28.9 C
Jakarta
Kamis, 30 Juni, 2022

FIRMA ASSET MANAGER ASAL PERANCIS BERNILAI $9 MILIAR LUNCURKAN REKSA DANA BITCOIN PERTAMA DI EROPA

duniafintech.com – Tobam, perusahaan manajemen aset asal Perancis berencana untuk meluncurkan reksa dana Bitcoin pertama di Eropa. Langkah ini diambil seiring dengan ketertarikan yang semakin besar terhadap mata uang virtual.

Tobam yang memiliki aset kelolaan senilai $9 miliar per September, berencana meluncurkan dana investasi alternative yang tidak diatur yang akan memungkinkan para investor mendapatkan layanan untuk Bitcoin.

Bitcoin telah melonjak lebih dari 5.000% terhadap dolar sepanjang tahun ini hingga mencapai $ 8.229 pada Rabu pagi. Minat investor telah meningkat seiring dengan kenaikan harga, dengan lebih dari 55 hedge fund mata uang virtual yang beredar saat ini. Raksasa CME Group juga mengumumkan rencana untuk meluncurkan kontrak berjangka Bitcoin dalam waktu dekat.

Namun, keberadaan Bitcoin yang tidak memiliki regulasi dan aturan secara hukum membuat banyak institusi merasa kesulitan untuk berinvestasi di dalamnya.

Tobam berharap lewat bentuk reksa dana, yang mengumpulkan keuntungan dan kerugian dari investasi pada Bitcoin, dapat membantu menambahkan tingkat kepercayaan yang bisa menarik investor tradisional.

Meskipun tidak diatur di tingkat Eropa, dana Tobam disetujui oleh regulator keuangan Prancis AMF dan diaudit oleh PwC, menurut Financial Times.

Christophe Roehri, kepala pengembangan bisnis di Tobam, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Investasi langsung di Bitcoin dapat secara operasional memang menantang. Mulai dari berurusan dengan pilihan platform, menjaga keamanan yang tepat dalam hal pengawasan dan untuk mengelola perubahan yang dilakukan ke protokol (hard fork).

“Tujuan kami adalah mengendalikan tantangan operasional ini untuk memudahkan akses bagi investor berkualitas yang ingin mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin. Semua itu ada dalam format dana.”

Dana Tobam akan terbuka untuk investor institusi dan investor yang memenuhi syarat secara private placement. Tobam memiliki kantor di Paris, Dublin, New York, dan Hong Kong. Bagaimana dengan di Indonesia? Apakah akan ada reksa dana Bitcoin?

Written by: Dita Safitri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berlaku 1 Juli, Beli Pertalite di 11 Daerah Ini Wajib Daftar MyPertamina 

JAKARTA, duniafintech.com - Mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina (Persero) mewajibkan masyarakat yang membeli Pertalite dan solar subsidi di SPBU mendaftar terlebih dahulu di...

Parah Banget! Bandar Kripto Ini Tak Mampu Bayar Utang Senilai Rp 9,9 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Perusahaan pengelola dana (hedge fund) kripto terkemuka yakni Three Arrows Capital resmi dinyatakan gagal bayar pinjaman atau utang senilai lebih dari...

Ada Kemajuan, Jaringan Cardano Digadang-gadang Bakal Dominasi Marketplace NFT Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com – Sejak sukses meluncurkan smart contract-nya pada tahun lalu, lebih dari 1000-an proyek masuk ke jaringan Cardano. Kali ini, penggemar NFT, Goofy...

Rencana Investasi P2P Lending Syariah Untuk Renovasi Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi di instrumen P2P Lending Syariah memberi peluang tepat untuk banyak tujuan. Maka dari itu investasi di sektor P2P Lending syariah...

Gagal HODL, Penambang Bitcoin Terpaksa Jual Murah Stok Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Anjloknya harga Bitcoin membuat para penambang harus menjual lebih dari 100% produksi mereka. Menurut Arcane Research, ini terjadi di bulan Mei...
LANGUAGE