29.8 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

ETF Bitcoin Spot Kesebelas Hadir: Hashdex Melakukan Konversi Dana

Jakarta, 28 Maret 2024 – Pasar ETF Bitcoin kedatangan anggota baru, yaitu Hashdex Bitcoin ETF (DEFI). Dana ini sebelumnya bernama Hashdex Bitcoin Futures ETF, dan telah diubah menjadi ETF Bitcoin Spot melalui konversi dana.

Dengan masuknya DEFI, kini terdapat sebelas ETF Bitcoin Spot yang tersedia di pasar. Hal ini menandakan pertumbuhan minat investor terhadap aset kripto, khususnya Bitcoin.

Analis ETF senior di Bloomberg, Eric Balchunas, mengomentari bahwa meskipun DEFI terlambat memasuki pasar, langkah ini tetap menjanjikan. Ia melihat potensi besar pada ETF Bitcoin Spot, dan DEFI dapat menjadi pilihan menarik bagi investor yang ingin mendapatkan eksposur langsung ke Bitcoin.

Perubahan DEFI menjadi ETF Bitcoin Spot membawa beberapa keuntungan bagi investor, antara lain:

  • Biaya lebih rendah: DEFI memiliki rasio biaya 0,65%, lebih rendah dibandingkan ETF Bitcoin Futures yang umumnya memiliki rasio biaya 1%.
  • Eksposur langsung ke Bitcoin: DEFI berinvestasi langsung di Bitcoin, sehingga investor mendapatkan keuntungan langsung dari pergerakan harga Bitcoin.
  • Diversifikasi: ETF Bitcoin Spot dapat menjadi pilihan diversifikasi bagi portofolio investasi tradisional.

Meskipun Bitcoin Spot menawarkan kemudahan akses bagi investor, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan aset kripto. Bitcoin terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi, sehingga investor perlu berhati-hati dan melakukan riset sebelum berinvestasi.

Berikut beberapa poin penting terkait ETF Bitcoin Spot DEFI:

  • Nama: Hashdex Bitcoin ETF (DEFI)
  • Sebelumnya: Hashdex Bitcoin Futures ETF
  • Tipe: ETF Bitcoin Spot
  • Biaya: 0,65%
  • Keuntungan: Biaya lebih rendah, eksposur langsung ke Bitcoin, diversifikasi
  • Risiko: Volatilitas tinggi

DEFI menjadi pilihan baru bagi investor yang ingin mendapatkan eksposur langsung ke Bitcoin dengan biaya lebih rendah. Meskipun menawarkan kemudahan akses, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan aset kripto sebelum berinvestasi.

Dampak Konversi Hashdex Bitcoin Futures ETF Menjadi ETF Bitcoin Spot

Konversi Hashdex Bitcoin Futures ETF (HASH11) menjadi Hashdex Bitcoin ETF (DEFI) membawa beberapa dampak bagi pasar dan investor:

1. Meningkatkan Aksesibilitas Bitcoin:

DEFI menawarkan eksposur langsung ke Bitcoin, berbeda dengan HASH11 yang berinvestasi di kontrak berjangka Bitcoin. Hal ini memudahkan investor yang ingin berinvestasi langsung di Bitcoin tanpa perlu memahami kompleksitas kontrak berjangka.

2. Memperkuat Pasar ETF Bitcoin Spot:

Masuknya DEFI menambah daftar ETF Bitcoin Spot yang tersedia di pasar. Hal ini meningkatkan likuiditas dan pilihan bagi investor, serta memperkuat legitimasi pasar ETF Bitcoin Spot.

3. Biaya Lebih Rendah:

DEFI memiliki rasio biaya 0,65%, lebih rendah dibandingkan HASH11 yang memiliki rasio biaya 1%. Biaya yang lebih rendah dapat menarik investor yang ingin memaksimalkan keuntungan mereka.

4. Diversifikasi Portofolio:

DEFI dapat menjadi pilihan diversifikasi bagi investor yang ingin menambahkan aset kripto ke portofolio tradisional. Bitcoin memiliki korelasi yang rendah dengan aset tradisional, sehingga dapat membantu mengurangi risiko portofolio secara keseluruhan.

5. Potensi Volatilitas Tinggi:

Investor perlu berhati-hati terhadap volatilitas tinggi Bitcoin. DEFI memberikan eksposur langsung ke Bitcoin, sehingga nilainya dapat berfluktuasi secara signifikan dalam jangka pendek.

Konversi HASH11 menjadi DEFI memberikan dampak positif bagi pasar dan investor. DEFI menawarkan aksesibilitas yang lebih baik ke Bitcoin, biaya yang lebih rendah, dan potensi diversifikasi portofolio. Namun, investor perlu aware dengan volatilitas tinggi Bitcoin.

Iklan

ARTIKEL TERBARU