29.3 C
Jakarta
Rabu, 28 September, 2022

IDX INCUBATOR, SIAPKAN PROGRAM INKUBASI BAGI STARTUP

duniafintech.com – Pelatihan dan penggemblengan dari program incubator, menjadi tambahan edukasi serta mengasah keterampilan yang dimiliki oleh startup. Banyak manfaat yang akan didapatkan dari program tersebut. Oleh karena itu, bermunculanlah perusahaan-perusahaan yang membangun program incubator guna membantu para pelaku usaha rintisan.

Dikutip dari laman Bisnis.com, jumlah bisnis startup di Indonesia diperkirakan oleh salah satu lembaga riset akan tumbuh hingga 6,5 kali lipat menjadi sekitar 13.000 perusahaan pada 2020. Di 2016, Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah startup tertinggi di Asia Tenggara, yakni sekitar 2.000 perusahaan.

Oleh karena itu, IDX Incubator, salah satu dari program inkubasi, hadir untuk menyiapkan hal tersebut bagi pelaku usaha rintisan. IDX Incubator, digagas oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu program inkubasi bisnis untuk startup berbasis digital. IDX Incubator memiliki program sebagai berikut :

  • Kurikulum program yang terstruktur, terdiri dari From Idea to Startup, Idea Factory, Traction, Paperwork, Go Big!, dan Capital Market.
  • Bimbingan yang disampaikan langsung dari pakarnya, yaitu oleh Riawan Paramarta dari BOOSTAR Incubator & Accelerator, Kevin Wu dari Kadin Indonesia, Saptono Adi Junarso dari Indonesia Stock Exchange, dan lain – lain.
  • Pelatihan yang berkaitan dengan bisnis peserta.
  • Kelengkapan fasilitas kerja yang menunjang peserta, seperti ruang rapat, koneksi internet, dan ruang training.
  • Akses bantuan untuk dipertemukan dengan investor.
  • Kegiatan atau event yang diselenggarakan guna mengenalkan kepada masyarakat akan produk bisnis peserta.

“Coba bayangkan banyak anak muda kreatif yang punya ide, tapi di rumah komputer rebutan, wifii maju mundur, ruangan rebutan sama adeknya. Disini kita manjakan dengan fasilitas. Lalu kita sediakan makan malam dan makan siang,” kata Tito Sulistio, Direktur Utama BEI.

IDX Incubator berlokasi di Menara Mandiri I, Jakarta. Para pelaku usaha rintisan yang ingin mengikuti program ini, dapat langsung mendaftarkan diri di portal IDX Incubator. Selain di Jakarta, IDX Incubator juga akan didirikan di Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Bali.

“Di sini, mereka akan kami ajarkan akuntansi, membuat PT, mencari modal, memperkenalkan mereka dengan angle investor,” kata Tito Sulistio. “Kita harapkan (Startup) bisa berkembang sehingga terjadi konglomerasi UMKM.” Tambahnya.

Source :

  • kompas.com
  • republika.co.id
  • idxincubator.com

Written by : Fenni Wardhiati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indodax Trading Fest Oktober 2022 Berhadiah Ratusan Juta, Komitmen Indodax Demi Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com – Indodax, platform kripto terbesar di Indonesia dengan 5,5 juta member terdaftar kembali menggelar Indodax trading fest Oktober 2022 secara rutin.  Pelaksanaan lomba atau...

Sri Mulyani Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa, tertinggi se-Asia Tenggara. Hal itu tercermin sejak...

Erick Keluhkan Generasi Saat Ini Tidak Mau Jadi Petani

JAKARTA, duniafintehch.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai generasi muda saat ini enggan menjadi Petani lantaran tidak memiliki jaminan masa...

Pertamina Bantah Tudingan Produk Pertalite Bikin Boros

JAKARTA, duniafintech.com - Pertamina buka suara terkait beberapa hari ini viral mengenai keluh kesah konsumen pengendara yang menggunakan Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite. Para...

Cara Cicil iPhone di iBox, Bisa Pakai Shopee Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cicil iPhone di iBox dengan kartu kredit hingga Shopee berikut ini penting banget lho untuk diketahui. Pasalnya, hingga detik ini, iPhone...
LANGUAGE