29.7 C
Jakarta
Sabtu, 28 Mei, 2022

5 Investasi Crypto Jangka Panjang, Cocok untuk Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi crypto jangka panjang merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok bagi investor pemula. Karena, selain investasi saham, crypto juga memiliki return cukup tinggi yang bisa diperoleh oleh investor pemula sekalipun. Selain itu cryptocurrency atau mata uang digital juga telah dipercaya oleh investor sebagai salah satu aset investasi jangka panjang. Dalam artikel berikut ini, nantinya akan memberikan informasi mengenai beberapa rekomendasi investasi crypto jangka panjang menurut hasil riset dan pendapat para ahli.

5 Investasi Crypto Jangka Panjang Terbaik

Sebelum mengetahui apa saja investasi kripto jangka panjang, maka ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu tentang investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan ataupun individu dalam kurun waktu tertentu (biasanya kurun waktunya lebih dari 1 tahun).

Dan Atkinson menyebutkan bahwa ada dua prinsip yang harus diperhatikan oleh investor sebelum memilih investasi crypto jangka panjang. Pertama adalah crypto harus punya reputasi yang solid dari sisi teknologi dan juga keamanan. Kedua adalah aset crypto harus memiliki unique selling point yang membuatnya berbeda dari aset-aset lainnya.

Berikut ini telah dirangkum dari beberapa hasil riset dan pendapat para ahli, bahwasanya ada beragam coin crypto untuk investasi jangka panjang yang cukup banyak diminati investor crypto.

  • Bitcoin

Bitcoin menjadi salah satu investasi jangka panjang yang banyak diminati oleh orang-orang. Data dari chainalysis juga mengungkapkan bahwa ada sekitar 60% bitcoin beredar yang telah dimiliki oleh institusi maupun perseorangan merupakan investor jangka panjang, dimana mereka tidak pernah menjual token BTC lebih dari 25% koin yang telah mereka miliki selama bertahun-tahun.

Meski aset crypto tersebut mengalami pasang surut harga, namun bitcoin telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil. Per 30 Juni 2021 lalu, Coinmarketcap juga menunjukkan bahwa bitcoin berhasil tumbuh dari $9.228 ke $35.040 dalam kurun waktu satu tahun.

Selain itu, Huobi traders juga melakukan survei dengan banyak responden investor jangka panjang yang sudah berusia 26-50 tahun. Survei tersebut menunjukkan bahwa ada sekitar 69% responden yang memilih bitcoin sebagai aset yang mereka investasikan paling lama (lebih dari satu tahun).

Bitcoin juga telah dipercaya secara luas oleh mayoritas investor cryptocurrency. Dukungan lainnya juga datang dari berbagai perusahaan besar seperti Paypal, Tesla, Microsoft, dan Google. Bahkan, di beberapa negara seperti El Salvador, bitcoin telah disahkan sebagai alat pembayaran.

  • Ether

Berbeda dengan bitcoin, ether merupakan salah satu aset cryptocurrency yang memiliki jaringan sendiri. Jaringan tersebut juga dapat digunakan penggiat crypto untuk mengembangkan cryptocurrency lain seperti NFT, dan masih banyak lagi. Sama seperti Bitcoin, jaringan blockchain Ethereum juga dikenal transparan dan open source.

Chris Burniske, selaku mitra dari Placeholder VC juga mengungkapkan bahwa ETH sangatlah cocok untuk dijadikan aset kripto jangka panjang. Sentimen ini telah dibagikan di Twitter pribadinya pada 2019 lalu.

Beberapa investor terkenal lainnya yang juga memilih untuk mulai berinvestasi di ether adalah Winklevoss, Joseph Lubin, Richard Sherman dan Mark Cuban.

  • Binance Coin

Binance coin juga merupakan salah satu aset cryptocurrency yang mulai populer di tahun 2017 lalu. Setelah itu, aset crypto ini juga terus mengalami kenaikan yang konsisten meskipun cenderung lambat. Selama 4 tahun terakhir, BNB terus tumbuh dari harga $0,10 ke harga $303 per 30 Juni 2021 lalu.

Joshua Frank, selaku CEO perusahaan data crypto The TIE sekaligus investor binance coin juga mengungkapkan kepada Coindesk bahwa ada beberapa investor crypto memandang BNB sebagai investasi yang lebih baik daripada bitcoin, karena dipercaya dapat mendapatkan pengembalian besar dengan biaya yang lebih murah.

Selain itu, dilansir dari Cointelegraph, yakni aset kripto seperti BNB dan UNI menerima sentimen positif sebagai aset kripto jangka panjang karena merupakan utility token yang menjadi latar belakang dari apresiasi nilainya.

  • Chainlink

Timothy F. Peterson, selaku manajer investasi dari Cane Island Alternative Advisors dalam wawancaranya bersama Piotr Rosik mengungkapkan bahwa ether dan chainlink token akan menjadi aset crypto jangka panjang yang berharga untuk 10 hingga 20 tahun kedepan.

Penilaian ini didasarkan pada pertimbangan aset dengan risiko penurunan paling kecil, potensi kenaikan terbesar dan juga lingkup aplikasi dari aset tersebut.

  • UNI

UNI merupakan sebuah token ERC-20 di blockhain Ethereum. Hanya dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan, token UNI mengalami peningkatan harga hingga 8 kali lipat. Sama seperti BNB, Cointelegraph juga mengungkapkan bahwa UNI akan mengalami peningkatan sentimen positif sebagai investasi jangka panjang crypto karena adanya kegunaan dari token tersebut sehingga nilainya relatif lebih diapresiasi oleh publik.

Kesimpulan

Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum mulai berinvestasi. Karena segala aktivitas jual-beli dan juga investasi aset kripto menjadi tanggung jawab investor sendiri.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Harga Kripto 28 Mei 2022, Bitcoin dan Ethereum Masih Loyo

JAKARTA, duniafintech.com - Harga kripto masih belum bergairah, Bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya kembali berada di zona merah pada Sabtu 28 Mei 2022...

Transaksi Aset Kripto Meningkat Tajam, Maret 2022 Capai Rp130,2 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Transaksi aset Kripto di Indonesia meningkat signifikan. Nilai aset kripto semakin naik. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga mengakui perkembangan...

Cara Withdraw atau Tarik Uang dari Indodax ke Rekening Bank, Ternyata Gampang Lho! 

JAKARTA, duniafintech.com – Platform perdagangan aset Kripto di tanah air, Indodax menjadi salah satu exchange yang digandrungi para investor. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya...

Ekonomi Indonesia Membaik, Penerimaan Pajak Capai Rp 678,99 Triliun Hingga Akhir Mei

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi Indonesia dinilai telah membaik, penerimaan pajak yang diterima hingga menjelang akhir Mei ini sudah terbilang tinggi. Terkait ekonomi Indonesia yang membaik,...

Bursa Kripto Tak Kunjung Diluncurkan, Bappebti Ungkap Alasan Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Rencana kehadiran bursa kripto sudah diwacanakan sejak beberapa waktu lalu, namun tak kunjung menjadi kenyataan, dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi...
LANGUAGE