25.6 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

CryptoKitties: Panduan Lengkap untuk Bermain dan Menghasilkan

CryptoKitties adalah salah satu bukti nyata dari kemajuan teknologi yang memperkenalkan cara baru untuk bermain game Non-Fungible Token (NFT) sekaligus meraih keuntungan finansial.

Sebelum NFT menjadi fenomenal seperti sekarang, CryptoKitties telah menjadi pelopor dalam penggunaan teknologi blockchain, khususnya NFT. Dikembangkan oleh tim Dapper Labs, permainan ini menjadi tonggak dalam dunia game online berbasis NFT di jaringan Ethereum.

Permainan NFT yang menggunakan teknologi Ethereum ini berhasil menarik lebih dari 14.000 pengguna aktif setiap hari, memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap teknologi blockchain.

Apa Itu CryptoKitties?

Berdasarkan informasi dari laman cryptokitties.co, dalam CryptoKitties, para pengguna mengoleksi dan memadukan makhluk lucu yang disebut sebagai CryptoKitties.

Setiap kucing memiliki genom unik yang menentukan penampilan dan karakteristiknya. Para pemain dapat memadukan kucing-kucing mereka untuk menciptakan keturunan baru dan mendapatkan cattributes langka.

Baca juga: Nifty Gateway: Panduan Cara Beli dan Jual NFT dengan Mudah

cryptokitties

CryptoKitties adalah salah satu dari permainan blockchain pertama di dunia. “Blockchain” adalah teknologi yang memungkinkan eksistensi hal-hal seperti Bitcoin.

Meskipun CryptoKitties bukanlah aset digital, namun ia menawarkan tingkat keamanan yang serupa. Setiap CryptoKitty adalah unik dan sepenuhnya dimiliki oleh pemain. Ini berarti setiap CryptoKitty tidak dapat direplikasi, dicuri, atau dihancurkan.

Bagaimana Cara Kerja Game CryptoKitties?

Mengacu pada laman cryptokitties.co/press, CryptoKitties merupakan kucing digital yang dapat dikumpulkan dan dikawinkan. Ini adalah permainan pertama di dunia yang dibangun di jaringan Ethereum.

Ketika dua CryptoKitties dikawinkan, penampilan dan cattributes keturunannya ditentukan oleh genom 256-bit dari masing-masing orangtua dan unsur keberuntungan, menghasilkan lebih dari 4 miliar variasi genetik yang mungkin.

CryptoKitties dibuat untuk menggali konsep kelangkaan digital, menerapkan NFT dalam kontrak pintar ERC #721, serta menjadikan teknologi blockchain dapat diakses oleh pengguna sehari-hari.

Fitur-fitur Unik CryptoKitties

Mengutip coingape.com, pengguna telah mengenal konsep dasar NFT yang merupakan aset unik yang tidak dapat direplikasi. CryptoKitties merupakan salah satu contohnya, dengan setiap kucing lucunya memiliki serangkaian penampilan yang berbeda.

Selain itu, hanya ada satu dari setiap kucing di seluruh permainan. Berikut adalah beberapa fitur utama dari CryptoKitties yang perlu diperhatikan:

  1. Attributes

Algoritma genetik, dikenal sebagai atribut atau “Cattributes”, menentukan berbagai sifat kucing dalam CryptoKitties. Seperti genetika dalam dunia nyata, keturunan dari dua kucing dengan sifat yang berbeda akan memiliki campuran acak dari sifat-sifat baru, yang berbeda dari kedua orang tuanya.

  1. Cooldown Speed

Proses kelahiran tidaklah mudah, dan kucing ibu selalu membutuhkan istirahat setelah melahirkan. CryptoKitties memiliki fitur “Cooldown Speed” yang memberikan waktu istirahat bagi kucing setelah melahirkan anak.

Nomor generasi atau jumlah kali seorang kucing telah melahirkan akan menentukan berapa lama waktu istirahat yang dibutuhkan. Semakin tinggi generasinya, semakin lama waktu istirahat yang diperlukan, karena waktu istirahat akan bertambah seiring dengan usia kucing ibu melalui generasi-generasi.

  1. Genes

Dalam CryptoKitties, susunan genetik seekor kucing terdiri dari blok DNA yang menyimpan empat jenis gen yang berbeda, termasuk gen untuk mata, pola bulu, warna tubuh, dan lainnya. Setiap blok memiliki tiga gen tersembunyi yang tidak terlihat secara langsung tetapi dapat diturunkan kepada keturunannya. Selain itu, terdapat satu gen primer yang menentukan sifat dominan.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun gen tersembunyi hanya memiliki kemungkinan 25% untuk diturunkan kepada keturunan, gen primer memiliki kemungkinan sebesar 75%.

  1. Mutations

Ketika seekor kucing baru lahir, kadang-kadang ia mungkin tidak memiliki karakteristik yang sama dengan orang tuanya. Ini disebut sebagai “Mutations” (mutasi), di mana gen anak kucing mengalami perubahan yang mungkin diwariskan oleh keturunannya di masa depan.

Menariknya, mutasi masih bisa terjadi ketika dua orang tua berketurunan murni berkembang biak, meskipun dengan probabilitas yang lebih rendah. Mutasi lebih mungkin terjadi jika genom orang tua tidak sepenuhnya terkait.

  1. Family Jewels

Sebagai tambahan terbaru ke dalam koleksi abadi CryptoKitties, Family Jewels debut pada Februari 2018. Family Jewels saat ini dapat dikenakan oleh anak kucing sebagai pengingat akan warisan mereka.

Permata pertama akan diberikan kepada kucing yang pertama kali menunjukkan “Mewtation” atau mutasi baru dalam garis keturunannya. Jenis-jenis Family Jewels dikategorikan berdasarkan jarak generasi Kitty dari Mewtation:

  • Diamond adalah lencana legendaris untuk kucing pertama yang memiliki gen baru.
  • Gilded diberikan kepada 9 kucing berikutnya dengan gen mutasi tersebut.
  • Amethyst diberikan kepada 90 Kitty berikutnya.
  • Lapis diberikan kepada 400 Kitty berikutnya.

Panduan Dasar sebelum Bermain CryptoKitties

Mengutip cryptokitties.co/guide/getting-started, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika bermain CryptoKitties. Berikut ini adalah dasar-dasar yang penting diketahui sebelum bermain game CryptoKitties, di antaranya:

  1. Pembelian (Buying)

Langkah pertama adalah menjelajahi pasar untuk menemukan beberapa CryptoKitties yang menarik minat Anda. Jika Anda menemukan CryptoKitty yang ingin Anda beli, cukup klik pada kucing tersebut dan tekan tombol “Beli Sekarang”.

Setelah itu, Anda akan diminta oleh penyedia dompet browser Anda (seperti Metamask) melalui jendela transaksi plugin. Proses ini mungkin memerlukan beberapa menit untuk muncul di profil Anda, tergantung pada jaringan Ethereum.

  1. Pembiakan (Breeding)

Ada dua cara untuk membiakkan CryptoKitty baru: (1) dengan membiakkan dua CryptoKitty milik Anda sendiri bersama atau (2) dengan membiakkan dengan kucing jantan publik. Jika Anda ingin membiakkan dua CryptoKitty milik Anda sendiri, pergilah ke koleksi anak kucing Anda dan klik pada CryptoKitty yang ingin Anda jadikan bapak (kucing jantan) dalam proses pembiakan.

Selanjutnya, kucing tersebut akan menampilkan tombol “Bertelur”. Klik tombol tersebut, dan pilih “Bapak dengan CryptoKitty saya”. Setelah itu, Anda dapat memilih “Ibu” untuk pembiakan Anda.

Setelah Anda memilih pasangan untuk pembiakan, tekan “OK, berikan mereka beberapa privasi” untuk membuka jendela transaksi dan membiarkan CryptoKitties tersebut memulai proses pembiakan.

  1. Penawaran (Offers)

Penawaran merupakan cara lain untuk membeli kucing. Dengan menggunakan sistem penawaran dalam permainan, pemain dapat menawarkan jumlah Ethereum (ETH) untuk setiap CryptoKitty dalam permainan, bahkan jika saat itu tidak sedang dijual.

Setelah penawaran dibuat, pemilik CryptoKitty dapat memilih untuk menerima atau menolaknya. Penawaran berakhir setelah tiga hari.

