27 C
Jakarta
Senin, 15 Agustus, 2022

DANA PayLater tidak Bisa Digunakan? Inilah Cara Mengatasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Adakalanya DANA PayLater tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Namun, kamu tidak perlu khawatir ya!

DANA PayLater sendiri menjadi salah satu fitur terbaru dari layanan Dompet Digital DANA yang membuat penggunanya bisa melakukan berbagai macam transaksi di aplikasi DANA dengan sistem Bayar Nanti.

Akan tetapi, penting diketahui bahwa tidak semua pengguna DANA dapat menikmati fasilitas DANA PayLater ini. Artinya, fasilitas yang satu ini hanya akan diberikan pada pelanggan tertentu, utamanya mereka yang telah menjadi member/mencapai level tertentu.

Baca juga: Cara Beli Pulsa Pakai DANA Paylater, Bisa Kapan Aja Loh!

Namun, belakangan ini kabarnya ada beberapa pengguna yang mengaku kalau fasilitas DANA PayLater mereka tidak bisa digunakan. Kalau kamu pernah atau bahkan sedang mengalami masalah serupa maka simak yuk artikel berikut ini.

Sekilas tentang DANA PayLater

DANA PayLater saat ini menjadi salah satu fitur baru yang sangat diminati oleh setiap pengguna paylater di Indonesia. Akan tetapi, memang tidak semua pengguna dapat mengaktifkan DANA PayLater ini. Pasalnya, hanya para pengguna yang telah memenuhi kriteria yang bisa menerima limit DANA PayLater tersebut.

Lewat DANA PayLater, ada banyak jenis transaksi yang dapat dilakukan, di antaranya beli pulsa, paket data, token listrik, dan juga untuk melunasi iuran BPJS setiap bulan. Buat kamu yang sudah berhasil menerima limit dan sudah sering melakukan transaksi pakai DANA PayLater, barangkali kamu akan panik saat layanan ini tidak bisa digunakan.

Penyebab DANA PayLater tidak Bisa Digunakan

Adapun pertanda dari adanya masalah di atas terjadi saat fasilitas DANA PayLater tidak muncul di aplikasi DANA, padahal kamu sudah berhasil mengaktifkan dan menerima limit. 

Di samping itu, juga ada kasus transaksi menggunakan DANA PayLater gagal, padahal saldo atau limit masih mencukupi. Jika suatu waktu kamu mengalami hal itu maka boleh jadi inilah beberapa penyebabnya.

1. Mempunyai Tagihan yang Belum Dibayar

Pertama, DANA PayLater tidak bisa digunakan barangkali karena kamu punya tagihan DANA PayLater yang belum dibayar, padahal telah melewati jatuh tempo. Kalau demikian adanya maka pihak DANA akan membekukan limit sementara sebagai sanksinya.

2. Melanggar Kebijakan DANA PayLater

Kedua, penyebabnya boleh jadi berasal dari pelanggan kebijakan dan privasi yang dilakukan oleh kamu sebagai pengguna. Pelanggaran ini dapat terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Pada intinya, saat terjadi pelanggaran dari pengguna, sistem akan mendeteksi perilaku itu dan segera mengantisipasi dengan cara menangguhkan limit supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan kedua belah pihak.

3. DANA PayLater sedang Gangguan

Ketiga, fasilitas DANA PayLater di aplikasi DANA bisa saja sedang mengalami gangguan. Hal seperti ini memang tidak dapat diprediksi atau bisa terjadi kapan pun tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

dana paylater tidak bisa digunakan

Cara Mengatasi Limit DANA PayLater tidak Bisa Digunakan untuk Transaksi

Berikut ini tata cara mengatasi DANA PayLater tidak dapat digunakan.

Baca juga: Panduan Cara Bayar Tagihan DANA PayLater di BRI, dari ATM hingga BRImo

1. Lunasi Tagihan DANA PayLater yang Tertunggak

Pertama , kamu harus melunasi tunggakan cicilan di DANA PayLater. Kamu bisa bayar DANA PayLater lewat saluran pembayaran yang tersedia ya. Nah, kalau semua tagihan tertunggak sudah dilunasi maka fasilitas DANA PayLater kamu akan bisa lagi digunakan.

2. Hubungi Pusat Bantuan

Kedua, kamu bisa menghubungi Pusat Bantuan DANA via email di alamat [email protected]  atau dengan melakukan panggilan ke nomor 1500 445. Cara yang satu ini efektif untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh pelanggaran kebijakan dan privasi penggunaan layanan DANA PayLater.

3. Hapus Cache Aplikasi

Ketiga, jika DANA PayLater tidak dapat digunakan lantaran adanya error sistem maka untuk mengatasinya kamu dapat melakukan hapus cache aplikasi dengan cara berikut ini:

– Buka menu Settings.

– Pilih Pengaturan Aplikasi.

– Ketuk Kelola Aplikasi.

– Cari aplikasi DANA.

– Setelah itu tap Hapus Data -> Bersihkan Cache.

– Selesai.

Nah, setelah Cache dibersihkan, error di layanan DANA PayLater ini biasanya dapat segera teratasi.

Sekian ulasan tentang DANA PayLater tidak bisa digunakan dan cara untuk mengatasinya. Selamat mencoba ya!

Baca juga: Wajib Tahu! Begini Cara Menggunakan Dana PayLater dan Keuntungannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Beli Tiket Pesawat di Akulaku, Bisa Nyicil Bayarnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli tiket pesawat di Akulaku ini sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang berencana untuk bepergian ke luar kota. Seperti diketahui,...

Cara Top Up OVO lewat ATM Mega, Banyak Keuntungannya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Mega tentu saja perlu kamu ketahui sebab ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh metode ini. Sebagai...

Ketahuilah! Meski Canggih, Tapi Inilah Dampak Negatif Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Meskipun teknologi Metaverse terbilang canggih, namun tetap ada dampak negatif Metaverse tersebut. Bagi para pengguna, mesti tetap memperhatikan dampak-dampak tersebut.  Sebelumnya telah...

Harga Pertalite Mau Jadi Rp10 Ribu, Bahlil: Masih Dihitung

JAKARTA, duniafintech.com – Wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite menjadi Rp10.000/liter kencang berembus belakangan ini. Hal itu pun menuai komentar Menteri Investasi/Kepala...

Wajib Tahu, Inilah Jenis Crypto Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis crypto beserta kelebihan dan kekurangannya perlu untuk Anda pahami. Di dunia ini, mata uang digital bukan hanya bitcoin, namun juga...
LANGUAGE