 Juni 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat tipis 2,29 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 3,63 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 25.568 per koin atau setara Rp 380,9 juta (asumsi kurs Rp 14.901 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut menguat. ETH naik 0,87 persen sehari terakhir, tetapi masih melemah 10,16 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 24,75 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terpuruk. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 0,11 persen dan 10,30 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 3,51 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA naik tipis 0,23 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 19,16 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 3.902 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali pulih. SOL menguat 2,50 persen dalam sehari, tetapi masih melemah 22,12 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 219.640 per koin.

Harga Kripto Lainnya

XRP kembali menguat setelah sempat melemah kemarin. XRP naik tipis 0,37 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 8,84 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 7.142 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) juga alami penguatan. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 2,643 persen, tetapi masih lesu 9,58 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 916,41 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,02 triliun atau setara Rp 15.205 triliun. 

Cryptocurrency Hari Ini: BlackRock akan Tawarkan Perdagangan Bitcoin

Sebelumnya dilaporkan, raksasa manajemen aset BlackRock meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa untuk Bitcoin. 

Dalam dokumen yang diajukan pada Kamis, (15/6/2023) perusahaan meminta izin untuk menjual mata uang melalui cara yang disebut iShares Bitcoin Trust.

Melangsir Yahoo Finance, Jumat (16/6/2023), langkah ini signifikan karena jangkauan BlackRock yang sangat besar dan karena hal itu memungkinkan investor ritel untuk membeli Bitcoin sebagai saham ETF dari akun broker biasa. 

Baca juga: Koin Crypto yang Akan Naik, Intip Daftar Koinnya !

Cryptocurrency Hari Ini

Demikian pula, akan memudahkan investor institusi, termasuk dana pensiun, untuk memegang aset tersebut.

Dokumen ETF menyatakan Coinbase akan ditugaskan untuk memegang kepercayaan yang mendasari Bitcoin sebagai kustodian. 

Dokumen ini juga menyatakan Nasdaq akan mengawasi data penetapan harga yang menginformasikan harga pasar spot faktor yang berpotensi kritis karena Komisi Sekuritas dan Bursa sejauh ini menolak untuk mengizinkan ETF Bitcoin, dengan alasan kekhawatiran manipulasi pasar.

Harga Bitcoin, yang telah merosot karena tekanan peraturan dan kebijakan moneter hawkish dari Federal Reserve, sempat melonjak sekitar 3 persen di tengah berita pengajuan BlackRock.

Meskipun semakin mudah untuk membeli Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir dengan semua orang mulai dari Coinbase hingga PayPal hingga Robinhood menawarkan kripto, tetapi masih belum ada cara mudah untuk mendapatkannya dalam bentuk saham tradisional. 

Hal ini terbukti menjadi hambatan bagi institusi besar, yang tunduk pada peraturan yang membatasi jenis aset yang dapat mereka miliki atas nama pelanggan mereka.

Saat ini, opsi paling populer untuk memperoleh Bitcoin dalam bentuk saham adalah Grayscale Bitcoin Trust, yang tidak diperdagangkan di bursa saham utama. 

Grayscale Bitcoin Trust juga membebankan biaya manajemen sekitar 2 persen per tahun, yang dianggap terlalu tinggi oleh banyak investor.

Baca juga: Aplikasi Trading Crypto Terbaik di Asia Tenggara

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE