29 C
Jakarta
Kamis, 23 Mei, 2024

7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Kripto, Termasuk Perang Iran-Israel?

JAKARTA, duniafintech.com – Faktor yang mempengaruhi harga kripto wajib dipelajari, mengingat adanya fenomena perang Iran-Israel yang dapat berdampak terhadap perekonomian global. Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi. Harga aset kripto dapat berfluktuasi liar dalam waktu singkat, membuat investor bertanya-tanya apa yang mendorong pergerakan harga ini.

Memahami sejumlah faktor yang mempengaruhi harga kripto sangat penting bagi investor yang ingin membuat keputusan investasi yang tepat. Artikel DuniaFintech kali ini akan membahas beberapa faktor utama yang dapat memengaruhi harga kripto, membantu Anda menavigasi pasar yang kompleks ini dengan lebih percaya diri.

7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Kripto

  1. Penawaran dan Permintaan

Salah satu faktor fundamental yang paling penting dalam menentukan harga aset apa pun adalah penawaran dan permintaan. Ketika permintaan untuk suatu aset melebihi penawarannya, harganya akan naik. Sebaliknya, jika penawarannya lebih banyak daripada permintaan, harganya akan turun.

Prinsip ini juga berlaku untuk kripto. Jika banyak orang yang ingin membeli cryptocurrency tertentu, tetapi jumlahnya terbatas, harga cryptocurrency tersebut akan naik. Di sisi lain, jika minat terhadap cryptocurrency berkurang dan banyak orang ingin menjualnya, harganya akan turun.

  1. Sentimen Pasar

Sentimen pasar mengacu pada sikap dan ekspektasi investor terhadap pasar secara keseluruhan. Sentimen positif, seperti optimisme dan kepercayaan terhadap masa depan kripto, dapat mendorong kenaikan harga. Sebaliknya, sentimen negatif, seperti ketakutan dan keraguan, dapat menyebabkan penurunan harga.

Sentimen pasar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti berita dan peristiwa terkini, peraturan pemerintah, dan performa pasar keuangan lainnya. Investor kripto harus selalu memperhatikan sentimen pasar untuk mengantisipasi pergerakan harga.

  1. Likuiditas

Likuiditas mengacu pada seberapa mudah suatu aset dapat dibeli atau dijual di pasar. Aset yang likuid umumnya lebih stabil dan kurang mudah mengalami fluktuasi harga yang besar.

Di pasar kripto, likuiditas mengacu pada seberapa mudah cryptocurrency dapat dibeli atau dijual di bursa. Cryptocurrency yang likuid memiliki volume perdagangan yang tinggi dan spread bid-ask yang sempit. Hal ini berarti investor dapat dengan mudah masuk dan keluar dari posisi tanpa memengaruhi harga secara signifikan.

Sebaliknya, cryptocurrency yang kurang likuid memiliki volume perdagangan yang rendah dan spread bid-ask yang lebar. Hal ini dapat membuat sulit untuk membeli atau menjual cryptocurrency tanpa memengaruhi harga secara signifikan.

  1. Tokenomics

Tokenomics mengacu pada struktur ekonomi dan model distribusi cryptocurrency. Faktor-faktor seperti total pasokan token, tingkat inflasi, dan jadwal pelepasan token dapat memengaruhi harga cryptocurrency.

Misalnya, cryptocurrency dengan total pasokan token yang terbatas cenderung lebih berharga daripada cryptocurrency dengan total pasokan token yang tidak terbatas. Hal ini karena cryptocurrency dengan pasokan terbatas lebih langka dan karenanya lebih diminati.

  1. Regulasi Pemerintah

Regulasi pemerintah dapat berdampak signifikan pada harga kripto. Sikap pemerintah terhadap kripto dapat memengaruhi permintaan dan sentimen pasar. Peraturan yang ketat dapat membuat kripto kurang menarik bagi investor, yang dapat menyebabkan penurunan harga. Sebaliknya, peraturan yang mendukung dapat meningkatkan kepercayaan dan adopsi kripto, yang dapat mendorong kenaikan harga.

  1. Peristiwa Global

Peristiwa global, seperti krisis ekonomi atau perang, dapat memengaruhi harga kripto. Investor mungkin beralih ke aset safe haven seperti emas selama masa ketidakpastian, yang dapat menyebabkan penurunan harga kripto.

Namun, peristiwa global juga dapat berdampak positif pada harga kripto. Misalnya, peningkatan minat pada teknologi blockchain dapat mendorong permintaan kripto, yang dapat menyebabkan kenaikan harga.

  1. Manipulasi Pasar

Manipulasi pasar adalah praktik ilegal yang bertujuan untuk menipu investor dan memengaruhi harga aset. Dalam konteks kripto, manipulasi pasar dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti spoofing, pump-and-dump schemes, dan wash trading.

Manipulasi pasar dapat menyebabkan volatilitas harga yang tidak wajar dan membuat pasar sulit diprediksi. Investor kripto harus selalu berhati-hati terhadap tanda-tanda manipulasi pasar dan melakukan riset sendiri sebelum berinvestasi.

Kesimpulan

Harga kripto dipengaruhi oleh berbagai faktor kompleks, termasuk penawaran dan permintaan, sentimen pasar, likuiditas, tokenomics, regulasi pemerintah, peristiwa global, dan manipulasi pasar. Memahami faktor-faktor ini sangat penting bagi investor yang ingin membuat keputusan investasi yang informed dan memaksimalkan peluang mereka untuk sukses di pasar kripto yang dinamis ini.

Tips Tambahan untuk Investor Kripto

  • Lakukan riset Anda sendiri sebelum berinvestasi dalam cryptocurrency apa pun.
  • Diversifikasikan portofolio Anda dengan berinvestasi di berbagai cryptocurrency.
  • Kelola risiko Anda dengan menetapkan batas kerugian dan mematuhinya.
  • Berhati-hatilah terhadap penipuan dan skema cepat kaya.

Baca jugaSEC Setujui ETF Bitcoin Spot, Harga Kripto Auto Semringah!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU