28.3 C
Jakarta
Selasa, 4 Agustus, 2020

Investasi Darurat untuk Lebaran Apakah Anda Sudah Mencoba?

duniafintech.com – Lebaran memang masih sebulan lagi, tapi bisa dipastikan banyak orang yang sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Mungkin bukan baju atau kue-kue melainkan persiapan finansial untuk menyambutnya. Di hari lebaran inilah pengeluaran biasanya akan jadi berlipat-lipat dari sebelumnya, hingga bisa saja diperlukan investasi darurat untuk memenuhi berbagai kebutuhan tambahan. 

Namun, bagi yang cukup beruntung bekerja di perusahaan, pemasukan juga ikut bertambah dengan adanya THR atau Tunjangan Hari Raya, sehingga investasi darurat mungkin bukan hal utama. 

Dengan berbagai kebutuhan yang bertambah, Anda harus bijak mengatur dan mengelola keuangan. Selain agar bisa berbelanja dan membeli tiket mudik, investasi untuk berjaga-jaga juga tidak boleh diabaikan. Ini merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tidak ‘habis-habisan’ di hari lebaran dan berakhir gigit jari setelahnya.

Baca juga: BNI Gandeng 30 Perusahaan Fintech?

Lantas, produk apa saja yang bisa Anda jadikan opsi investasi darurat untuk keperluan selama dan setelah Idulfitri? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. Emas

Hampir di segala situasi, emas selalu bisa diandalkan sebagai alat investasi. Selain bisa dibeli di mana saja, emas juga bisa Anda jual kapan saja. Harganya yang cenderung stabil bahkan naik membuat emas banyak dijadikan opsi investasi, termasuk untuk Anda yang khawatir butuh dana mendadak. Jadi, bagaimana kalau setengah uang THR yang tidak terpakai itu dibelikan emas saja untuk berjaga-jaga?

2. Menjadi Pendana di Perusaan Peer-to-peer Lending

Saat ini sudah semakin banyak perusahaan jasa teknologi finansial yang bergerak di bidang peminjaman P2P. Selain menjadi jalan keluar bagi yang memerlukan dana cepat, perusahaan-perusahaan ini juga bisa jadi opsi bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan jangka waktu singkat.

Meski ada yang memberikan pinjaman durasi jangka panjang, tidak sedikit yang membuka kesempatan bagi investor yang ingin meminjamkan uang dalam hitungan bulanan bahkan mingguan. Selain bisa menjadi simpanan darurat untuk lebaran, investasi Anda di perusahaan P2P lending ini bisa membantu pengusaha kecil yang kesulitan modal.

Baca juga: Fintech Syariah ALAMI Kini Telah Resmi Terdaftar di OJK Loh!

3. Membeli Aset Digital

Aset digital atau kripto aset merupakan salah satu opsi investasi yang sedang panas-panasnya diberitakan. Selain memiliki banyak sekali pilihan dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, menginvestasikan uang dengan membeli aset digital membuat Anda bebas untuk menarik kembali dana itu kapan saja. Jadi daripada uang THR terpakai untuk membeli barang-barang yang belum diperlukan, boleh saja mencoba mulai membuka akun, misalnya di Indodax, digital exchange aset kripto, dan mulai trading di sana. Siapa tahu Anda bisa ketiban untung dalam waktu singkat!

Itulah beberapa opsi investasi darurat yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengatur keuangan selama dan setelah lebaran. Selamat mencoba!

picture: pixabay.com

-Dita Safitri-

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pengguna Spotify Meningkat Drastis di Kuartal 2 2020

DuniaFintech.com - Platform digital streaming musik dan hiburan, Spotify mendapatkan peningkatan pengguna, atau monthly active user sebanyak 299 juta. Hal tersebut disampaikan...

Mencari Pinjaman Bulanan Online? Ini Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

DuniaFintech.com - Apakah Anda mengalami kesulitan untuk mencari pinjaman bulanan online? Berikut rekomendasi bagi Anda yang mencari pinjaman bulanan online terpercaya

Sukses tapi Sederhana, 5 Tips Kaya Raya ala Mark Zuckerberg ini Bisa Anda Contek

DuniaFintech.com - Sosok ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Tentu semua berpikir, dia bisa membeli apapun dengan kekayaan yang...

Perkembangan Fintech Lending Pesat Buat Pegadaian Siapkan Digital Lending

DuniaFintech.com - Perkembangan fintech lending di masyarakat kian pesat. Perkembangan fintech lending tersebut pun dilihat sebagai peluang besar bagi PT Pegadaian. Oleh...

Akulaku Ambil Langkah Restrukturisasi Kredit Rp47,3 Miliar Saat Pandemi

DuniaFintech.com - Perusahaan Fintech Akulaku ambil langkah restrukturisasi bagi 13.876 debitur dengan total pinjaman Rp47,3 miliar per Juli 2020. Langkah tersebut diambil...
LANGUAGE