28.4 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

5 Ide Bisnis Kekinian bagi Mahasiswa dengan Modal Minim

JAKARTA, duniafintech.com – Ide bisnis kekinian untuk mahasiswa dengan modal minim sangat patut untuk dicoba, ada banyak usaha yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa hanya dengan bermodalkan gadget.

Merintis usaha sedari dini juga sangat bermanfaat untuk mengasah keterampilan profesional sebelum nanti benar-benar terjun ke dunia kerja. Seperti yang telah disebutkan dalam portal Binus University, berikut ini adalah beberapa ide bisnis kekinian yang dapat dilakukan mahasiswa dengan modal yang minim, tapi tetap bisa datangkan cuan!

5 Ide Bisnis Kekinian untuk Mahasiswa

  1. Fotografi

Tidak perlu memiliki kamera untuk bisa menjadikan bisnis fotografi sebagai freelance atau pekerjaan sampingan. Kamu juga bisa menjual hasil jepretan menggunakan ponsel ke microstock seperti Pixabay, ShutterStock, dan lain sebagainya.

Setiap kali ada orang yang mengunduh hasil jepretanmu, maka nantinya kamu akan mendapatkan komisi. Akan tetapi, kamu juga bisa memasarkan jasa sebagai fotografer untuk orang-orang yang memang membutuhkan.

  1. Kuliner Take Away dan Delivery

Sekarang ini, kita tidak perlu repot-repot harus memiliki tempat untuk bisa berjualan makanan. Terlebih, kini sudah banyak orang yang gemar memesan makanan melalui jasa pesan antar. Jadi, bagi sebagian mahasiswa yang hobi memasak, maka bisa langsung mencoba bisnis kuliner tanpa harus menyediakan tempat.

  1. Les Privat

Selama Pandemi COVID-19 belum usai, sebagai orang tua akan dituntut untuk bisa menemani atau bahkan mengajari anak-anaknya belajar. Sayangnya, kebanyakan orang tua tidak memiliki kapasitas-kapasitas yang mendukung peran ini.

Nah, sebagai seorang mahasiswa tentu bisa menawarkan jasa les privat untuk para siswa sekolah. Kamu juga dapat membentuk tim pengajar beserta teman-teman agar jangkauan mata pelajaran yang diajarkan oleh siswa sekolah bisa lebih luas.

  1. Video Production

Ide bisnis untuk mahasiswa selanjutnya masih berhubungan dengan marketing, yakni kamu dapat memulai bisnis sebagai video editor apabila menyukai shooting dan editing video. Apalagi, jika dengan mencoba menjajal bisnis ini, tentunya kamu bisa sekaligus mengasah skill atau keterampilan kamu untuk nantinya digunakan saat sudah bekerja.

  1. Social Media Management

Bagi Anda yang sangat tertarik untuk menggeluti dunia marketing, bisa memulainya dengan mencicil usaha di bidang social media management. Apalagi, kini strategi pemasaran bisnis juga telah beralih ke internet.

Jadi, kamu juga bisa mencoba peluang sebagai social media manager karena banyak pelaku usaha yang sebetulnya tidak punya cukup waktu untuk mengelola akun bisnis mereka.

Dalam menjalankan bisnis ini, nantinya kamu akan bertugas dalam membangun eksposur brand kepada publik, membuat konten dan membagikannya, serta berinteraksi dengan pengikut akun media sosial.

Itulah tadi sederet ide bisnis kekinian untuk mahasiswa dengan modal minim, tapi masih bisa datangkan cuan, sekaligus bisa mengasah keterampilan profesional.

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...
LANGUAGE