32.8 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Tajir Melintir, Ini 9 Konglomerat di Balik Bisnis Mal Mewah Jakarta

JAKARTA, duniafintech.com – Jarang yang tau, orang di balik bisnis Mal yang megah di Jakarta. Banyak orang penasaran dengan konglomerat pemilik mal tersebut. 

Tak sedikit mal bergaya high-class di Ibu Kota seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pacific Place, Plaza Senayan, dan lain sebagainya. 

Sederet mal berkelas dengan berbagai brand ternama di dalamnya ini menjadi tempat main orang-orang berada. 

Tak hanya pengunjungnya yang rata-rata dari kalangan atas,  pemilik dari mall di Jakarta ini juga tentu saja adalah konglomerat super tajir yang kekayaannya tak terkira. 

Siapa saja konglomerat pemilik mal di Jakarta? berikut dilansid dari IDXChannel.

  1. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono

Hartono bersaudara merupakan pemilik Djarum Group yang merupakan orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Mereka juga merupakan pemilik salah satu mall paling mewah di Jakarta yakni Grand Indonesia. 

Tak heran jika kekayaan konglomerat yang dikenal memiliki gaya hidup sederhana ini mencapai angka USD22 miliar atau sekitar Rp314 triliun. 

  1. Eka Tjipta Widjaja

Mendiang Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri Sinar Mas Group. Ia juga merupakan pemilik salah satu mall mewah di Jakarta yakni Plaza Indonesia yang terletak di kawasan Thamrin. 

Tak hanya Plaza Indonesia, Eka Tjipta Widjaja juga memiliki Fx Sudirman yang kini diteruskan oleh keluarganya. Total kekayaan Eka Tjipta Widjaja dan keluarganya mencapai USD9,6 miliar atau setara Rp134 triliun berdasarkan Forbes.

  1. Alexander Tedja

Alexander Tedja merupakan pemilik Pakuwon Jati Tbk. Ia juga merupakan pemilik dari mall Gandaria City atau Kota Kasablanka (Kokas). Ia juga dikenal sebagai raja properti Surabaya. Dari bisnisnya ini, Tedja berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaan hingga mencapai Rp23,7 triliun.

  1. Murdaya Poo

Murdaya Poo merupakan pemilik Pondok Indah Mall dan Puri Indah Mall. Di bawah induk perusahaan PT Metropolitan Kentjana, Murdaya Poo berhasil mendirikan dua mall mewah tersebut. Forbes mencatat total kekayaan Murdaya Poo mencapai angka Rp25 triliun.

  1. Sutjipto Nagaria

Sutjipto Nagaria merupakan pengusaha properti sekaligus pendiri Summarecon Agung Group. Ia juga masuk dalam daftar konglomerat pemilik mall di Jakarta. Mall mewah miliknya adalah Mall Kelapa Gading, yang berada di Jakarta Utara. Total kekayaannya mencapai Rp4,4 triliun.

  1. Mochtar Riady

Mochtar Riady merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dan sekaligus presiden komisaris dari Lippo Group. Ia merupakan pemilik dari Lippo Mall Kemang di Jakarta. Dari gurita bisnisnya, Mochtar Riady memperoleh kekayaan mencapai Rp27,2 triliun.

  1. Eka Tjandranegara

Eka Tjandranegara merupakan pemilik dari mall Taman Anggrek yang berada di bawah naungan perusahaan miliknya yakni Mulia Group. Perusahaan ini masuk dalam jajaran raksasa bisnis properti di Indonesia yang telah melebarkan sayapnya ke Kuala Lumpur sejak tahun 2015. 

  1. Trihatma Kusuma Haliman

Trihatma Kusuma Haliman merupakan pemilik Agung Podomoro Group. Ia juga sekaligus merupakan pemilik dari tiga mall besar di Jakarta yakni Senayan City, Central Park, dan Thamrin City. Ketiganya merupakan anak perusahaan dari PT Agung Podomoro Land Tbk. Total kekayaannya bahkan menyentuh angka Rp6,98 triliun.

  1. Tan Kian

Tan Kian juga merupakan salah satu pemilik mall mewah di Jakarta. Ia merupakan pendiri Dua Mutiara Group dan bos properti di berbagai kawasan mewah ibu kota, tepatnya di Mega Kuningan dan Sudirman. 

Mall miliknya adalah mall mewah Pacific Place yang merupakan mall elite setara dengan Plaza Indonesia, Grand Indonesia, dan Plaza Senayan. Total kekayaan Tan Kian diperkirakan mencapai Rp3,19 triliun. 

Itulah beberapa konglomerat pemilik mall di Jakarta yang memiliki kekayaan melimpah ruah. Bisnis mall memang merupakan lahan bisnis yang sangat menguntungkan karena hampir tiap akhir pekan masyarakat Indonesia terbiasa ke mall. Tak heran jika para pemilik mall ini semakin bergelimang harta.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU