26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Digitalisasi Keuangan jadi Jurus DANA di Kepulauan Natuna

JAKARTA, duniafintech.com – Jurus DANA hadirkan digitalisasi keuangan di Kepulauan Natuna yang dikenal memiliki potensi berlimpah baik alam maupun UMKM.

Kelestarian alam, migas, hingga perikanannya ikut memajukan berbagai sektor dari pariwisata, perdagangan, hingga kelautan. Digitalisasi keuangan, potensi ini ikut mempengaruhi bertumbuhnya kewirausahaan di Kepulauan Natuna yang kini mencapai lebih dari 5.650 UMKM pada tahun 2021[1].

Berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) juga tidak menghalangi Kepulauan Natuna untuk memperkuat daya saing. Sebaliknya, Kepulauan Natuna terus berkembang seiring dengan munculnya berbagai dukungan dari Pemerintah, termasuk dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang menyediakan infrastruktur telekomunikasi, Palapa Ring, sehingga masyarakat Natuna sekarang sudah merdeka internet.

Terkait digitalisasi keuangan, Kepulauan Natuna terus mengembangkan dirinya dengan menghadirkan inovasi masyarakat lokal melalui NatunaMart hingga mengadopsi sistem pembayaran QRIS.

Baca juga: Kolaborasi OJK dan Kemenkominfo Perkuat Digitalisasi Sektor Keuangan

Melihat semangat kemandirian masyarakat di Kepulauan Natuna, DANA sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital (digitalisasi keuangan) yang terus memberdayakan lebih dari 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis, ikut berpartisipasi aktif dalam memperluas akses layanan keuangan digital di Kepulauan Natuna selama setahun terakhir.

Sejak tahun lalu terkait digitalisasi keuangan, DANA telah bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Natuna, menjadi mitra yang dipercaya untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat, memfasilitasi transaksi nontunai di aplikasi NatunaMart melalui QRIS, serta memperkaya pengetahuan UMKM lewat pendampingan mengenai kewirausahaan di era digital.

Puncaknya, DANA menginisiasi sekaligus mempersiapkan Kepulauan Natuna menjadi Kepulauan Digital (digitalisasi keuangan) lewat pencanangan Natuna Digital Islands pada 16 Oktober 2022.

digitalisasi keuangan

Digitalisasi Keuangan ala DANA – Bantu Perkembangan UMKM

Inisiatif DANA untuk memberdayakan Kepulauan Natuna lewat teknologi yang inklusif juga mendapat dukungan oleh segenap pemangku kepentingan di daerah dan juga pusat. Pencanangan yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Pantai Piwang, Kabupaten Natuna, ini dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kabupaten Natuna.

Hadir juga jajaran dari Kementerian/Lembaga, antara lain Bank Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Kementerian Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi.

Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi yang turut didampingi oleh Wakil Bupati Kabupaten Natuna, Rodhial Huna menjelaskan Kabupaten Natuna semakin hari, semakin maju dengan berbagai inovasi, serta pembangunan di berbagai sektor.

“Kehadiran DANA di Natuna juga merupakan indikator majunya Kabupaten Natuna dengan mengoptimalkan era digital untuk transaksi keuangan, baik untuk transfer, maupun jual beli barang.” kata Wan Siswandi, Bupati Kabupaten Natuna.

Keunikan dari ekosistem digital (digitalisasi keuangan) di pulau terdepan ini dibuktikan dengan munculnya startup lokal besutan putra-putri daerah Natuna yang dikenal dengan NatunaMart.

Mengamini kemajuan ini, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, M. Riza Damanik berharap makin banyak UMKM yang dapat go digital sesuai dengan kearifan lokal. Senada dengan semangat digitalisasi dan inklusi keuangan, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia, Dudi Dermawan mengapresiasi gerakan nontunai yang dilakukan oleh DANA dan menggandeng pelaku lokal, guna terus mensosialisasikan penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran unggulan bagi UMKM.

Baca juga: Bidik Digitalisasi UMKM, Startup ini Tawarkan Solusi Pengelolaan Keuangan

Semangat serupa dalam meningkatkan kemandirian UMKM di Kepulauan Natuna melalui akses layanan keuangan digital yang lebih inklusif.

“Pencanangan ini adalah momentum untuk melihat digitalisasi sebagai salah satu solusi perekonomian secara menyeluruh, mendistribusikan manfaat kepada daerah-daerah terdepan di Indonesia. Kami juga berterima kasih kepada seluruh pemangku di ekosistem digital, karena lewat dukungannya kita dapat berselancar di internet dengan mudah dan cepat di Natuna. Besar harapan kami agar kolaborasi sinergi antara pelaku usaha yang mendukung UMKM lokal dapat diperluas ke wilayah-wilayah lain di Indonesia dan memberikan bukti bahwa digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi lokal ke depannya. Semoga orang-orang semakin tertarik untuk berkunjung ke Natuna, wilayah yang penuh potensi ini.” kata Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia.

Selama acara peresmian, DANA menyiapkan beberapa program menarik untuk meningkatkan adopsi sekaligus mengedukasi manfaat dompet digital. Selain memberikan wadah bagi Jurangan UMKM DANA – UMKM yang telah mendapat pendampingan digitalisasi dan wirausaha dari DANA – untuk memperlihatkan produk kuliner terpilih dalam ‘Pojok Kuliner Rakyat’, DANA juga menyiapkan penghargaan khusus bagi 10 UMKM NatunaMart dan 3 Driver NatunaMart Teratas.

Guna mendukung terwujudnya Natuna Digital Islands (digitalisasi keuangan) yang berkelanjutan, DANA juga merangkul Smartfren sebagai mitra telekomunikasi. Lewat partisipasi seluruh pelaku ekosistem ekonomi digital dari hulu ke hilir, DANA optimistis mampu mewujudkan kemandirian bagi seluruh masyarakat Kepulauan Natuna dan menggerakkan pertumbuhan perekonomian lokal maupun nasional. Sehingga kisah sukses di Natuna dapat diaplikasikan ke daerah-daerah terluar lainnya.

Baca jugaKerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE