31.7 C
Jakarta
Senin, 13 Juli, 2020

Kiat-kiat Hindari Serangan Siber di Tengah Pandemi

DuniaFintech.com – Di tengah berlangsungnya wabah COVID-19, berbagai instrumen berbasis teknologi dan digital menjadi alternatif untuk beraktivitas dan tetap produktif. Namun di satu sisi, banyak pihak yang ‘berselancar’ di dunia maya dengan memanfaatkan situasi saat ini untuk merugikan pihak lainnya.

Salah satunya adalah, penyebaran malware ke beberapa perangkat teknologi yang digunakan. Banyak bukti yang menunjukkan penggunaan wabah sebagai jalan untuk melakukan serangan siber demi meraup keuntungan. Menjamurnya domain yang menggunakan kata ‘COVID’, ‘Corona” dan beberapa hal yang terkait menjadi salah satu bukti adanya ancaman keamanan perangkat teknologi.

Domain baru yang bermunculan tersebut berpotensi menyebarkan malware kepada pengguna gawai. Oleh karena itu, Palo Alto Network, sebuah perusahaan solusi keamanan siber memberikan beberapa tips untuk terhindar dari serangan siber, utamanya para pekerja yang sedang mengerjakan pekerjaannya di rumah.

Baca juga:

Tips Hindari Serangan Siber

  • Waspadai Mesin Pencarian

Sebagaimana diketahui, terdapat hampir 100 ribu domain yang mengatas namakan wabah COVID-19. Disinyalir, domain tersebut menyebarkan malware melalui tautan yang terhubung ke situs mereka, atau berbentuk iklan dari hasil pencarian yang di lakukan di situs mau pun media sosial.

Ada pun beberapa cara untuk menangkal potensi serangan siber ialah dengan mengaktifkan anti-virus yang melakukan seleksi (filter) terhadap situs yang ada di mesin pencarian. Selain itu, cara sederhana ialah dengan mengakses portal informasi serta media yang kredibel, jika memerlukan informasi terkait pandemi.

  • Penggunaan Cloud

Cloud sebagai sebuah teknologi yang dirancang untuk layanan, merupakan aspek terpenting dalam mencegah terjadinya ancaman serangan siber. Untuk hal ini, posisi TI di kantor menjadi pihak yang mampu menjelaskannya. Firewall sebagai infrastruktur keamanan menjadi hal yang TI lakukan untuk menerapkan threat intelligent atas aktivitas hilir mudik dalam jaringan.

  • Perbarui Sistem Keamanan Router

Aktivitas bekerja dari rumah merupakan hal yang baru untuk sebagian orang. Tidak hanya merubah orientasi dan intensitas kerja, faktor keamanan koneksi internet rumah juga menjadi hal yang perlu ditinjau.

Tidak sedikit router internet rumahan yang menggunakan firmware usang. Ini juga menjadi penyebab rentannya pencurian data terhadap internet di lingkungan rumah tangga. Oleh sebab itu, jadikan momen bekerja dari rumah untuk memastikan terpasangnya firmware terkini serta memperbarui kelayakan dari router dan juga mengganti kata sandi.

DuniaFintech/FauzanPerdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Aset Kripto untuk Para Pecinta Game Telah Listing di Indodax

DuniaFintech.com - Kabar gembira untuk gamers Indonesia!! Sudah tak perlu diragukan lagi, selain sebagai hiburan, industri game juga bisa dijadikan sarana untuk...

Strategi Sukses Jualan Online dengan Untung Jutaan Rupiah, Wajib Dicoba

DuniaFintech.com - Tak bisa dipungkiri, dengan adanya internet telah mengubah sebagian besar cara hidup kita sehari-hari. Jika sebelumnya kita lebih sering berbelanja...

Kemkominfo Klaim Indonesia Segera Miliki 3 Unicorn Baru

DuniaFintech.com - Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) mengklaim Indonesia akan memiliki 3 unicorn baru hingga tahun 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika,...

Bukan Dilarang, Ini Sebab Mengapa Regulasi Kripto Aset Itu Penting

DuniaFintech.com – Regulasi kripto aset sebagai teknologi yang masih terbilang baru, banyak negara yang mengkhawatirkan tentang bagaimana kripto aset akan memengaruhi iklim perekomian...

Blockchain Velas Mampu Selesaikan 30 Ribu Transaksi Per Detik?

DuniaFintech.com - Apa benar Blockchain Velas mampu selesaikan 30 ribu transaksi per detiknya? Dirancang dan dikembangkan sejak tahun 2019, Virtual Expanding Learning...
LANGUAGE