29.3 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Jenis Kerja Part Time dan Berbagai Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Jenis kerja part time yang beragam menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Selain pelajar atau generasi muda, para pekerja kantoran atau seseorang yang sudah memiliki pekerjaan pun kerap bekerja paruh waktu.

Pekerjaan paruh waktu biasanya digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, menambah tabungan, menggunakan waktu luang dan meningkatkan keterampilan.

Jenis kerja part time sendiri merupakan pekerjaan yang separuh dari pekerjaan tetap atau penuh waktu. Dalam hal ini tidak dibatasi jam kerja, tetapi jenis kerja part time biasanya ditetapkan untuk jangka waktu yang ditentukan oleh perusahaan.

Selain itu, upah kerja paruh waktu biasanya dihitung untuk jangka waktu tertentu dan kemudian diakumulasikan dengan mengorbankan hari kerja karyawan. Saat ini banyak perusahaan di berbagai industri yang mempekerjakan pekerja paruh waktu karena berbagai alasan dan kebutuhan.

Bagi Anda yang sedang mencari kerja paruh waktu untuk menambah penghasilan, berikut beberapa jenis pekerjaan part time yang bisa Anda lakukan.

Tidak hanya itu, kerja part time jenis ini juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang tidak memiliki pekerjaan.

Baca jugaCara Menghasilkan Uang dari Ponsel Cocok untuk Penghasilan Tambahan

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaRagam Hobi yang Menghasilkan Uang jadi Penghasilan Tambahan

Ragam Jenis Part Time untuk Penghasilan Tambahan

  • Fotografer

Jenis kerja part time yang pertama adalah menjadi fotografer. Seorang fotografer paruh waktu juga bisa mendatangkan penghasilan besar bagi para pecinta fotografi. Apakah Anda seorang fotografer on-call untuk pernikahan atau fotografer studio, pre-wedding dan acara lainnya. Selain itu, Anda juga dapat mengatur jam kerja.

  • Guru Paruh Waktu

Contoh pekerjaan paruh waktu berikut ini bisa dilakukan oleh mereka yang masih berstatus anak kuliahan atau mahasiswa. Hanya sedikit siswa yang bekerja sebagai guru privat paruh waktu. Beragam hal bisa Anda lakukan mulai dari mengajar di kelas sekolah, mengajar Al-Qur’an, membaca dan menulis secara privat, atau bahkan mengajar musik. Pendapatan seorang tutor paruh waktu tidak bisa dianggap remeh sebagai pekerjaan paruh waktu

  • Penulis Lepas

Jenis pekerjaan paruh waktu berikutnya adalah menjadi penulis lepas. Syarat untuk menciptakan konten yang berkualitas sangat tinggi ketika dunia blog mulai mendunia dan digemari banyak orang. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh para penulis artikel atau penulis konten freelance yang bisa mendapatkan keuntungan.

Bekerja paruh waktu sebagai penulis lepas tentu menjadi salah satu pekerjaan paruh waktu menjanjikan yang bisa Anda lakukan dari rumah. Pada saat yang sama, Anda harus memiliki keterampilan menulis yang baik serta sistem yang tepat. Jenis pekerjaan paruh waktu ini cocok untuk pelajar atau mereka yang sudah memiliki pekerjaan sebagai produser konten. Namun bagi yang ingin mendalami dunia penulisan artikel bisa mencoba bekerja paruh waktu sebagai penulis lepas.

  • Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki bakat di bidang desain grafis, pekerjaan paruh waktu membuka jasa desain grafis mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Anda benar-benar dapat memulai dengan banyak platform yang tersedia dan memposisikan portofolio Anda sebagai contoh pekerjaan Anda dan aset untuk menarik klien.

  • Toko Online

Dengan berkembangnya teknologi dan pengetahuan, Anda bisa menciptakan pekerjaan paruh waktu untuk diri Anda sendiri. Salah satu jenis kerja part time ini adalah dengan berjualan online yang dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram.

Penjualan online tidak hanya bisa dilakukan dan dipromosikan melalui media sosial saja, namun Anda juga bisa menempatkan barang di marketplace yang kini sudah banyak tersedia. Selain jam kerja yang fleksibel, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pekerjaan paruh waktu di Internet.

  • Tour Guide

Jika Anda suka bepergian dan menguasai bahasa asing, jenis kerja part time yang satu ini cocok untuk Anda. Apalagi jika Anda berasal dari daerah wisata dan memahami rute menarik yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Namun karena jam kerja yang panjang, pekerjaan paruh waktu ini juga bisa dilakukan di akhir pekan.

  • MC atau Master of Ceremony

Public speaking memerlukan keahlian khusus, termasuk menjadi MC atau pembawa acara. Jika Anda terbiasa berbicara dan mengorganisir acara, Anda bisa bekerja sebagai MC paruh waktu. Anda juga dapat menyesuaikan jam kerja Anda sesuai dengan waktu yang dimiliki.

  • Social Media Influencer

Jenis kerja part time berikut ini menunjukkan bahwa internet sangat membantu bisnis Anda. Misalnya dengan menjadi blogger profesional atau influencer media sosial, Anda bisa melakukan pekerjaan Anda di mana saja.

Tentunya jika Anda punya waktu luang, Anda juga bisa bekerja paruh waktu di rumah. Anda hanya perlu menggunakan media sosial yang didukung internet yang memadai.

Keuntungan Bekerja Paruh Waktu

Pekerjaan paruh waktu mungkin tidak memiliki jam kerja tetap seperti pekerja kantoran, namun pekerjaan paruh waktu juga memiliki berbagai manfaat, terutama bagi pelajar.

Berikut beberapa manfaat kerja paruh waktu.

  • Meningkatkan Penghasilan

Manfaat bekerja paruh waktu yang pertama adalah menambah uang saku. Jika anda mempunyai uang dari orang tua khususnya untuk pelajar tentunya anda akan senang karena anda akan mendapatkan bayaran atas pekerjaan anda sebagai uang tambahan. Biasanya, pekerja paruh waktu dibayar berdasarkan lamanya mereka bekerja, seperti per jam, hari, atau shift.

  • Jam Kerja Fleksibel

Kerja paruh waktu juga memiliki keunggulan jam kerja yang fleksibel, sangat berguna bagi mahasiswa yang khawatir pekerjaan akan mengganggu waktu belajar. Ada banyak perusahaan atau industri yang menawarkan pekerjaan paruh waktu yang fleksibel. Jadi Anda bisa mengatur sendiri jam kerja sesuai dengan waktu luang Anda.

  • Merasakan Dunia Kerja

Pekerjaan paruh waktu dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk langsung memasuki dunia kerja. Saat memasuki kehidupan kerja, Anda akan belajar merencanakan waktu sejak dini dan belajar agar pembelajaran tidak mengganggu.

  • Bekerja Paruh Waktu Meningkatkan Pengalaman

Manfaat lain dari bekerja paruh waktu bagi siswa yang menawarkan manfaat paling banyak adalah pengalaman. Dengan pengalaman universitas, jika Anda lulus dari universitas dan melamar pekerjaan di mana Anda sudah memiliki poin khusus sebagai nilai tambah berupa pengalaman kerja paruh waktu yang nantinya akan ditambahkan ke CV Anda.

Jenis kerja part time mempunyai banyak peluang dan keuntungan, setelah bekerja paruh waktu ada baiknya merencanakan keuangan atau gaji Anda untuk masa depan.

Baca jugaCara Mencari Peluang Bisnis untuk Pemula

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE