25 C
Jakarta
Selasa, 4 Oktober, 2022

Investasi Terbaik Tahun 2020, Ini Bisa Jadi Pilihan Investasi Anda!

DuniaFintech.com – Apa aja sih investasi terbaik tahun 2020? Mungkin sebagian besar masyarakat mengalokasikan dana untuk menabung di deposito. Namun, tidak dipungkiri keuntungan deposito mungkin tidak sebesar instrumen investasi lain dan deposito juga memiliki risiko investasi paling kecil.

Oleh karena itu, ada beberapa contoh instrumen investasi terbaik tahun 2020 yang bisa menjadi pilihan Anda.

Saham dan Reksadana

Saham adalah instrumen investasi yang paling populer. Ada beberapa jenis saham yang bisa dipilih, yaitu saham biasa, saham preferen, saham atas unjuk, saham atas nama, dan sebagainya. Selain itu, ada salah satu jenis saham baru yang diperdagangkan Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu ETF (Exchange Trade Fund). Ini adalah gabungan reksadana terbuka dengan saham. 

Sama seperti saham, reksadana juga memiliki banyak pilihan yang tersedia. Reksadana pun kini semakin digandrungi para milenial. Dalam reksadana, Anda bisa meminta manajer investasi untuk menyalurkan dana yang Anda punya sesuai pilihan.

Emas

Investasi terbaik tahun 2020 lainnya adalah emas bisa dibilang menarik karena harga jual belinya cenderung dinamis mengikuti pasar. Nilai emas tidak tergerus oleh inflasi. Supaya mendapatkan hasil optimal, sebaiknya pilih emas batangan daripada emas perhiasan.

Emas akan lebih menguntungkan jika dijual dalam jangka waktu yang lama. Hal yang perlu kamu perhatikan saat berinvestasi adalah membeli di perusahaan pembuat emas yang kredibel. Biasanya, emas batangan selalu dibekali dengan sertifikat.

Baca juga :

Obligasi

Obligasi merupakan surat pernyataan utang yang dikeluarkan oleh penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi. Penerbit obligasi adalah pihak yang memiliki utang, sebaliknya pemegang obligasi merupakan pihak yang memiliki piutang.

Dalam obligasi, tertulis jatuh tempo pembayaran utang dan bunganya. Ini merupakan kewajiban penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Biasanya, jangka waktu obligasi di Indonesia adalah 1 hingga 10 tahun.

Aset Kripto

Aset Kripto merupakan suatu komoditi yang tidak berwujud, yang berbentuk aset digital. Aset kripto menggunakan sistem kriptografi, jaringan peer-to-peer (p2p), dan teknologi blockchain. Dengan teknologi tersebut, transaksi aset kripto berjalan tanpa campur tangan pihak ketiga. Aset kripto yang paling populer adalah Bitcoin (BTC).

Peer to Peer Lending

Peer to peer lending merupakan istilah dalam industri fintech atau penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam.

Itulah beberapa instrumen investasi terbaik tahun 2020 yang bisa Anda pilih. Untuk membantu Anda menentukan perusahaan terbaik yang bisa menjadi tempat Anda berinvestasi, Anda bisa melihat daftar komparasi di link berikut ini https://duniafintech.com/direktori/

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Blibli.com Kembali Ajukan Rencana IPO di Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali buka suara terkait rencana Blibli.com untuk IPO/Initial Public Offering tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK...

Bulog Endus Perusahaan Swasta Rusak Harga Beras di Pasar

JAKARTA, duniafintech.com - Perum Bulog/Badan Urusan Logistik mengendus adanya permainan perusahaan swasta yang menyebabkan harga beras melonjak. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan perusahaan...

BSU Tahap 4 Sudah Cair, Begini Cara Cek Status Pencairannya

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memastikan program bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 akan diberikan kepada para pekerja atau buruh. Bantuan sebesar Rp600.000 ini akan sampai...

Cara Tarik Tunai GoPay di Alfamart, ATM BCA, & Bank Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai GoPay di ATM BCA, BRI, Indomaret, dan Alfamart berikut ini tentu sangat penting diketahui. Seperti diketahui juga, GoPay merupakan...

Cara Menabung di Bank Mandiri lewat ATM dan Teller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di Bank Mandiri pada ulasan berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Mandiri. Seperti diketahui bersama, Bank Mandiri...
LANGUAGE