27.8 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Emas Putih vs Emas Kuning, Perbedaan Investasi dan Komposisi

JAKARTA, duniafintech.com – Emas Putih vs Emas Kuning perbedaan investasi dan komposisi adalah dua varian emas yang memiliki perbedaan dalam komposisi dan penampilan. Selain itu, emas putih dan emas kuning adalah dua jenis perhiasan emas yang paling populer.

Pilihan antara emas putih dan emas kuning tergantung pada preferensi pribadi, anggaran, dan apakah seseorang memiliki alergi terhadap logam tertentu.

Beberapa orang mungkin lebih suka tampilan bersinar dari emas putih, sementara yang lain mungkin menyukai kehangatan warna tradisional dari emas kuning. Berikut ulasannya:

Perbandingan Emas Putih vs Emas Kuning

Perbedaan utama antara emas putih dan emas kuning adalah warnanya. Emas putih memiliki warna putih atau abu-abu, sedangkan emas kuning memiliki warna kuning yang khas.

Perbedaan lain antara emas putih dan emas kuning adalah kandungan logam mulianya. Emas putih biasanya terdiri dari 75% emas dan 25% logam mulia lain, seperti perak atau palladium. Sedangkan emas kuning memiliki kandungan emas murni di atas 75%, sisanya adalah tembaga dan seng.

Berikut adalah tabel yang membandingkan emas putih dan emas kuning:

Karakteristik Emas Putih Emas Kuning
Warna Putih atau abu-abu Kuning
Kandungan emas 75% emas dan 25% logam mulia lain 75% emas murni dan 25% tembaga dan seng
Ketahanan Lebih tahan terhadap goresan Lebih rentan terhadap goresan
Harga Lebih murah Lebih mahal
Nilai jual Lebih rendah Lebih tinggi

Emas putih biasanya dipilih oleh orang-orang yang menyukai perhiasan dengan warna yang netral. Emas putih juga lebih tahan terhadap goresan daripada emas kuning, sehingga cocok untuk perhiasan yang sering digunakan. Namun, emas putih lebih murah daripada emas kuning dan memiliki nilai jual yang lebih rendah.

Baca juga: Perbedaan Emas Putih dan Perak: Simak Faktor Perbedaan Harga

Emas kuning biasanya dipilih oleh orang-orang yang menyukai perhiasan dengan warna yang cerah dan klasik. Emas kuning juga memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada emas putih, sehingga cocok untuk investasi. Namun, emas kuning lebih rentan terhadap goresan daripada emas putih.

Pada akhirnya, pilihan antara emas putih dan emas kuning adalah masalah selera. Kedua jenis emas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

Perbedaan Emas vs Emas Kuning Komposisi hingga Perawatan

Emas Putih:

  1. Komposisi:
    • Emas putih terbuat dari campuran emas murni dengan logam tambahan, seperti paladium, nikel, atau perak. Terkadang, lapisan logam putih, seperti rodium, juga dapat ditambahkan untuk memberikan kilauan ekstra.
  2. Warna:
    • Emas putih memiliki warna yang lebih netral atau keperakan dibandingkan dengan emas kuning. Hal ini disebabkan oleh logam tambahan yang memberikan warna putih atau perak.
  3. Alergi:
    • Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap logam tambahan seperti nikel yang sering digunakan dalam emas putih. Orang dengan kulit sensitif perlu memperhatikan komposisi untuk menghindari reaksi alergi.
  4. Harga:
    • Emas putih biasanya lebih mahal daripada emas kuning. Biayanya dapat lebih tinggi karena penggunaan logam tambahan seperti paladium atau platinum.
  5. Perawatan:
    • Emas putih mungkin membutuhkan perawatan lebih lanjut karena lapisan rodiumnya bisa memudar seiring waktu. Pembaruan lapisan ini dapat diperlukan untuk mempertahankan kilauan putihnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu? Simak Yuk di Sini

Emas Kuning:

  1. Komposisi:
    • Emas kuning terdiri dari campuran emas murni dengan logam tambahan seperti tembaga atau perak. Komposisi ini memberikan warna kuning karakteristik pada emas ini.
  2. Warna:
    • Emas kuning dikenal karena warna kuning atau keemasannya yang khas. Ini disebabkan oleh kandungan tembaga atau perak yang memberikan warna tersebut.
  3. Alergi:
    • Emas kuning cenderung lebih baik bagi mereka yang rentan terhadap alergi karena tidak mengandung nikel, yang sering menjadi pemicu reaksi alergi.
  4. Harga:
    • Umumnya, emas kuning lebih terjangkau daripada emas putih karena tidak melibatkan logam-logam langka seperti paladium atau platinum.
  5. Perawatan:
    • Emas kuning biasanya memerlukan perawatan minimal. Warna kuningnya dapat memudar seiring waktu, tetapi kebanyakan orang menemukan bahwa itu menambah karakter dan keunikan emas.

Baca juga: Cara Mengetahui Kadar Emas Perhiasan dan Cara Bedakan Emas Asli atau Palsu

Perbedaan Investasi Emas Putih vs Emas Kuning

  1. Komposisi Logam:
    • Emas Kuning: Emas kuning murni terdiri dari emas dan sejumlah kecil logam lain, biasanya tembaga dan perak. Campuran ini memberikan emas kuning warna karakteristiknya.
    • Emas Putih: Emas putih juga mengandung emas, tetapi untuk mencapai warna putihnya, logam tambahan seperti paladium, nikel, atau perak ditambahkan. Beberapa emas putih juga dilapisi dengan rodium untuk mendapatkan kilau dan tampilan yang lebih bersih.
  2. Warna dan Penampilan:
    • Emas Kuning: Memiliki warna kuning khas yang dihasilkan oleh logam tambahan seperti tembaga. Warna ini memberikan sentuhan tradisional dan hangat.
    • Emas Putih: Memiliki warna putih atau abu-abu pucat, yang memberikan penampilan yang lebih modern dan netral. Penambahan logam seperti paladium membuatnya lebih putih daripada emas kuning.
  3. Alergi dan Kulit Sensitif:
    • Emas Kuning: Biasanya lebih baik bagi orang dengan kulit sensitif atau alergi karena tidak mengandung nikel.
    • Emas Putih: Dapat menyebabkan masalah bagi mereka yang memiliki alergi terhadap nikel. Sebagian besar emas putih modern diproduksi tanpa nikel untuk mengatasi masalah ini.
  4. Perawatan:
    • Emas Kuning: Memerlukan perawatan minimal dan mungkin tidak mengalami perubahan warna atau kilau seiring waktu.
    • Emas Putih: Dapat memerlukan perawatan tambahan karena lapisan rodiumnya dapat memudar seiring waktu. Dalam beberapa tahun, emas putih mungkin perlu direplating dengan rodium untuk mempertahankan warna putihnya.
  5. Harga:
    • Emas Kuning: Biasanya lebih terjangkau daripada emas putih karena tidak melibatkan logam langka seperti paladium.
    • Emas Putih: Harga emas putih bisa lebih tinggi karena campuran dengan logam tambahan yang mungkin lebih mahal.
  6. Keunikan dan Gaya:
    • Emas Kuning: Dianggap oleh beberapa orang sebagai simbol tradisi dan kehangatan.
    • Emas Putih: Memberikan tampilan yang lebih modern, bersih, dan dapat menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang berbeda.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu? Simak Yuk di Sini

Pemilihan antara emas putih dan emas kuning tergantung pada preferensi pribadi, gaya, dan anggaran. Sebelum memutuskan, pertimbangkan faktor-faktor ini serta keperluan dan harapan Anda terhadap investasi emas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE