29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Deretan Kampus di Dunia yang Punya Jurusan Fintech, Juga Ada dari Negeri Jiran!

JAKARTA, duniafintech.com – Perkembangan pesat dari Financial Technology (fintech) yang kini menjadi bagian dari industri jasa keuangan, memang tidak dapat disangsikan lagi.

Hal itu pun mengingat banyaknya yang saat ini telah menggunakan perbankan online dan perdagangan mata uang kripto yang menjadi kian populer. Bukan itu saja, ekosistem startup di bidang fintech juga semakin melejit.

Dengan demikian, bidang fintech jelas saja akan sangat berguna pad era digitalisasi saat ini. Oleh sebab itu, ada beberapa kampus  dunia yang telah mulai menyediakan jurusan fintech dalam rangka menghasilkan bibit-bibit berkualitas di bidang tersebut.

Mengutip berbagai sumber, setidaknya ada empat (4) kampus di dunia yang saat ini telah menawarkan jurusan fintech. Apa saja ya universitas yang menawarkan jurusan industri jasa keuangan yang kekinian tersebut?

Berikut ini daftarnya.

  1. University of Sussex Business School

University of Sussex Business School di Inggris menjadi yang pertama di daftar ini. Kampus yang satu ini diketahui menawarkan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dalam mempelajari fintech dengan pengembangan keterampilan kuantitatif dan analitis serta kemampuan pengkodean dan pemrograman.

Bukan hanya itu, University of Sussex Business School pun diketahui memberikan akses ke Bloomberg Financial Markets yang berlokasi di Business School dan ke platform layanan Thomson Reuters.

Tak ayal, hal itu akan membuat seseorang yang berminat di bidang finansial yang satu ini untuk mengambil bagian dalam simulasi keuangan dan perdagangan real-time yang diawasi oleh para ahli akademisi dan pelaku industri.

  1. Asia Pacific University of Technology & Innovation

Di daftar berikutnya, ada nama Asia Pacific University of Technology & Innovation (APU) di Malaysia.

Kampus yang satu ini diketahui punya spesialisasi jurusan Teknologi Keuangan yang dirancang untuk memberikan mahasiswanya keunggulan dengan teknologi terbaru dan sejalan dengan industri 4.0.

  1. The University of Hong Kong

Selanjutnya, kampus yang menawarkan jurusan fintech adalah The University of Hong Kong. Di kampus ini, terdapat peminatan seni dan ilmu pengetahuan teknologi yang bakal mengajari cara untuk memelihara teknologi keuangan dan pengusaha dengan pengetahuan penting di bidang keuangan dan teknologi.

Ke depannya, mahasiswa jebolan kampus ini bisa mengambil peran utama dalam inovasi dan aplikasi teknologi keuangan. Adapun jurusan kedua di The University of Hong Kong yang juga mempelajari fintech, yakni jurusan fintech yang mengacu pada penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam layanan keuangan.

Jurusan kedua ini merupakan bidang interdisipliner yang baru muncul, dengan dampak yang sangat tinggi terhadap ekonomi setiap masyarakat.

  1. City University of Hong Kong

Terakhir di daftar ini, ada nama City University of Hong Kong, dengan jurusan Keuangan Komputasi dan Teknologi Keuangan.

Kampus ini punya tujuan utama untuk memberikan para siswanya dengan penelitian yang solid, kuantitatif, dan pelatihan teknologi di bidang keuangan.

Di universitas ini, mahasiswa pun bisa memperluas pembelajaran dengan mengambil kursus yang berkaitan dengan keuangan komputasi dan teknologi keuangan.

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU