30.2 C
Jakarta
Selasa, 16 Juli, 2024

Inilah 7 Pilihan E-Toll Card Terbaik yang Wajib Dimiliki

Pada dasarnya, E-Toll Card bisa digunakan untuk apa saja, tetapi tidak semua orang mengetahuinya. Di sisi lain, membayar tol dengan kartu e-toll  ini kini menjadi kewajiban resmi yang mulai diterapkan di semua gerbang jalan tol sejak 31 Oktober 2017.

Pembayaran tol sendiri sudah diresmikan mesti memakai kartu e-toll sehingga semua pintu tol harus menggunakan sistem cashless atau nontunai. Kartu e-toll ini pun menjadi pengganti bayar masuk pintu tol yang sebelumnya menggunakan uang tunai.

Apa Itu E-Toll Card

Disebut juga dengan kartu e-money alias uang elektronik, kartu e-toll adalah kartu yang memiliki fungsi sebagai uang digital.  Fungsi e-money sendiri adalah memindahkan data saldo yang ada di kartu uang elektronik milik Anda ke komputer atau sistem informasi penjualan.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam membayar tanpa harus mengeluarkan uang bentuk fisik. Kartu e-toll ini juga boleh dikatakan sebagai kartu prabayar pintar sebab di samping dapat dipakai untuk membayar di semua gerbang jalan tol, kartu ini juga bisa digunakan untuk transaksi di luar gerbang tol.

Adapun saldo yang ada di kartu e-money ini juga dapat diisi ulang dan bisa dipindahtangankan. Dari fungsinya, kartu ini juga akan sangat membantu mengurangi pemakaian uang tunai. 

Di samping itu, pembayaran ketika di jalan tol akan menjadi lebih cepat ketimbang dengan uang tunai. Antrean panjang di gerbang pembayaran tol bahkan kini sudah sangat jarang ditemui.

Penggunaan E-Toll Card

Bukan hanya bisa digunakan di jalan tol, kartu ini pun bisa dipakai di sejumlah merchan,  seperti minimarket, SPBU, loket stasiun kereta, bus APTB atau Transjakarta. Gerbang-gerbang tol pun selama ini masih memisahkan antara pintu dengan sistem pembayaran tunai dan nontunai, tetapi sekarang pintu tol sudah berganti menjadi gerbang tol otomatis (GTO).

Dengan demikian, Anda hanya perlu menempelkan kartu ini di mesin yang tersedia. Lalu, setelah pembayaran, portal GTO akan langsung terbuka.

Pilihan Kartu E-Toll Terbaik

  1. Kartu e-Toll dari BPJT

Adapun kartu e-money yang dikeluarkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) ini diterbitkan berdasarkan hasil kerja sama Bank Mandiri dengan pengelola jalan tol. Terdapat sejumlah pengelola yang ikut bekerja sama, yakni Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti, dan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.

Terkait penggunaannya, Anda hanya perlu menempelkan uang elektronik ini ke mesin reader gerbang tol, kemudian saldo Anda bakal berkurang secara otomatis. Di samping untuk pembayaran tol, kartu e-toll ini pun dapat Anda pakai untuk berbelanja di lokasi-lokasi yang terkoneksi dengan Mandiri e-money.

Lantas, E-Toll card ini bisa beli di mana? Anda bisa membelinya di Bank Mandiri ataupun di outlet Indomaret di wilayah Jabodetabek.  Untuk membelinya, Anda pun tidak perlu menjadi nasabah terlebih dahulu. Adapun kartu ini juga dijual murah, yaitu hanya Rp20 ribu di luar isi saldo.

Di samping e-Toll, Bank Mandiri pun diketahui mengeluarkan e-Money, Indomaret Card, dan Gaz Card, yang seluruhnya itu dapat dipakai untuk bayar tol. Meski demikian, tentu saja ada perbedaan di antara masing-masing jenis kartu ini, sesuai dengan fungsinya.

  1. BNI Tap Cash

Uang elektronik prabayar bernama TapCash dihadirkan oleh Bank BNI. Adapun gerbang tol yang menerima kartu ini di sejumlah ruas di Jabodetabek, antara lain, di tol dalam kota, seperti Jakarta—Tangerang, Meruya—Ulujami, tol Bogor Selatan (BORR), dan JORR.

Sementara itu, di luar Jabodetabek, bisa juga seperti di tol Cipali, tol Makassar, tol Bali—Mandara, tol Semarang, tol Surabaya, tol Medan, tol Palimanan—Brebes Timur, tol Palimanan—Purbaleunyi, dan tol Cikarang—Purbaleunyi.  Di samping untuk pembayaran tol  TapCash, Anda pun dapat menggunakannya di merchant-merchant kerjasama BNI, seperti bus Transjakarta, commuter line, minimarket, dan tempat wisata. 

Anda bisa memperoleh kartu ini di kantor cabang BNI dan outlet tertentu. Untuk maksimum saldonya pada BNI Tapcash ini adalah Rp2 juta. 

  1. Flazz BCA

Kartu Flazz adalah produk e-money dari Bank BCA. Dulunya, tidak semua gerbang tol dapat ditembus dengan kartu Flazz, tetapi sekarang ini kartu e-toll ini bisa digunakan di seluruh ruas tol Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Makassar, dan Medan. 

SAKSIKAN VIDEO BERIKUT

 

Adapun kartu uang elektronik keluaran bank BCA ini sangat multifungsi. Pasalnya, di samping untuk pembayaran gerbang tol, kartu ini pun dapat digunakan di minimarket, supermarket, SPBU, parkir, toko buku, tempat rekreasi, transportasi umum, dan banyak jenis merchant lainnya. 

Untuk mendapatkan kartu ini bisa langsung ke BCA atau Alfamart. Kartu ini pun dapat diisi ulang minimal Rp20 ribu dan maksimal Rp2 juta. 

  1. Brizzi BRI

Produk dari BRI bernama Brizzi ini memang pemain baru di sektor pembayaran non-tunai. Untuk transaksinya sendiri dilakukan dengan teknologi chip, dengan saldo maksimum Rp2 juta dan minimum Rp20 ribu. Brizzi kini dapat dipakai untuk pembayaran tol di Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, Palikanci, Bali, Surabaya, dan Makassar. 

Di samping itu, kartu ini pun dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum (Transjakarta, commuter line, dan sebagainya), pembayaran SPBU, e-parking, berbagai wahana dan hiburan serta di toko-toko retail. Cara mendapatkan kartu ini juga gampang, yakni Anda bisa langsung ke Bank BRI, minimarket, vending machine e-money, dan merchant online. 

  1. Blink BTN

BTN pun ikut e-toll card lewat produk Blink. Kartu dengan segudang manfaat ini dapat dipakai di mesin EDC yang dimiliki bank pemerintah lainnya, termasuk BRI, Mandiri, dan BNI.

Blink sendiri menawarkan kemudahan bertransaksi di era cashless saat ini untuk pembayaran jalan bebas hambatan atau tol. Sebagaimana bank lainnya, kartu ini pun dapat dipakai untuk transaksi pembayaran di luar gerbang tol, seperti di toko retail, transportasi umum, SPBU, wahana hiburan, dan restoran berlogo e-money BTN Blink. 

  1. Gaz Card

Adapun kartu prabayar pintar yang satu ini merupakan buah kerja sama Bank Mandiri dengan Pertamina. Ditinjau dari namanya, kartu ini seakan-akan punya fungsi untuk pembelian bahan bakar di Pertamina saja. Padahal, kartu ini pun dapat digunakan di gerbang tol.

Untuk isi e-toll atau top up GazCard ini dapat Anda lakukan di seluruh cabang Bank Mandiri di Jabodetabek, outlet Indomaret, dan self service EDC di sejumlah lokasi. Adapun batas maksimal saldo kartu nirsentuh ini adalah Rp1 juta dan minimal saldo Rp10 ribu. GazCard juga punya masa berlaku kartu selama lima tahun. 

  1. Indomaret Card

Dalam rangka kampanye cashless, Bank Mandiri bekerja sama dengan Indomaret menerbitkan kartu e-money bernama Indomaret Card. Kartu multifungsi ini juga bisa digunakan untuk bayar tol dan bus Trans di Jakarta, Yogyakarta, dan Solo. 

Indomaret Card ini bahkan juga bisa Anda pakai untuk pembayaran telepon dan listrik, SPBU Pertamina, commuter line, Secure Parking, dan tentu saja berbelanja di Indomaret serta merchant berlogo e-money. 

Kelebihan berbelanja dengan kartu ini di Indomaret adalah Anda akan memperoleh diskon khusus. Untuk batas minimum saldo Indomaret Card senilai Rp10 ribu dan maksimal Rp1 juta.

Pengisian saldonya bisa dilakukan di gerai-gerai Indomaret bertanda khusus, ATM Mandiri, Mandiri SMS, atau Mandiri internet. 

Cara Cek Saldo

  1. Cek saldo di mesin ATM
  • Tekan tombol warna hijau yang ada pada mesin ATM 
  • Pilih menu “e-money”
  • Pilih menu “e-Toll”
  • Tempelkan kartu e-Toll pada panel yang tersedia dan tunggu beberapa saat 
  • Jumlah saldo e-Toll Anda bakal terlihat di layar ATM. 
  1. Via Layanan Internet Banking

Dalam hal ini, contoh pengisian saldo kartu e-toll ini dengan layanan internet Bank Mandiri, dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke laman Internet Banking Mandiri lewat handphone atau laptop Anda. 
  • Login dengan ketik User ID dan juga PIN Anda
  • Pilih menu “e-Toll” 
  • Pilih menu “Informasi Saldo” 
  • Ketik 16 angka yang ada pada kartu e-toll Anda dan pilih menu “Kirim” untuk tahu berapa saldo Anda
  • Kemudian halaman website akan menunjukkan saldo e-Toll Anda
  1. Dengan Layanan mobile
  • Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi dan menginstal Mandiri e-Money pada ponsel Anda
  • Buka aplikasi tersebut di ponsel Anda 
  • Tempel kartu e-toll di bagian belakang ponsel dan tunggu sebentar 
  • Layar ponsel Anda akan segera menunjukkan jumlah saldo e-toll Anda 

Demikianlah uraian mengenai e-toll card yang penting untuk Anda ketahui. Sebagaimana dijelaskan di atas, kartu ini tidak hanya bisa dipakai untuk bayar tol sebab jika Anda ingin berbelanja di minimarket, beli bensin, hingga masuk taman hiburan, juga bisa dengan kartu ini.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU