25.6 C
Jakarta
Senin, 4 Maret, 2024

Investasi Bitcoin Terpercaya untuk Pemula, Simak Caranya!

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi Bitcoin terpercaya dapat dimulai oleh siapa pun, bahkan pemula yang ingin terjun ke dunia aset digital.

Belakangan ini, sudah semakin banyak orang yang tertarik untuk terjun dan ikut trading aset kripto, terutama Bitcoin, Ethereum, dan koin besar lainnya.

Namun, agar mampu  trading aset kripto dengan baik, tentunya kamu terlebih dulu harus memahami soal platform/aplikasi yang menyediakan layanan itu.

Di Indonesia, ada banyak pilihan aplikasi trading crypto yang dapat dipakai dengan mudah dan praktis.

Nah, untuk mengetahui selengkapnya, simak yuk ulasan di bawah ini.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Menguat, Cek Harganya di Sini

Daftar Platform Investasi Bitcoin Terpercaya

Indodax

Aplikasi Bitcoin terpercaya di Indonesia ini sudah terdaftar di OJK dan Bappebti. Indodax mempunyai fitur analisis chat dengan AI yang lebih mutakhir daripada layanan kompetitornya.

Adapun dalam pemakaiannya, Indodax pun dilengkapi dengan pilihan aset kripto yang bervariasi, mulai dari COTI, RVN, ADA, UNI, dan banyak lagi yang lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini, yaitu pengguna dapat memakai 1 akun di beberapa perangkat sekaligus.

Di samping itu, aplikasi ini pun melayani aktivitas trading tanpa henti 24 jam setiap hari. Indodax juga menawarkan fitur chat antar sesama trader untuk saling berdiskusi terkait dunia kripto.

TokoCrypto

Aplikasi trading aset kripto legal ini beroperasi di tanah air sejak tahun 2017 silam. Berada dalam naungan perusahaan Crypto Indonesia, aplikasi ini bekerja sama dengan Binance Cloud.

Hal itu pun menjadikannya salah satu yang terdepan dalam industri perdagangan crypto di Indonesia.

Hingga saat ini, TokoCrypto sudah mencatatkan hingga 2 juta lebih pengguna yang terdaftar di platform mereka.

Jumlah pengguna yang terbilang masif ini berakar dari proses aksesnya yang simpel dan aplikasi yang bisa dengan mudah didapatkan pada smartphone secara gratis.

Bukan hanya itu, platform yang satu ini juga tersedia dalam bentuk situs sehingga mampu menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Selain itu, aktivitas transaksi di platform TokoCrypto ini sudah diverifikasi dan diawasi langsung oleh Kominfo dan Bappebti sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan legalitas dan kredibilitas layanannya.

Pintu

Rekomendasi selanjutnya, yaitu Pintu. Aplikasi yang satu ini dengan mudah bisa diunduh via AppStore maupun Playstore secara gratis di smartphone.

Di samping itu, aplikasi Pintu punya desain pengguna yang simpel sehingga mudah untuk dipakai dan cocok bagi para pemula.

Untuk diketahui, Pintu adalah aplikasi yang diciptakan dan dikelola oleh perusahaan Pintu Kemana Saja serta gampang digunakan oleh masyarakat dari kalangan mana saja. Dalam penggunaannya, nasabah hanya perlu melakukan deposit dengan nominal yang terbilang ringan sehingga lebih mudah untuk dijangkau oleh masyarakat secara umum.

Zipmex

Jika aplikasi di atas masih belum cocok untuk dijadikan sebagai pilihan maka barangkali kamu akan tertarik dengan Zipmex.

Tersedia juga di Singapura, Australia, dan Thailand, trader crypto di dalam negeri dapat menggunakan aplikasi ini yang dikenal dengan tingkat keamanan terpadu dan terdaftar Bappebti. Aplikasi ini pun dilengkapi dengan asuransi di mana nominalnya mencapai $100.

Bitocto

Bitocto juga layak dijadikan sebagai salah satu pilihan aplikasi trading crypto terpercaya sebab sudah terdaftar di OJK dan Bappebti sehingga sudah terjamin keamanan dan kenyamanan bagi penggunaannya.

Layanannya mencakup transaksi berbagai jenis aset kripto dengan proses transaksi yang dapat dilakukan 24 jam non stop dan biaya kompetitif.

Soal proses pemantauannya, aplikasi yang satu ini dilengkapi dengan sistem pengamanan yang jelas dan bisa langsung mendeteksi tindakan penipuan atau kecurangan sehingga pengguna bisa bertransaksi dengan lebih aman dan nyaman tanpa khawatir.

Rekeningku

Rekeningku menawarkan berbagai fitur andalan, mencakup one stop service terkait segala aset digital  investor yang menghadirkan 40 jenis koin kripto bahkan lebih, di antaranya Bitcoin, Ethereum, Stellar, dan yang lainnya.

Dengan sistem keamanan 2 factor authentication dan nominal minimum deposit sangat ringan, pengguna dapat lebih aman dan nyaman memanfaatkan aplikasi ini. Sekalipun demikian, proses verifikasi di platform ini boleh disebut agak lebih rumit dan tidak memiliki layanan perlindungan asuransi.

Luno

Adapun rekomendasi yang terakhir, yakni Luno yang menawarkan sederet keuntungan menarik.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan deposit dengan jumlah terjangkau, mulai dari Rp50 ribu.

Triv

Aplikasi trading yang cukup dikenal di Indonesia ini menawarkan layanan perdagangan aset digital 24 jam non stop secara real time.

Ketika memasukkan dana ke platform ini lazimnya akan langsung dikonversikan dalam bentuk Rupiah sehingga tidak perlu lagi menghitung jumlah konversinya.

Selain itu, keunggulan Triv, yakni proses penarikan bisa dilakukan secara cepat, kapan saja, dan di mana pun. Adapun variasi koin yang tersedia di platform ini pun relatif lebih lengkap dan punya nilai tukar kompetitif.

Adapun salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini, yaitu “Staking” yang sudah terintegrasi pada layanannya dan membolehkan pengguna untuk mengunci koin agar mendapatkan bunga.

Fitur staking ini masih sulit ditemukan pada platform crypto lain sehingga menjadi nilai tambah dari aplikasi Triv ini.

Tips Sukses Investasi Bitcoin Terpercaya

Pilih media exchange yang legal

Tips sukses investasi Bitcoin terpercaya yang pertama, yaitu sebelum melakukan trading, sebaiknya kamu mencari media exchange yang terjamin dalam sisi keamanan transaksi dan investasi aset.

Dalam hal ini, kamu mesti memilih media exchange yang terpercaya dan legal, terdaftar dalam Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), misalnya Indodax dan lain-lain.

Aplikasinya pun bisa kamu unduh di gadget via Appstore dan PlayStore.

Manfaatkan fitur trading dari aplikasi

Tips sukses investasi Bitcoin terpercaya selanjutnya adalah setelah membuka akun di aplikasi trading crypto, selanjutnya kamu dapat memanfaatkan fitur yang tersedia untuk membantu proses trading Bitcoin.

Misalnya saja fitur chart harga yang akan memudahkan kamu untuk menganalisis harga Bitcoin. Kemudian, ada fitur cut loss yang membantu kamu mencegah terjadinya kerugian pada standar harga tertentu.

Lalu juga ada fitur short selling untuk mengatur jaminan keuntungan kendati harga Bitcoin sedang turun serta fitur verifikasi keamanan tambahan dan masih banyak lagi lainnya.

Pelajari tanda pergerakan nilai

Mengingat bahwa perdagangan crypto tidak dikontrol oleh negara/lembaga, trading Bitcoin pun akan dilakukan hanya oleh pembeli dan penjual.

Dengan demikian, kamu pun harus terus mempelajari setiap pergerakan nilai Bitcoin di sebuah chart. Kendati membutuhkan pemahaman yang matang, tetapi bukan berarti tanda kenaikan/penurunan harga sama sekali mustahil dipahami.

Dalam hal ini, kamu bisa belajar pergerakan grafik candlestick dari harga Bitcoin, membaca popularitas, atau tanda yang sering muncul lainnya.

Beli ketika harga turun, jual saat harga tinggi

Meski tampak mudah, pada dasarnya analisis pergerakan tetap harus dilakukan.

Trading Bitcoin sendiri memang mirip dengan trading saham sehingga pergerakan nilai harus diperhatikan dengan detail.

Di sini, kamu bisa membeli ketika harga turun atau menjual Bitcoin pada saat harga naik dan dari situlah nantinya keuntungan dapat diraih.

Baca juga: Cara Investasi Bitcoin bagi Pemula yang Wajib Dipahami

Pahami sejumlah biaya yang dibebankan

Tips sukses investasi Bitcoin terpercaya lainnya adalah kamu juga wajib untuk memperhatikan biaya yang dibebankan setiap kali kamu transaksi dalam Bitcoin.

Pasalnya, setiap aplikasi memberlakukan besaran biaya tambahan yang berbeda-beda.

Dalam hal ini, akan ada yang mengenakan biaya tambahan transaksi pembelian dan penarikan dengan jumlah yang sama (flat fee) serta juga ada yang memiliki tarif biaya yang berbeda sesuai dengan transaksi yang dilakukan.

Nah, dengan memahami biaya yang dipatok dan ketentuan lain yang berlaku di media trade, kamu akan menjadi lebih mudah dalam memilih aplikasi trading Bitcoin yang cocok denganmu.

Investasi Bitcoin Terpercaya

Tips Hindari Investasi Bodong Crypto

  1. Ketahui sejarah kelamnya

Tips pertama, kamu harus mengetahui sejarah kelam dan mempelajari dunia mata uang kripto yang misterius sebelum masuk ke industri ini.

Di sini, memang ada yang iseng bermain kripto, ada yang sudah mulai berinvestasi kripto, dan ada juga yang masih sangsi akan mata uang ini sehingga masih memilih mata uang konvensional. 

Pada 2017 lalu, mata uang kripto atau mata uang virtual yang tidak bisa dipalsukan mendadak ramai dibicarakan oleh semua orang.

Banyak yang mulai berinvestasi bitcoin dengan modal tak seberapa. Akan tetapi, sekalipun tampak menguntungkan dengan mudah, kasus investasi bodong di crypto ternyata sudah mengancam sejak awal mula kemunculan mata uang virtual ini.

Hal itu yang membuatmu harus selalu berhati-hati jika ingin memutuskan terjun ke dalam dunia investasi kripto.

  1. Hindari red flag yang mengancam

Tentunya, investasi bodong memang menjadi bayang-bayang kelam dalam aktivitas finansial virtual yang melibatkan mata uang kripto.

Namun, terdapat red flag lain yang tidak kalah mengancam, yaitu keserakahan dan ketakutan. Keduanya berhubungan dengan emosi internal di dalam diri manusia yang belum mengetahui cara mengatur keuangan, termasuk mereka yang telah terlibat ke dalam bidang investasi ini.

Nah, ketika kamu punya uang dan memutuskan untuk menghabiskan semuanya dengan membeli barang baru atau berinvestasi kripto dengan risiko tinggi, itu merupakan keserakahan.

Sebaliknya, ketika uang yang dimiliki menjadi sumber kekhawatiran akan merugi, itu menjadi bentuk ketakutan. Maka dari itu, saat kamu mulai berinvestasi dengan mata uang kripto, kedua emosi ini harus bisa dikendalikan dengan bijak dan pandai. 

  1. Pahami cara penipuan yang umum dilakukan

Selanjutnya, demi menghindari jeratan kasus investasi bodong di investasi kripto, kamu harus memperhatikan skema penipuan yang umum dilakukan.

Kamu  bisa berkaca pada kisah yang terjadi pada 2014 lalu saat Dr. Ruja Ignatova memperkenalkan OneCoin sebagai mata uang virtual yang aman, modern, dan inovatif.

Kala itu, keuntungannya disebut-sebut mampu melebihi bitcoin yang ketika itu bernilai 800 dolar per satu token. 

Akan tetapi, siapa sangka, di balik keuntungan yang ditawarkan, nyatanya OneCoin adalah salah satu bentuk scam atau penipuan yang umum ditemukan di dunia investasi bitcoin. 

Penipuan tersebut sering kali melibatkan perusahaan yang bodong pula dengan skema Ponzi atau Multi Level Marketing (MLM) yang jelas-jelas tidak menguntungkan investornya.

Karena itu, sebaiknya kamu jangan mudah tergoda dengan tawaran keuntungan yang besar kalau investasimu ingin aman.

  1. Carilah pemain crypto yang bisa dipercaya

Pada dasarnya, kamu tidak harus selalu seorang diri saat menghindari investasi bodong. Pasalnya, kamu pun perlu melibatkan orang-orang lain yang dapat dipercaya dalam investasi ini.

Hingga kini, sudah tidak terhitung banyaknya penipu berkedok pemain kripto yang menghilang secara tiba-tiba dan meninggalkan korbannya di muara kerugian.

Maka dari itu, kalau kamu merasa perlu bergabung dengan investor lainnya maka sebaiknya selalu pastikan bahwa mereka adalah investor yang aman dan tidak terlibat dengan skema penipuan mana pun. 

  1. Pastikan penyimpanan mata uang crypto kamu aman

Perlu diketahui, penyimpanan kripto tidak selalu aman seperti yang kamu duga. Pasalnya, ada banyak investasi bodong bermula dari iming-iming penyimpanan terjamin seperti blockchain, padahal sesungguhnya tidak aman sama sekali.

Lantaran hanya terhubung secara virtual tanpa ada bentuk nyata, penyimpanan mata uang kripto memang cukup sulit untuk dideteksi aman atau tidaknya.

Namun, kamu tetap dapat menyeleksi penyimpanan yang terpercaya dengan memastikan bahwa sistemnya melibatkan aktivitas transaksi yang transparan dan portalnya punya proteksi data serta audit investor yang terjamin dan bisa dibuktikan kebenarannya.  

  1. Hati-hati gunakan crypto kecil

Adapun kripto yang kecil dapat dimanipulasi supaya memberikan keuntungan besar bagi beberapa orang, selain investornya sendiri.

Hal itu dapat ditandai dengan kemunculan mata uang kripto yang nilainya tidak seberapa dan malahan mengarah pada kasus investasi bodong di crypto.

Selayaknya ikan-ikan kecil di suatu kolam yang besar, mata uang kripto bernilai kecil ini sebetulnya tidak akan terlihat menguntungkan, bahkan tidak berarti sama sekali. 

Akan tetapi, bagi sebagian orang, apalagi para pemain kripto pemula, aset kripto bernilai kecil ini cukup menggoda untuk dicoba.

Nah, hal ini yang mestinya waspadai. Pasalnya, sekalipun lebih minim risiko, berinvestasi dengan menggunakan kripto kecil mungkin tidak akan memberimu keuntungan berarti sebab nilainya tidak terdaftar dalam bursa kripto global. 

  1. Bijak dalam bermedia sosial

Karena sama-sama berada di dunia virtual, investasi kripto dan media sosial dapat saling berhubungan satu sama lain.

Nah, investasi bodong yang dilakukan juga dapat menjadikan portal media sosial sebagai sarana promosi.

Buat pemain pemula, bermedia sosial dengan bijak menjadi kunci untuk berhati-hati supaya tidak terjerumus dalam investasi yang membuatmu merugi.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Cs Kembali Perkasa, Cek Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE