33.7 C
Jakarta
Minggu, 23 Juni, 2024

Jenis-Jenis Token di Indodax (Bagian 1)

duniafintech.com – Bagi Anda pecinta aset digital, nama Indodax tentu tak asing lagi. Didirikan tahun 2013 oleh Oscar Darmawan, perusahaan yang semula bernama Bitcoin Indonesia ini kini punya lebih dari sejuta pengguna aktif dan jenis token yang tersedia  beragam. Dalam artikel ini dibahas jenis-jenis token tersebut. 

Saat ini Indodax menawarkan belasan aset digital dalam listingnya yang bisa Anda pilih. Apa saja jenis-jenis token atau aset digital yang ada di Indodax?

Bitcoin (BTC)

Sebagai mata uang virtual pertama yang ada di dunia, Bitcoin menjadi aset digital yang paling populer di Indodax dan dunia. Bitcoin pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna internet bernama Satoshi Nakamoto.  Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat open source yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal.

Tidak seperti mata uang pada umumnya, Bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan teknologi Blockchain yang saat ini secara luas mulai diterapkan di berbagai sektor industri. Bitcoin sendiri juga sudah mulai digunakan secara bebas di berbagai belahan dunia sebagai alat tukar.

Ethereum (ETH)

Setelah Bitcoin, Ethereum adalah mata uang virtual yang paling sering terdengar gemanya di berbagai penjuru dunia. Ethereum sebenarnya sangat mirip dengan Bitcoin. Ethereum adalah jaringan peer-to-peer publik atau blockchain dengan mata uang digitalnya sendiri yang disebut Ether. Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014 dan tujuan Ethereum adalah untuk menjadi platform di mana smart contracts dapat diciptakan dan dipergunakan.

Ethereum Classic (ETC)

Ethereum Classic atau ETC bisa dibilang sebagai saudara dari Ethereum. Ethereum Classic muncul dari proses splitting yang dilakukan oleh developer. Hard fork yang dilakukan pada 20 Juli lalu terjadi demi mengembalikan 12 juta Ethereum yang dikuras oleh seorang hacker. Meskipun menuai kontroversi, hard fork ini akhirnya tetap berjalan dan menyebabkan jaringan Ethereum terbagi menjadi dua yakni Ethereum (ETH) dan Ethereum Classic. Saat splitting terjadi, pengguna yang memiliki Ethereum secara otomatis akan mendapatkan duplikasi Ethereum Classic dalam jumlah yang sama.

Cardano (ADA)

Cardano adalah salah satu aset digital yang juga bisa Anda dapatkan di Indodax. proyek Blockchain dan cryptocurrency publik terdesentralisasi dan sepenuhnya open source. Cardano sedang mengembangkan platform kontrak cerdas yang berusaha untuk memberikan fitur yang lebih canggih daripada protokol yang dikembangkan sebelumnya. Ini adalah platform Blockchain pertama yang berevolusi dari filosofi ilmiah dan pendekatan berbasis penelitian pertama. Tim pengembangan terdiri dari kumpulan insinyur dan peneliti ahli global.

Ripple (XRP)

Ripple sering disebut-sebut sebagai mata uang virtual terbesar ketiga. Ripple diluncurkan pertama kali pada tahun 2012 dengan nama awal Ripple Labs. XRP memiliki fokus menggunakan teknologi blockchain untuk mempercepat transfer dana lintas batas tanpa campur tangan bank konvensional.

Written by: Dita Safitri

 

2 KOMENTAR

Iklan

ARTIKEL TERBARU