23 C
Jakarta
Jumat, 3 Februari, 2023

IDX INCUBATOR, SIAPKAN PROGRAM INKUBASI BAGI STARTUP

duniafintech.com – Pelatihan dan penggemblengan dari program incubator, menjadi tambahan edukasi serta mengasah keterampilan yang dimiliki oleh startup. Banyak manfaat yang akan didapatkan dari program tersebut. Oleh karena itu, bermunculanlah perusahaan-perusahaan yang membangun program incubator guna membantu para pelaku usaha rintisan.

Dikutip dari laman Bisnis.com, jumlah bisnis startup di Indonesia diperkirakan oleh salah satu lembaga riset akan tumbuh hingga 6,5 kali lipat menjadi sekitar 13.000 perusahaan pada 2020. Di 2016, Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah startup tertinggi di Asia Tenggara, yakni sekitar 2.000 perusahaan.

Oleh karena itu, IDX Incubator, salah satu dari program inkubasi, hadir untuk menyiapkan hal tersebut bagi pelaku usaha rintisan. IDX Incubator, digagas oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu program inkubasi bisnis untuk startup berbasis digital. IDX Incubator memiliki program sebagai berikut :

  • Kurikulum program yang terstruktur, terdiri dari From Idea to Startup, Idea Factory, Traction, Paperwork, Go Big!, dan Capital Market.
  • Bimbingan yang disampaikan langsung dari pakarnya, yaitu oleh Riawan Paramarta dari BOOSTAR Incubator & Accelerator, Kevin Wu dari Kadin Indonesia, Saptono Adi Junarso dari Indonesia Stock Exchange, dan lain – lain.
  • Pelatihan yang berkaitan dengan bisnis peserta.
  • Kelengkapan fasilitas kerja yang menunjang peserta, seperti ruang rapat, koneksi internet, dan ruang training.
  • Akses bantuan untuk dipertemukan dengan investor.
  • Kegiatan atau event yang diselenggarakan guna mengenalkan kepada masyarakat akan produk bisnis peserta.

“Coba bayangkan banyak anak muda kreatif yang punya ide, tapi di rumah komputer rebutan, wifii maju mundur, ruangan rebutan sama adeknya. Disini kita manjakan dengan fasilitas. Lalu kita sediakan makan malam dan makan siang,” kata Tito Sulistio, Direktur Utama BEI.

IDX Incubator berlokasi di Menara Mandiri I, Jakarta. Para pelaku usaha rintisan yang ingin mengikuti program ini, dapat langsung mendaftarkan diri di portal IDX Incubator. Selain di Jakarta, IDX Incubator juga akan didirikan di Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Bali.

“Di sini, mereka akan kami ajarkan akuntansi, membuat PT, mencari modal, memperkenalkan mereka dengan angle investor,” kata Tito Sulistio. “Kita harapkan (Startup) bisa berkembang sehingga terjadi konglomerasi UMKM.” Tambahnya.

Source :

  • kompas.com
  • republika.co.id
  • idxincubator.com

Written by : Fenni Wardhiati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Menteri Erick Pastikan BUMN Siap Optimalisasi Kedaulatan Pangan Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN siap mengoptimalisasi industri dan kerjasama di sektor pangan demi kedaulatan pangan...

Game Penghasil Crypto tanpa Modal, Intip Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Game penghasil crypto tanpa modal penting diketahui apabila kamu ingin mendapatkan cuan dari suatu permainan. Saat ini, ada banyak game penghasil crypto...

Tips Investasi untuk Pemula dan Daftar Instrumen Investasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi untuk pemula perlu diketahui saat kamu yang masih awam ingin terjun ke dunia penanaman modal. Saat ini, tersedia berbagai jenis...

Platform Trading Crypto Terpercaya di Indonesia, Cek Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Platform trading crypto terpercaya tentu saja penting diketahui jika ingin terjun ke dunia investasi kripto. Dalam beberapa waktu terakhir, aset kripto memang...

Cara Trading Bitcoin tanpa Modal dan Sejumlah Tipsnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara trading Bitcoin tanpa modal tentu perlu diketahui dan dipahami oleh para trader dan peminat aset kripto. Bitcoin sendiri hingga saat ini...
LANGUAGE