  1. Menjual atau Membiakkan (Selling or Siring)

Setelah Anda memiliki beberapa CryptoKitties, Anda dapat menjualnya atau membiakkannya secara publik. Jika Anda pergi ke koleksi anak kucing Anda dan klik pada salah satu CryptoKitty, Anda akan melihat tombol “Jual” dan “Bertelur”.

Kedua tombol ini akan membawa Anda ke halaman di mana Anda dapat membuat lelang. “Bertelur” memungkinkan Anda untuk membuat lelang Pembiakan, di mana pemain lain dapat membiakkan dengan CryptoKitty Anda melalui pasar Pembiakan.

Sementara itu, “Jual” akan membuat lelang penjualan. Pemain lain dapat menemukan lelang penjualan Anda di pasar. Di sini, Anda dapat menentukan harga awal, harga akhir, dan durasi lelang.

Bagaimana Cara Bermain dan Mendapatkan CryptoKitties?

Jika Anda tertarik untuk bermain dan memiliki karakter kucing unik Anda sendiri, Anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. 

Pertama, pastikan Anda memiliki komputer atau perangkat seluler yang dapat mengakses aplikasi web, seperti Google Chrome atau Firefox, serta dompet kripto seperti MetaMask, dan sejumlah Ethereum.

Setelah itu, ikuti tutorial di bawah ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, silakan masuk ke situs web CryptoKitties di https://www.CryptoKitties.co/
  • Lanjutkan dengan menginstal Ekstensi MetaMask atau Trust Wallet. Keduanya tersedia di komputer atau ponsel.
  • Daftarkan akun dompet aset kripto pribadi kamu, lalu pilih jaringan Ethereum.
  • Silakan mengeklik tombol “Start” di pojok kanan atas.
  • Nantinya, akan muncul pop-up dari MetaMask atau Trust Wallet, lalu silakan pilih tombol konfirmasi di MetaMask.
  • Lanjutkan dengan memasukkan email yang akan kamu gunakan.
  • Selamat! Akun kamu berhasil dibuat.
  • Selanjutnya, kamu dapat membeli karakter NFT dengan masuk ke halaman “Marketplace” di bagian atas halaman CryptoKitties. Lalu, silakan pilih karakter anak kucing yang diinginkan dengan menekan tombol “Buy Now”.

Sebelum membeli, pastikan Anda memiliki jumlah Ethereum (ETH) yang cukup di dompet kripto pribadi Anda. Ketika semuanya sudah siap, halaman transaksi baru akan muncul di mana Anda dapat menyelesaikan pembelian.

Jika jumlah Ethereum yang Anda miliki tidak mencukupi untuk membeli karakter anak kucing yang diinginkan di pasar CryptoKitties karena harganya lebih tinggi, Anda dapat memberikan penawaran atau mengikuti proses lelang. Selanjutnya, Anda perlu menunggu keputusan dari penjual.

Tingkatan Kelangkaan Cryptokitties

Perlu diketahui, kelangkaan di CryptoKitties dibagi menjadi beberapa tingkatan. Berikut ini beberapa tingkatan kelangkaannya, yaitu:

  1. Generasi

Pada tahun pertama, kucing gen 0 diciptakan. Dalam kontrak pintar, disebutkan bahwa pembuat dapat menciptakan hingga 50.000 kucing dari generasi awal ini. Karena jumlahnya terbatas, kucing-kucing ini lebih langka daripada yang lain dan memiliki nilai lebih tinggi.

  1. Mewtations

Faktor lain yang memberikan nilai pada kucing adalah yang disebut Mewtations atau mutasi. Sebagai contoh, anak kucing yang telah mengalami mewtasi dapat dibedakan dalam tingkatan yang berbeda. 

Kucing pertama yang mengalami mewtasi tertentu mendapatkan permata berlian dan saat ini hanya ada 243 kucing yang memiliki permata. Sebuah anak kucing dengan permata berlian dapat dijual di marketplace dengan harga sekitar 3—4 ETH.

  1. Founder

Kemudian, ada founder cats yang terdiri dari 100 kucing pertama yang pernah ada di platform. Nilainya berasal dari nomor ID mereka dan semakin rendah nomor ID, semakin baik.

  1. Kucing Eksklusif

Kucing-kucing ini diperkenalkan untuk tim yang bekerja di CryptoKitties. Beberapa dari kucing eksklusif ini telah dijual dengan harga yang sangat mahal.

Bagaimana Cara Membeli CryptoKitties?

Mengutip id.bitdegree.org, jika kamu sudah memiliki dompet MetaMask dengan koin ETH dan masuk ke platform CryptoKitties dengan akun terdaftar maka selanjutnya kamu bisa membeli CryptoKitties. Berikut ini panduannya:

Baca juga: E-Wallet Terbaik yang Cocok Untuk Trading NFT

cryptokitties

  • Pada bagian atas halaman, pilih Marketplace.
  • Masuk ke halaman berikutnya, terdapat sebanyak 140.000 CryptoKitties unik yang dapat dipilih.
  • Jika kamu menggunakan tombol Filter maka kamu dapat memilih jenis CryptoKitty yang ingin kamu beli.
  • Klik pada gambar yang ingin kamu beli.
  • Selanjutnya, tekan tombol berwarna oranye yang bertuliskan “Buy Now!”.
  • Sebelum transaksi selesai, kamu perlu mengonfirmasi jumlahnya. Jika sudah maka silakan klik “OK, buy this Kitty”.
  • Kotak pop-up MetaMask akan muncul, menampilkan detail transaksi beserta biaya GAS. Terakhir, untuk menyelesaikan transaksi, silakan klik “Confirm”.

Selamat, kamu baru saja membeli CryptoKitty! Setelah blockchain Ethereum memproses transaksi (biasanya tidak memakan waktu lebih dari beberapa menit), token akan ditampilkan di dompet MetaMask milikmu.

Bagamana Cara Menghasilkan dari CryptoKitties?

Mengutip coingape.com, ketika bermain CryptoKitties, pengguna dapat memilih dari tiga mode permainan dasar yang berbeda. Mode ini juga sekaligus sebagai cara menghasilkan dari game CryptoKitties, di antaranya:

  1. Pembelian (Buying)

Untuk membeli kucing yang diinginkan, pengguna dapat mengakses marketplace dalam permainan. Setelah menemukan kucing yang diinginkan, mereka dapat mengklik tombol “Buy Now” untuk mengakses halaman konfirmasi dalam permainan.

Sebelum mengeklik “OK, buy this kitty” untuk menyelesaikan pembelian, penting untuk memeriksa kembali kucing yang akan dibeli. Begitu kucing-kucing baru tersebut muncul di profil pengguna, pembelian dianggap final (selesai).

  1. Pembiakan (Breeding)

Dalam permainan ini, terdapat dua jenis anak kucing, yaitu Dame (Ibu) dan Sire (Bapak). Generasi keturunan akan menjadi generasi tertinggi dari kedua orang tua ditambah satu. Misalnya, membiakkan kucing generasi ke-4 dengan kucing generasi ke-3 akan menghasilkan anak kucing generasi ke-5, sedangkan membiakkan dua kucing generasi ke-3 akan menghasilkan kucing generasi ke-4. Strategi pembiakan terbaik adalah dengan mengawinkan dua kucing dari generasi yang sama.

Pembiakan adalah proses yang mudah. Pengguna dapat memilih bapak (kucing yang ingin menjadi bapak anak kucing mereka), klik “Breed”, dan kemudian pilih “Sire with my kittens”. Daftar kucing yang akan menjadi ibu (Dame) akan ditampilkan.

Tombol “OK, give them some privacy” mungkin perlu digunakan untuk memisahkan kucing setelah mereka selesai kawin agar mereka dapat memiliki momen pribadi. Setelah itu, pengguna hanya perlu menunggu acara berbahagia yang akan segera terjadi.

  1. Penjualan (Selling)

Di CryptoKitties, penjualan adalah cara bagi pengguna untuk menghasilkan pendapatan. Pengguna memiliki opsi untuk menjual kucing-kucing mereka atau menjadi pembiak kucing yang membiakkan kucing Sire mereka dengan kucing pemain lain. Untuk melakukannya, pengguna dapat pergi ke daftar kucing mereka, di mana mereka akan menemukan tombol “Sell” dan “Breed”.

Pengguna dapat memulai lelang di halaman baru dengan memilih salah satu opsi tersebut. Secara sederhana, menekan tombol “Sell” akan memulai lelang penjualan. Sementara itu, menekan tombol “Breed” akan membuat kucing mereka terlihat di pasar Pembiakan sehingga pemain lain dapat memilih mereka untuk pembiakan.

Gas & Fee CryptoKitties

Mengutip dari laman cryptokitties.co/guide/gas, setiap kali Anda melakukan pembelian, pembiakan, atau membuat/membatalkan lelang, permintaan Anda akan dikirimkan ke penambang di jaringan Ethereum yang menghitung angka-angka dan mengonfirmasi transaksi tersebut.

Untuk layanan tersebut, penambang menerima biaya jaringan yang dibayarkan oleh pengirim permintaan transaksi (perlu dicatat bahwa seluruh biaya ini diberikan kepada penambang).

Biaya tersebut, sering ditulis sebagai “Tx fee”, ditentukan oleh dua faktor, yaitu (1) “Gas Price” transaksi Anda dan (2) jumlah gas yang digunakan untuk memprosesnya. Harga Gas (dalam Gwei) adalah jumlah ether yang ditawarkan per unit gas untuk membayar penambang agar memproses transaksi Anda.

Untuk mengkonversi Gwei menjadi ether, Anda hanya perlu menggeser titik desimal sembilan tempat ke kiri dari nilai Gwei tersebut. Jadi, sebagai contoh, 5 Gwei setara dengan 0.000000005 ether.

“Gas Limit” menetapkan jumlah maksimum daya komputasi yang Anda izinkan penambang gunakan sebelum mereka mencapai batas dan berhenti memproses permintaan Anda. Pada dasarnya, batas gas menciptakan batas atas seberapa banyak ether yang ingin Anda habiskan pada suatu transaksi tertentu sebagai cara untuk menjaga agar biaya tetap wajar.

Dompet seperti MetaMask biasanya menemukan “Gas Limit” optimal dan tidak ada alasan untuk mengubahnya. Untuk menghitung biaya maksimum yang mungkin untuk suatu transaksi, Anda cukup mengalikan harga gas dengan batas gas. Jadi, menggunakan contoh di atas, biaya transaksi maksimum yang mungkin dalam hal ini akan menjadi:

250,000 x 5 Gwei = 250,000 x 0.000000005 = 0.00125 ETH

Apakah Masih CryptoKitties Populer?

Meskipun mungkin terlihat bahwa popularitas permainan ini telah merosot seiring munculnya lebih banyak permainan berbasis NFT, seperti Axie Infinity, Decentraland, dan lainnya, namun sebenarnya game ini masih menikmati tingkat popularitas yang tinggi.

Menurut data dari DappRadar pada tanggal 3 September 2021, nilai transaksi NFT CryptoKitties mencapai sekitar 7,27 juta dolar AS selama periode 24 jam. Jumlah ini merupakan lonjakan yang signifikan dibandingkan dengan aktivitas koleksi pada tahun 2017 yang sebagian besar diabaikan selama lonjakan pasar NFT tahun ini.

Dalam kenyataannya, CryptoKitties telah mengalami peningkatan sebanyak 22.106 persen dari hari ke hari.

cryptokitties

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, CryptoKitties memainkan peran penting dalam menghubungkan dunia permainan dengan teknologi blockchain. Sebagai salah satu permainan blockchain pertama yang sukses, CryptoKitties telah membuka pintu bagi konsep NFT dalam lingkup permainan.

Namun, potensi masa depan CryptoKitties tidak hanya terletak pada daya tarik permainan itu sendiri, tetapi juga dalam kontribusinya terhadap pengenalan teknologi blockchain kepada masyarakat umum.

Pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang mendukung CryptoKitties menunjukkan bahwa konsep ini memiliki potensi untuk terus berkembang. Dengan terus menjelajahi kemungkinan baru dalam dunia blockchain dan game, CryptoKitties akan tetap menjadi contoh bagi perkembangan masa depan di bidang ini.

Baca juga: Minting NFT adalah: Cara Membuat dan Menjualnya [2024]

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE