23.7 C
Jakarta
Rabu, 3 Juni, 2020

Relawan dan Komunitas Aksi Sosial Tergabung Di sini

duniafintech.com  – Partisipasi dalam kegiatan sosial bisa beragam bentuknya. Tak hanya dalam bentuk materi, masyarakat juga bisa berpartisipasi menjadi relawan dalam suatu aksi sosial. Indorelawan.org bisa menjadi wadah bagi relawan yang ingin terlibat dalam suatu kegiatan sosial.

Ada banyak komunitas yang telah melakukan aksi nyata untuk menangani sebagian masalah sosial di Indonesia. Sebagian mungkin sudah dikenal luas. Sebagian lagi bekerja dengan tekun, namun tak banyak muncul di media massa. Sebagian lagi bekerja sendiri tanpa banyak berhubungan dengan komunitas lain. Tak sedikit pula yang berupaya membantu dalam dana yang begitu terbatas. Dengan misinya masing-masing, organisasi dan komunitas ini berjalan karena adanya semangat yang besar dari orang-orang yang peduli secara konsisten.

Begitu pula dengan Indorelawan.org. Misi Indorelawan.org ialah membuat kolaborasi antara relawan dan komunitas dengan misi sosial menjadi lebih mudah. Indorelawan.org meyakini, perubahan yang bermakna untuk Indonesia hanya akan dapat tercapai jika ada lebih banyak lagi orang yang terlibat dalam aktivitas komunitas sosial dan juga lebih banyaknya kolaborasi antarkomunitas.

Indorelawan.org tidak membuat aktivitas untuk menyelesaikan masalah sosial, seperti pendidikan, lingkungan dan lainnya. Indorelawan.org berperan seperti ‘jembatan’ yang menghubungkan lebih banyak orang untuk terlibat dalam beragam aktivitas bermakna yang dikelola oleh beragam komunitas inspirasional di luar Indorelawan.org. Dengan kata lain, Indorelawan.org juga ingin memfasilitasi proses kolaborasi antarkomunitas untuk Indonesia yang lebih baik.

Berdasarkan survei singkat yang Indorelawan.org lakukan, sebanyak 80% responden ingin membantu dan terlibat dalam gerakan sosial. Namun, mereka sulit mencari informasi mengenai kesempatan lowongan yang tepat. Indorelawan.org hadir sebagai solusi untuk para profesional muda dan anggota masyarakat yang ingin terlibat dalam aktivitas sosial. Saat ini, Indorelawan.org membatasi aktivitas tersebut di Jakarta dan sekitarnya.

Indorelawan.org telah memfasilitasi 36.264 relawan dan 1.092 aktivitas. Indorelawan.org memiliki founding investors (donasi di atas Rp 50juta), angel investor dan kontributor. Para investor tersebut datang dari individu maupun perusahaan atau organisasi. Indorelawan.org juga menjalin kemitraan dengan CloudKilat untuk memberikan pelayanan maksimal kepada stakeholder.

Melalui situs Indorelawan.org, organisasi atau komunitas sosial bisa membuat aktivitas untuk mencari anggota sesuai kebutuhan dan mengelola sendiri. Di sisi lain, anggota dapat memilih aktivitas sesuai minat, lokasi, dan waktu mereka. Selain menjadi anggota aksi sosial, masyarakat juga bisa berdonasi melalui website Indorelawan.org. Aktivitas kerelawanan melalui Indorelawan.org antara lain di bidang bantuan hukum, disabilitas, kesehatan, ketenagakerjaan, lingkungan, olahraga, penanggulangan bencana, pendidikan, dan pengembangan masyarakat.

Salah satu kegiatan itu adalah Living by Studying Goes to Kelurahan 2017: Batch 2. Kegiatan ini dilakukan bersama Aliansi Pemberdayaan Generasi Muda (APGM). Dalam kegiatan ini, relawan bisa memilih untuk memberikan pengajaran bahasa Inggris atau matematika selama 2,5 bulan (Juli–September 2017). Silabus serta materi yang akan diajarkan telah disusun oleh tim APGM dan akan diberikan kepada relawan dalam bentuk softcopy atau modul. Para relawan dapat memilih tempat dan jadwal mengajar sesuai dengan jam, hari, dan lokasi yang telah ditentukan oleh tim APGM.

Platform yang ditawarkan oleh Indorelawan.org cocok bagi relawan yang memiliki passion sesuai minat dan bakatnya. Sementara itu, organisasi atau komunitas bisa memperoleh bantuan sumberdaya yang dicarinya. Jaringan luas yang dibuat oleh Indorelawan.org memungkinkan kegiatan sosial melalui platform ini memiliki dampak dan jangkauan luas.

Source: indorelawan.org

Written by: Sebastian Atmodjo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Rangkuman Kabar Startup Jelang Kuartal 2 Tahun 2020

DuniaFintech.com - Memasuki penghujung kuartal 2 tahun 2020, industri usaha rintisan (startup) mengalami gejolak, beberapa di antaranya harus menghentikan sementara aktivitasnya, bahkan...

Penetrasi Fintech di Indonesia Berpotensi Meningkat! Ini Alasannya

DuniaFintech.com - Penetrasi fintech sebagai inovasi pada layanan keuangan disebut-sebut akan terus meningkat seiring dengan stabilnya pertumbuhan industri tersebut. Laporan teranyar e-Conomy...

Memanfaatkan Artificial Intelligence, Grab dan Google Hadirkan Layanan Ini

DuniaFintech.com - Grab bekerja sama dengan Google meluncurkan sebuah fitur dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence. Layanan yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence ini diberi nama Grab...

Sejumlah Perusahaan Pinjaman Online ini Dulang Keuntungan Ditengah Pandemi

DuniaFintech.com - Pandemi corona berdampak terhadap banyak sektor, termasuk ekonomi. Namun, transaksi di aplikasi pinjaman online baik pembayaran maupun pinjaman (lending) melonjak...

3 Aplikasi Pinjaman Online ini Siap Bantu Hadapi Krisis Keuangan

DuniaFintech.com - Di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil seperti saat ini, aplikasi pinjaman online menjadi langkah alternatif untuk memenuhi kebutuhan...
LANGUAGE