32.8 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

DELOITTE MENGGUNAKAN BLOCKCHAIN UNTUK MELACAK SERTIFIKAT KAPAL

duniafintech.com – Deloitte, perusahaan multinasional Inggris yang bergerak di bidang audit, perpajakan, consulting, enterprise risk dan layanan penasehat keuangan memilih teknologi Blockchain untuk melacak sertifikat kapal di perairan yang belum dipetakan.

Banyak perusahaan mengkklaim diri bahwa kapal mereka dan struktur lepas pantai tempat mereka melakukan segala kegiatan sudah memenuhi standar keamanan dan lingkungan yang ditentukan. Sayangnya, dokumen yang diterbitkan sebagai bukti bisa saja dipalsukan dan berpotensi merusak sistem. Memeriksa keaslian dokumen lebih lanjut juga dianggap lambat dan tidak praktis.

Bekerja sama dengan DNV GL yang berbasis di Norwegia, Deloitte melihat Blockchain sebagai jawaban atas permasalahan tersebut. Deloitte menciptaklan ID digital dari setiap sertifikat yang disimpan dan dapat diakses lewat Blockchain pribadi. Pendekatan desentralisasi ini dianggap sebagai cara yang tepat mencegah kecurangan sekaligus kerusakan dokumen.

Transformasi Digital

Lory Kahoe, pimpinan EMEA Blockchain Deloitte menyebut bahwa sistem yang sudah digunakan sekarang memerlukan transformasi digital.

“Masih ada bagian yang dikerjakan seacara manual, dan sebagian lagi belum bisa disebut digital,” ucapnya.

Masalahnya, di sistem yang lama, pengguna harus mengakses situs perusahaan dan mengirim email untuk memastikan keaslian sebuah dokumen. Hal ini menurut Renato Grottola, perwakilan DNV GL, bisa dilakukan secara instan dengan Blockchain.

Siapapun bisa dengan mudah memindai QR code yang tertera pada sertifikat untuk memeriksa keabsahannya. Verifikasi juga dapat dilakukan dengan cepat melalui ponsel,” ungkap Grottola.

Karena data asli disimpan dan selalu diperbarui di Blockchain, jika sertifikatnya palsu maka akan langsung ketahuan.

Solusi ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 23 September lalu, dengan 90.000 sertifikat saat ini sudah berada di dalam Blockchain pribadi.

Keberhasilan ini bisa dibilang cukup cepat, dan respon yang kami terima sejauh ini positif,” imbuh Grottola.

Source: coindesk.com

 Written by : Dita Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU