32.4 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

E-Mas Mandiri Syariah Mobile, Inilah Fitur-fiturnya

JAKARTA, duniafintech.com – E-Mas Mandiri Syariah Mobile pada dasarnya hadir menjembatani investasi emas digital yang kian diminati oleh masyarakat, khususnya millenial. 

Adapun e-Mas Bank Mandiri Syariah ini menjadi fitur di aplikasi Mandiri Syariah Mobile (MSM) yang diluncurkan pada bulan November 2020 lalu.

Aplikasi ini pun tidak hanya melayani transaksi jual beli emas, tetapi juga gadai emas yang atraktif.

Nah, untuk lebih mengetahui tentang fitur-fiturnya, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Token Mandiri Terkunci: Alasan Hingga Cara Mengatasinya

ISFF 2023 INDODAX

Sekilas tentang E-Mas Mandiri Syariah Mobile

Bagi nasabah e-Mas, Mandiri Syariah diketahui memberikan kemudahan melalui buka rekening secara online melalui fitur Buka Rekening Online.

Selanjutnya, nasabah pun bisa mengunduh (download) aplikasi MSM dari Google Play Store atau Apple Store dan nikmati fitur e-Mas. Aktivasi aplikasi bisa dilakukan secara mandiri oleh nasabah di aplikasi MSM tanpa harus ke kantor cabang. 

Setelah itu, nasabah bisa langsung menikmati fitur e-Mas dan fitur-fitur unggulan lain di aplikasi MSM.

Mandiri Syariah pun memastikan layanan kepemilikan emas dan gadai emas melalui fitur e-Mas di aplikasi MSM sudah sesuai kaidah syariah. Emas yang diperjualbelikan merupakan emas milik bank di mana bank mendapatkan margin atas jual beli tersebut.

Fisik emas yang dibeli nasabah akan disimpan oleh bank. Bank pun tidak akan mengalihkan hak atau memanfaatkan atas emas milik nasabah tersebut.

Demikian halnya untuk Gadai Emas. Pembiayaan yang Mandiri Syariah berikan adalah pembiayaan qardh beragun emas. Qardh sendiri merupakan transaksi pinjam meminjam tanpa imbalan di mana nasabah berkewajiban mengembalikan pinjamannya dalam rentang waktu tertentu.

Dalam pembiayaan qardh beragun emas, pembiayaan menggunakan akad qardh dengan agunan berupa emas yang diikat dengan akad rahn, dimana emas yang diagunkan disimpan dan dipelihara oleh bank selama jangka waktu tertentu.

Fitur di E-Mas Mandiri Syariah Mobile

1. Fitur e-Mas

Fitur e-Mas sendiri memiliki dua layanan utama yaitu e-Mas dan Gadai Emas. Untuk nasabah yang memiliki rencana keuangan tertentu, platform ini sangat cocok Anda gunakan karena melindungi nilai simpanan nasabah. Pembelian emas dalam platform ini juga terjangkau dimulai dari Rp 50.000 saja.

Untuk dapat menggunakan fitur e-Mas pada aplikasi MSM ini Anda harus memiliki rekening Mandiri Syariah, baik Tabungan Mudharabah maupun Tabungan Wadiah.

Untuk pembelian emas, Anda bisa langsung mendebet dana dari rekening Anda tersebut dan bebas biaya.

Baca juga: Cara Investasi di Livin Mandiri: Simak Keuntungan dan Resiko!

E-Mas Mandiri Syariah Mobile

Anda juga bisa mencetak emas yang telah Anda kumpulkan minimal 2 gram. Cetak fisik emas bisa dilakukan di kantor cabang Mandiri Syariah dengan membawa dokumen sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

2. Fitur Gadai Emas

Selain e-Mas, bagi Anda yang membutuhkan pembiayaan dan memiliki aset emas berupa emas lantakan/batangan, perhiasan, atau koin/dinar dengan kartase antara 16 hingga 24 karat, layanan Gadai Emas dalam fitur e-Mas bisa menjadi solusi Anda.

Untuk pengajuan gadai emas ini, Anda bisa langsung datang ke Bank Mandiri Syariah terdekat atau menggunakan layanan pick-up.

Tidak perlu khawatir dengan layanan pick yang ditawarkan sebab Bank Mandiri Syariah telah membekali petugas dengan surat tugas serta identitas.

Dalam fitur ini, Anda bisa mengajukan pembiayaan Gadai Emas mulai dari Rp500 ribu hingga Rp250 juta dengan rentang pembiayaan selama 4 bulan dan dapat diperpanjang.

Perlu digaris bawahi pula beberapa fitur yang ditawarkan Bank Mandiri Syariah diatas sudah dipastikan sesuai dengan kaidah syariah.

Baca juga: Cara Beli Emas Antam via ATM Mandiri Mudah dan Cepat

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE