26.7 C
Jakarta
Kamis, 29 September, 2022

Kiat-kiat Hindari Serangan Siber di Tengah Pandemi

DuniaFintech.com – Di tengah berlangsungnya wabah COVID-19, berbagai instrumen berbasis teknologi dan digital menjadi alternatif untuk beraktivitas dan tetap produktif. Namun di satu sisi, banyak pihak yang ‘berselancar’ di dunia maya dengan memanfaatkan situasi saat ini untuk merugikan pihak lainnya.

Salah satunya adalah, penyebaran malware ke beberapa perangkat teknologi yang digunakan. Banyak bukti yang menunjukkan penggunaan wabah sebagai jalan untuk melakukan serangan siber demi meraup keuntungan. Menjamurnya domain yang menggunakan kata ‘COVID’, ‘Corona” dan beberapa hal yang terkait menjadi salah satu bukti adanya ancaman keamanan perangkat teknologi.

Domain baru yang bermunculan tersebut berpotensi menyebarkan malware kepada pengguna gawai. Oleh karena itu, Palo Alto Network, sebuah perusahaan solusi keamanan siber memberikan beberapa tips untuk terhindar dari serangan siber, utamanya para pekerja yang sedang mengerjakan pekerjaannya di rumah.

Baca juga:

Tips Hindari Serangan Siber

  • Waspadai Mesin Pencarian

Sebagaimana diketahui, terdapat hampir 100 ribu domain yang mengatas namakan wabah COVID-19. Disinyalir, domain tersebut menyebarkan malware melalui tautan yang terhubung ke situs mereka, atau berbentuk iklan dari hasil pencarian yang di lakukan di situs mau pun media sosial.

Ada pun beberapa cara untuk menangkal potensi serangan siber ialah dengan mengaktifkan anti-virus yang melakukan seleksi (filter) terhadap situs yang ada di mesin pencarian. Selain itu, cara sederhana ialah dengan mengakses portal informasi serta media yang kredibel, jika memerlukan informasi terkait pandemi.

  • Penggunaan Cloud

Cloud sebagai sebuah teknologi yang dirancang untuk layanan, merupakan aspek terpenting dalam mencegah terjadinya ancaman serangan siber. Untuk hal ini, posisi TI di kantor menjadi pihak yang mampu menjelaskannya. Firewall sebagai infrastruktur keamanan menjadi hal yang TI lakukan untuk menerapkan threat intelligent atas aktivitas hilir mudik dalam jaringan.

  • Perbarui Sistem Keamanan Router

Aktivitas bekerja dari rumah merupakan hal yang baru untuk sebagian orang. Tidak hanya merubah orientasi dan intensitas kerja, faktor keamanan koneksi internet rumah juga menjadi hal yang perlu ditinjau.

Tidak sedikit router internet rumahan yang menggunakan firmware usang. Ini juga menjadi penyebab rentannya pencurian data terhadap internet di lingkungan rumah tangga. Oleh sebab itu, jadikan momen bekerja dari rumah untuk memastikan terpasangnya firmware terkini serta memperbarui kelayakan dari router dan juga mengganti kata sandi.

DuniaFintech/FauzanPerdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indodax Trading Fest Oktober 2022 Berhadiah Ratusan Juta, Komitmen Indodax Demi Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com – Indodax, platform kripto terbesar di Indonesia dengan 5,5 juta member terdaftar kembali menggelar Indodax trading fest Oktober 2022 secara rutin.  Pelaksanaan lomba atau...

Sri Mulyani Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa, tertinggi se-Asia Tenggara. Hal itu tercermin sejak...

Erick Keluhkan Generasi Saat Ini Tidak Mau Jadi Petani

JAKARTA, duniafintehch.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai generasi muda saat ini enggan menjadi Petani lantaran tidak memiliki jaminan masa...

Pertamina Bantah Tudingan Produk Pertalite Bikin Boros

JAKARTA, duniafintech.com - Pertamina buka suara terkait beberapa hari ini viral mengenai keluh kesah konsumen pengendara yang menggunakan Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite. Para...

Cara Cicil iPhone di iBox, Bisa Pakai Shopee Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cicil iPhone di iBox dengan kartu kredit hingga Shopee berikut ini penting banget lho untuk diketahui. Pasalnya, hingga detik ini, iPhone...
LANGUAGE