25.6 C
Jakarta
Selasa, 28 Juni, 2022

Internet Banking BRI: Cara Daftar hingga Tips Penggunaannya

Internet banking BRI merupakan layanan perbankan yang membantu nasabah BRI dalam berbagai keperluan transaksi yang bisa diakses melalui situs resmi Bank BRI. Jadi, adanya BRI internet banking sekarang ini membuat nasabah lebih mudah bertransaksi di mana pun dan kapan pun tanpa harus mengunjungi kantor cabang maupun ATM, karena sudah bisa diakses melalui laptop maupun ponsel pintar.

Internet Banking BRI (IB BRI) merupakan layanan perbankan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai transaksi keuangan (non-tunai) menggunakan laptop ataupun smartphone yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Fitur layanan yang tersedia pada IB BRI, yaitu cek saldo, pembayaran, isi ulang pulsa atau paket data, mutasi rekening hingga transfer antar rekening Bank BRI dan bank lainnya dapat dilakukan selama 24 jam, 7 hari, di mana saja dan kapan saja.

Pada dasarnya untuk menggunakan layanan pemerintah berupa ib bri dipastikan penggunanya untuk mendaftar dan aktivasi terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara daftar ib bri hingga aktivasi akun ib bri.

Cara Daftar Internet Banking BRI

Untuk cara daftar ib bri ini memiliki dua metode, yaitu dengan mengunjungi langsung kantor cabang bank bri dan melalui ATM BRI. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftarkan akun BRI internet banking.

  1. Mendaftar di Kantor Cabang BRI

Cara untuk mendaftar langsung diharuskan membawa persyaratan yang dibutuhkan, adapun syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Membawa buku tabungan BRI (BriAma, BriAma Junio atau Simpedes) dan memiliki kartu ATM BRI yang aktif.
  • Membawa karti identitas diri berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Membawa ponsel sebagai alat untuk melakukan proses verifikasi data.
  • Menggunakan layanan operator yang telah bekerja sama dengan Bank BRI, seperti Telkomsel, Indosat, XL, Telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
  • Menyiapkan email yang valid dan masih aktif digunakan untuk menerima email notifikasi BRI internet banking.

Ketika semua syarat tersebut sudah terpenuhi, silakan langsung datang ke kantor cabang BRI untuk melakukan pendaftaran ib bri di Customer Service. Pada sesi pendaftaraan ini nanti nasabah BRI akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang diberikan oleh pihak Bank BRI. Pastikan kembali bahwa formulir yang akan diisi sudah sesuai dengan data diri sehingga memudahkan dan melancarkan proses verifikasi. Ketika proses pendaftaran selesai, maka secara otomatis akan mendapatkan M-Token dan Lakukan aktivasi layanan tersebut.

  1. Pendaftaran BRI Internet Banking melalui ATM

Adapun metode yang harus dilakukan pada saat pendaftaraan ib bri melalui ATM, adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi mesin ATM BRI dan masukkan kartu debit BRI yang ingin didaftarkan ke ib bri.
  • Masukkan PIN ATM BRI yang sedang digunakan.
  • Kemudian pilih menu lainnya pada tampilan mesin, lalu pilih menu “internet banking”.
  • Kemudian masukkan password yang akan digunakan untuk akun initernet banking, lalu konfirmasikan kembali password yang ingin digunakan.
  • Setelah mengkonfirmasi password akun ib bri, maka secara otomatis akan mendapatkan User ID ib bri melalui struk ATM yang akan keluar pada saat selesai transaksi.
  • Simpan struk tersebut untuk ditunjukkan kepada pihak Bank BRI saat melakukan aktivasi, karena struk tersebut berisikan User ID dan Password akun ib bri.

Meskipun sudah melakukan registrasi melalui ATM BRI, namun nasabah diharuskan untuk mengunjungi kantor cabang BRI terdekat untuk melakukan proses verifikasi maupun aktivasi dan akan mendapatkan kemanan tambahan berupa m-Token.

Cara Aktivasi BRI Internet Banking

Setelah melakukan pendaftaran ib bri melalui kantor cabang bri maupun ATM BRI, selanjutnya adalah proses aktivasi akun ib bri. Berikut ini adalah cara untuk aktivasi BRI Internet Banking, antara lain:

  • Kunjungi situs BRI Internet Banking menggunakan mobile web browser maupun desktop web browser.
  • Kemudian masukkan User ID dan Password beserta kode captcha untuk validasi.
  • Setelah itu masuk ke laman syarat dan ketentuan yang berlaku, baca dan pahami hal tersebut lalu klik setuju.
  • Selanjutnya adalah mengubah password default pada saat pertama kali mengajukan pendaftaran akun dan masukkan alamat email yang aktif.
  • Setelah semua langkah sudah dilakukan, maka akun ib bri sudah siap digunakan.

Sebagai saran untuk mengamankan akun dari kejahatan yang sering terjadi di jejaring sosial, silakan aktivasi m-Token pada akun ib bri yang sudah teraktivasi.

Aktivasi m-Token BRI 

Demi mengamankan akun dan penggunaan layanan ib bri secara maksimal, maka langkah selanjutnya adalah mengaktivasi m-Token BRI sebagai pengaman tambahan yang dibutuhkan pada saat melakukan transaksi keuangan, seperti transfer dana, pembayaran tagihan hingga pembelian, ubah password, dan ubah alamat email. Semua hal tersebut akan diminta untuk memasukkan m-Token pada saat nasabah mengaktivasi m-Token BRI.

Nasabah bank BRI bisa melakukan permintaan m-Token di internet banking setelah menyelesaikan registrasi pada m-Token di kantor cabang BRI dan melakukan aktivasi m-Token di ib bri. Untuk mengaktivasi m-Token bisa dilakukan di seluruh kantor cabang BRI dengan cara melengkapi dan menandatangani formulir permohonan aktivasi m-Token. Pelu diketahui untuk mengaktivasi di kantor cabang BRI diharuskan membawa buku tabungan dan ponsel yang bisa mengakses ib bri.

Tips Menggunakan Layanan BRI Internet Banking

Tips bagi nasabah yang menggunakan ib bri dan mungkin saja terjadi berbagai macam risiko, terutama adalah tindak kejahatan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hindarilah hal tersebut dengan tips menggunakan layanan ib bri di bawah ini:

  • Pastikan selalu menjaga kerahasiaan User ID dan Password internet banking dengan baik.
  • Pastikan untuk tetap selalu menggunakan layanan internet banking pada situs resmi Bank BRI saja.
  • Jangan pernah sesekali menyimpan otomatis User ID dan Password pada perangkat ponsel maupun laptop.
  • Ubahlah password akun ib bri secara berkala untuk menghindari penyalahgunaan akun.
  • Tetap waspada pada saat melakukan login melalui jaringan atau koneksi internet umum (public wifi).
  • Ketika merasa ada yang mencurigakan, seperti aktifitas akun yang menurut pengguna layanan mencurigakan, silakan untuk menghubungi Call Center BRI dengan segera.

Kurang lebih seperti itulah tips yang bisa diberikan untuk menggunakan layanan ib bri dengan mudah dan aman.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah penggunaan layanan internet banking BRI kini sudah menjadi pilihan banyak orang. Jika tertarik untuk menggunakan layanan ini, maka pastikan kembali untuk mengaksesnya melalui cara dan juga media yang tepat.

Dengan menggunakan layanan BRI Internet Banking nasabahnya bisa menikmati kemudahan dalam bertransaksi dengan aman agar semua urusan bisa berjalan mudah dan lancar, terutama urusan keuangan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenal REN Coin, Token Milik Jaringan Protokol Ren yang Didirikan 2017

JAKARTA, duniafintech.com - Ren (REN) Coin adalah protokol jaringan terbuka yang dibangun untuk menyediakan interoperabilitas dan likuiditas antara berbagai platform blockchain.  Dilansir dari Coinmarketcap, REN...

Dapat Pengalaman Baru, Vidi Aldiano Konser dan Ngedance di Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Penyanyi Vidi Aldiano akan menggelar konser di metaverse. Ini merupakan pengalaman pertamanya melakukan konser secara virtual. Konser Virtual Vidi Aldiano di...

Kelebihan P2P Lending Syariah Untuk Dana Pendidikan

JAKARTA, duniafintech.com - Nilai manfaat dari sistem P2P LendingSyariah mampu memberi peluang penting bagi banyak aspek. Terkadang tidak hanya untuk bidang investasi hingga UMKM...

Harga Kripto 28 Juni 2022 Belum Bergairah, Bitcoin Cs Naik Tipis

JAKARTA, duniafintech.com - Harga kripto jajaran teratas termasuk bitcoin masih melanjutkan koreksi pada Selasa (28/6/2022) pagi. Bahkan mayoritas kripto jajaran teratas lainnya masih berada...

Banyak yang Belum Tahu, 5 BUMN Ini Berikan Gaji Besar Buat Fresh Graduate

JAKARTA, duniafintech.com - Bekerja di badan usaha milik negara atau BUMN menjadi keinginan bagi para pencari kerja. Selain jenjang karir yang cukup baik, gaji,...
LANGUAGE