33 C
Jakarta
Kamis, 21 Oktober, 2021

Fintech OneConnect Solusi Layanan Teknologi

duniafintech.com – Fintech OneConnect atau PT OneConnect Financial Technology Indonesia, anak perusahaan bidang teknologi finansial (fintech) dari Grup Ping An, memulai operasinya di Indonesia.

Tujuan Fintech OneConnect Hadir di Indonesia

Grup Ping An adalah perusahaan asuransi besar di Tiongkok yang masuk di peringkat nomor 29 dalam daftar Fortune 500. Fintech OneConnect hadir di Indonesia untuk memberikan dukungan kepada bank dan institusi finansial lokal agar dapat mempercepat upaya mereka melakukan digitalisasi layanan keuangan dan bergerak ke arah industri finansial lebih inklusif.

Indonesia saat ini menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi berbasis internet terbesar dan tercepat di Asia Tenggara dengan pencapaian sekitar US$27 miliar di tahun 2018. Kendati memiliki potensi yang besar, industri fintech Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan. Institusi finansial besar masih mencari cara untuk mengembangkan kemampuan teknologi mereka secara cepat, sementara institusi finansial kecil mengalami kesulitan pendanaan. Hal tersebut membuat mereka terhambat dalam menjangkau pelanggan yang berpotensi dan mengembangkan bisnisnya.

“Kami memahami tantangan yang dialami oleh industri fintech Indonesia dan di sinilah OneConnect dapat memberikan dukungan. Di Tiongkok, OneConnect memanfaatkan lingkungan mobile-first untuk mencapai tingkat adopsi konsumen yang tinggi dan meningkatkan akses finansial kepada mereka yang masuk kategori underbanked dan unbanked. Kami berharap dapat bekerja sama dengan bank dan institusi finansial lokal untuk meniru kesuksesan kami di sana dengan solusi yang sesuai dengan tantangan di Indonesia,” ujar Tan Bin Ru, CEO OneConnect Financial Technology.

Di Indonesia, OneConnect hadir sebagai mitra strategis untuk bank dan institusi finansial lokal dengan menawarkan teknologi yang telah terbukti dan teruji di bidang Artificial Intelligence, Blockchain, solusi Cloud, dan banyak lagi.

Berbagai teknologi ini akan mendukung bank dan institusi finansial di Indonesia dengan layanan end-to-end yang dapat meningkatkan efisiensi, kemampuan untuk mengontrol risiko, dan mengurangi biaya – yang berarti institusi finansial lokal dapat mengembangkan layanan dan penawaran mereka. Dengan demikian, OneConnect dapat menyediakan akses finansial bagi lebih banyak masyarakat Indonesia,” tutur Hendra Tan, Direktur Utama PT OneConnect Financial Technology Indonesia.

Sebagai langkah pertamanya di Indonesia, Fintech OneConnect membentuk kerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (ASPARINDO). Dalam kolaborasi ini, OneConnect akan mengadakan pelatihan dan kunjungan ke pasar-pasar untuk membantu para pedagang dan kios bertransformasi ke arah digital.   

“Kami senang bisa menjadi bagian dari upaya bersama untuk mentransformasi cara tradisional dalam hal finansial dengan memanfaatkan teknologi yang efisien, kuat, dan hemat biaya. Kami berharap dapat memanfaatkan teknologi OneConnect supaya bisa memberikan akses finansial digital yang lebih luas kepada pedagang di pasar, sehingga mereka juga bisa lebih aktif berpartisipasi dalam ekosistem teknologi finansial,” ujar YJoko Setiyanto, Ketua Umum ASPARINDO.

Layanan OneConnect

OneConnect menawarkan rangkaian lengkap solusi teknologi yang telah terbukti dan teruji dalam hal Artificial Intelligence, Blockchain, Biometrics Identification, dan teknologi canggih lainnya yang digunakan oleh Grup Ping An, termasuk Bank Ping An dan Asuransi Ping An.

Salah satu teknologi andalan yang menjadi keunggulan OneConnect adalah Autentikasi Biometrik dalam bentuk pengenalan wajah atau facial recognition (FR) yang memiliki tingkat akurasi 99,8% dan telah diakui sebagai nomor satu di dunia oleh Labeled Faces in the Wild (LFW). Institusi finansial di Indonesia dapat menggunakan teknologi ini untuk melakukan verifikasi identitas pelanggan secara akurat dan aman pada masa pendaftaran. OneConnect menyediakan rangkaian solusi teknologi Biometrik, termasuk Liveness Detection, Voiceprint, Microexpression, dan lainnya.

Solusi populer lainnya dari OneConnect adalah Blockchain untuk platform keuangan niaga dan solusi supply chain. Sebagai salah satu perusahaan pertama yang mengembangkan dan menerapkan teknologi Blockchain di Tiongkok, OneConnect juga menjadi penyedia teknologi untuk platform Hong Kong eTradeConnect.

eTradeConnect yaitu platform keuangan niaga berbasis Blockchain yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perdagangan, membangun kepercayaan anggota, dan mengurangi risiko dengan memanfaatkan teknologi Blockchain. Hal ini didukung oleh otoritas keuangan Hong Kong dan berbagai bank di Hong Kong. Dengan kecanggihan teknologi Blockchain, OneConnect juga telah meluncurkan sistem keuangan untuk supply chain bagi beberapa perusahaan besar di Tiongkok untuk memungkinkan pemasok hulu (upstream) mendapatkan pendanaan secara lebih mudah dan cepat.

-Romi-

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Bitcoin Pecah Rekor Sepanjang Masa, Analis Berharap Lewati US$100.000

Reli terbaru Bitcoin ke harga tertinggi sepanjang masa di atas US$66.000 sudah memunculkan gelombang prediksi bullish baru, dengan harga cryptocurrency sudah lebih dari dua...

Komite Senat Australia Buat 12 Rekomendasi untuk Regulasi Crypto

Komite Terpilih Senat Australia sudah menyerahkan laporan terakhirnya tentang tinjauan selama setahun terhadap pendekatan negara ini terhadap peraturan kripto dan blockchain. Seperti dikutip dari...

Bitcoin Lewati Rp932 Juta Setelah Peluncuran ETF di NYSE

Harga Bitcoin (BTC) terus naik. Harga Bitcoin sempat dijual Rp932 juta di marketplace Indodax, Kamis (21 Oktober 2021) dini hari. Hal ini terjadi semenjak...

Keuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

Produk asuransi kesehatan dengan manfaat asuransi rawat inap sangat berperan untuk membebaskan dari kekhawatiran dan kegelisahan terkait kondisi keuangan yang terganggu akibat tidak adanya...

Kasus Pinjaman Online: Contoh dan Cara Melaporkan

Belakangan ini marak terjadi kasus pinjaman online, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online terpercaya, pinjaman online ilegal, kasus pinjaman online tidak dibayar, hingga...
LANGUAGE