29.3 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Event Olahraga & Lingkungan Gunakan Tiket NFT Demi Cegah Calo dan Bot

JAKARTA, duniafintech.com – Non-Fungible Token atau dikenal dengan singkatan NFT merupakan suatu kategori aset yang sempat meraih perhatian dunia karena transaksi bulanannya dapat mencapai miliaran dollar AS. Non-Fungible merupakan aset digital dalam blockchain yang mewakili suatu barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan. Non-Fungible sering merepresentasikan gambar atau karya unik yang dibuat oleh kreator untuk dijual-belikan pada pasar NFT. Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan Non-Fungible kian berkembang. Bukan hanya pada dunia seni, Non-Fungible juga dapat dimanfaatkan pada acara olahraga dan pelestarian alam, bagaimana bisa begitu?

Pada tanggal 20 Mei 2023 lalu, Nusa Finance, sebuah platform penyedia layanan keuangan berbasis kripto, turut mendukung acara Green Heroes Run 2023 sebagai penyedia tiket dan sertifikat berbentuk NFT. Acara ini merupakan kompetisi lari untuk mengumpulkan donasi dengan misi pelestarian hutan mangrove. Bekerja sama dengan organisasi nirlaba – Yayasan Konservasi Alam Indonesia (YKAI), platform donasi online – Ayobantu, dan event organizer di bidang olahraga – IXI Sports, acara ini sukses meraih donasi sebesar Rp. 12.750.000.- dengan diikuti oleh 200 peserta.

Baca jugaIstilah dalam Crypto: Pengertian Altcoin hingga NFT

Apa yang menjadi daya tarik konsep tiket dalam bentuk Non-Fungible? Mengutip dari CEO Nusa Finance – Wildan Ramadhan, “Tiket NFT menawarkan solusi dari penjualan tiket yang ada saat ini seperti war ticket yang tidak sehat akibat penggunaan bot, penjualan pasar sekunder yang tidak terkontrol, serta penjualan tiket palsu. Penggunaan teknologi blockchain pada tiket NFT memungkinkan penyelenggara untuk memiliki kontrol lebih terhadap penjualan hingga distribusi tiket”.

Struktur data blockchain memungkinkan semua transaksi tercatat secara permanen dan selalu terhubung. Hal inilah yang memungkinkan penyelenggara acara untuk terus memiliki keterhubungan dari penjualan tiket pertama hingga seterusnya. Jumlah tiket yang akan dijual, harga penjualan tiket pada pasar kedua, hingga royalti yang didapatkan dari hasil penjualan tiket dapat diatur oleh penyelenggara acara. Selain itu, teknologi blockchain juga dikenal sangat aman karena mekanismenya tidak memungkinkan perubahan data tanpa validasi dari nodes yang terletak di seluruh dunia. Hanya pihak yang benar – benar berwenang yang dapat menambahkan transaksi pada blockchain sehingga dapat mengatasi permasalahan penjualan tiket palsu atau penggandaan tiket yang sering terjadi.

Baca jugaLINE NEXT Meluncurkan C2C Marketplace di Platform NFT Global DOSI

Dimas salah satu peserta Green Heroes Run 2023 juga membagikan pengalamannya membeli tiket NFT di pasar kedua, “Waktu itu beli di harga 28 MATIC (setara ± Rp. 367.000.-), nggak terlalu jauh harganya dibanding harga aslinya. Beli di Marketplace NUSA NFT karena udah kelewat periode pembelian dari website. Karena NFT-nya resmi, jadi yakin kalau tiketnya itu asli dan datanya juga otomatis keubah pas daftar ulang”.

Pemanfaatan tiket NFT akan semakin relevan digunakan untuk mengurangi monopoli penjualan tiket yang sering menjadi kendala bagi penyelenggara acara. Walaupun begitu, adopsi penggunaan NFT masih terbatas karena adanya gap antara pengguna dengan dunia Web 3. “Nusa Finance mengajak berbagai kalangan untuk mulai mengadopsi penggunaan tiket NFT. Masa transisi memang harus dijalani, namun inilah awal dari kemajuan industri yang lebih baik. Kami optimis mengedukasi pengguna mendalami dunia Web 3 karena selain NFT, era internet akan mulai beralih dari Web 2 ke Web 3 dalam lima hingga sepuluh tahun kedepan. Maka dari itu, semua memang harus dimulai dari sekarang” tambah Wildan.

Baca jugaMeta Luncurkan Fitur NFT, CEO Indodax : Awalnya Hanya Hype, Tapi NFT akan Jadi Lebih Berguna

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE