33.7 C
Jakarta
Minggu, 1 Oktober, 2023

IBM MENGGANDENG NESTLE, UNILEVER, DAN PERUSAHAAN RAKSASA LAINNYA UNTUK ADOPSI BLOCKCHAIN

duniafintech.com – IBM mengumumkan secara resmi menggandeng perusahaan makanan raksasa, Nestle, Unilever, dan Walmart untuk mengadopasi Blockchain.

Blockchain memungkinkan bisnis makanan untuk melacak sumber produk yang terkontaminasi hanya dalam hitungan detik.

IBM telah bergabung dengan sekelompok perusahaan makanan raksasa global tersebut dalam upaya mengurangi kontaminasi makanan dengan menggunakan Blockchain. Dilansir dari cnbc.com, perusahaan ini mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan memungkinkan bisnis makanan global menggunakan jaringan Blockchainnya untuk melacak sumber produk yang terkontaminasi.

Menurut WHO, satu dari sepuluh orang setiap tahun meninggal karena penyakit yang disebabkan makanan yang terkontaminasi. Awal bulan ini dalam sebuah pertemuan, disebut oleh komisaris keamanan pangan Uni Eropa, terjadi kecemasan mengenai telur yang terinfeksi dengan pestisida fipronil.

IBM mengatakan bahwa masalah kesehatan konsumen yang menderita karena makanan beracun dapat dipecahkan dengan menggunakan teknologi ledger terdistribusi, yang menyimpan catatan transaksi digital daripada yang fisik. Ini akan memungkinkan pemasok makanan mendapatkan informasi tentang asal, kondisi dan pergerakan makanan, dan untuk melacak hasil yang terkontaminasi hanya dalam hitungan detik.

Transparansi

“Seluruh kesempatan yang kami bagi adalah memberikan transparansi di seluruh ekosistem hari ini,” Brigid McDermott, wakil presiden IBM untuk Pengembangan Bisnis Blockchain, mengatakan kepada CNBC.

Spesialis Blockchain IBM mengatakan bahwa membangun jaringan Blockchain berarti menyediakan “solusi brilian” dan “ekosistem yang berkembang”.

“Itulah yang ingin kita lakukan,” katanya. “Kami mencoba menggunakannya untuk mendapatkan transparansi di seluruh sistem sehingga kami dapat menemukan masalahnya, sehingga kami dapat mempermudah orang menjalankan sistem yang lebih aman, menjalankan rantai pasokan makanan yang lebih aman.”

Walmart sebelumnya pernah bekerja dengan IBM untuk secara digital melacak pergerakan makanan. Pada pertemuan pemegang saham pada bulan Juni, Frank Yiannas, wakil presiden untuk keamanan pangan di Walmart, mendemonstrasikan proses pelacakan informasi menggunakan blockchain dalam waktu kurang dari 3 detik.

Teknologi Blockchain memungkinkan era baru transparansi end-to-end dalam sistem pangan global, setara dengan menyoroti peserta ekosistem makanan yang selanjutnya akan mempromosikan tindakan dan perilaku yang bertanggung jawab,” kata Yiannas dalam sebuah pernyataan pers pada hari Selasa. “Ini juga memungkinkan semua peserta untuk berbagi informasi dengan cepat dan percaya diri melalui jaringan terpercaya yang kuat. Ini penting untuk memastikan bahwa sistem pangan global tetap aman untuk semua orang,” tambahnya.

Bagaimana blockchain bekerja?

Blockchain diciptakan oleh pendiri Bitcoin Satoshi Nakamoto untuk dijadikan buku besar dalam semua transaksi Bitcoin.

Para ahli percaya bahwa teknologi tersebut dapat menyediakan jaringan informasi yang aman dan transparan, dan merevolusi industri mulai dari perawatan kesehatan hingga pertanian.

Kami melihat industri lain seperti energi, kesehatan dan pemasaran, melihat transformasi yang benar-benar dapat terjadi,” kata McDermott dari IBM.

IBM memperkenalkan enkripsi data satu klik dalam upaya untuk menggagalkan serangan cyber IBM. Ahli blockchain lain dari Hyperledger, platform Blockchain open source yang dibangun IBM, mengatakan bahwa Blockchain cenderung terus memperluas layanan keuangan ke sektor-sektor besar lainnya.

Karena hal itu dapat mempengaruhi setiap sektor di luar sana, tidak mengherankan jika sektor yang paling diminati adalah pasar yang sangat transaksional dan benar-benar terbagi secara wajar,” Brian Behlendorf, direktur eksekutif Hyperledger, mengatakan kepada CNBC.

Written by : Sintha Rosse

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Bunga Rendah Terbaik saat Ini di Indonesia, Cek Daftarnya Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah terbaik adalah sebuah solusi bagi kebutuhan dana cepat/mendesak yang sedang tengah dialami. Meski demikian, pinjaman online ini tentunya mesti...

ISFF 2023 Segera Dimulai, Simak Kategori dan Jadwalnya

JAKARTA, duniafintech.com – ISFF 2023 akan segera dimulai pada 2023 ini. Perlu diketahui, ISFF sudah memasuki tahun ke-5 pelaksanaannya. Indodax Short Film Festival (ISFF) 2023...

Tips Memilih Kartu Kredit Bank Digital, Jangan Salah Pilih Ya!

JAKARTA, duniafintech.com - Banyak yang bertanya terkait tips memilih Kartu kredit bank digital yang kini menjadi tren baru di perbankan. Agar tidak salah pilih,...

Game Penghasil Crypto tanpa Modal, Ada Lho! Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Game penghasil crypto tanpa modal tentu penting diketahui jika kamu ingin mendapatkan cuan dari sebuah game. Saat ini, ada banyak game penghasil...

Ciri Pinjol Legal yang Penting Diketahui Calon Nasabah, Cek di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Ciri pinjol legal tentu penting diketahui oleh mereka yang sedang mencari pinjaman online yang terjamin keamanannya. Pada dasarnya, pinjol legal merujuk kepada...
LANGUAGE