33.4 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

UMKM Wajib Tahu! Inilah 7 Jenis Pinjaman BCA untuk Modal

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, ada beberapa jenis pinjaman BCA yang disediakan bagi nasabah, utamanya bagi para pelaku UMKM.

Adapun masing-masing jenis pinjaman ini juga memiliki syarat yang mesti dipenuhi oleh nasabah. Pinjaman bank sendiri pun sering kali dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan modal usaha, renovasi rumah, pendidikan, pernikahan, dan lain sebagainya.

Bagi kamu, khususnya nasabah BCA, yang tengah membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jenis-jenis pinjamannya.

Baca juga: Anti Ribet! Begini Cara Tarik Tunai tanpa Kartu BCA di ATM

Jenis Pinjaman Bank BCA

Di bawah ini akan disajikan sebanyak 7 daftar pinjaman dari Bank BCA bisa dicoba oleh para nasabahnya.

1. Kredit Modal Kerja Angsuran

Ini adalah kredit untuk modal kerja dengan adanya installment maupun pembayaran menggunakan sistem angsuran. Pinjaman ini bisa menjadi solusi bagi pengusaha yang memerlukan kucuran dana taktis working capital.

Jangka waktunya sendiri bagi kredit adalah maksimum 5 tahun tanpa ada grace period dan tidak bisa diperpanjang lagi. Debitur yang memperoleh pinjaman ini nantinya bisa menariknya sewaktu-waktu secara bertahap tanpa grace period.

Syarat dokumennya:

– Fotokopi sertifikat.

– Fotokopi KTP dan NPWP dari pemilik angunan.

– Fotokopi IMB.

– Fotokopi tagihan PBB terakhir.

– Fotokopi bukti pembayaran PBB terakhir.

2. Pinjaman BCA Kredit Ekspor

Produk pinjaman yang satu ini untuk pembiayaan aktivitas pada ekspor sebagai solusi kredit untuk produksi, pengumpulan, dan persiapan barang untuk ekspor. Adapun perhitungan bunganya bisa disesuaikan dengan jumlah hari pada penggunaan kredit itu.

Jangka waktu kreditnya adalah selama 1 tahun dan masih bisa diperpanjang. Jika ingin melakukan penarikan maka harus menggunakan surat permohonan yang telah ditandatangani oleh debitur dan lengkap dengan dokumen rencana ekspor.

Syarat dan ketentuan:

– Usianya lebih dari 17 tahun atau telah menikah.

– WNI.

– Statusnya tidak dalam pailit atau proses sengketa pailit.

– Berbadan hukum atau badan usaha Indonesia.

– Sudah sesuai Anggaran Dasar dan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

3. Kredit Lokal

Adapun produk pinjaman lainnya dari BCA untuk UMKM adalah kredit lokal, yang bisa menjadi salah satu pilihan nasabah. Kredit lokal menjadi solusi tepat bagi pengusaha yang membutuhkan pembiayaan dengan sifatnya likuid.

Penarikan dana dan pelunasannya juga bisa dilakukan kapan saja, dalam jangka waktu fasilitas kredit yang menggunakan rekening giro.

Fitur:

– Bisa digunakan kapan dan di mana pun dengan penarikan kredit menggunakan bilyet, giro, online banking, atau cek.

– Penarikan bisa dilakukan berkali-kali selama masa waktunya fasilitas kredit hingga batas plafon dengan menggunakan bilyet giro ataupun cek.

– Jangka waktu untuk kredit 1 tahun dan bisa diperpanjang kembali.

– Pelunasannya bisa sewaktu-waktu dan pembayaran bisa dengan cicilan angsuran serta bunga sesuai jumlah hari yang digunakan kredit.

jenis pinjaman bca

4. Kredit Investasi

Pinjaman yang satu ini digunakan untuk membeli, pembangunan, atau peremajaan aktiva tetap, seperti halnya properti komersial, mesin, dan juga kendaraan. Untuk kredit jenisnya adalah kredit investasi.

Adapun jangka waktu untuk kredit ini bisa sampai 12 tahun dan punya tenor panjang, menyesuaikan pada plafon kredit yang relatif cukup besar. Untuk realisasinya fasilitas kredit investasi adalah dengan melakukan pemindahbukuan pada rekening debitur yang sudah tercantum di perjanjian kredit.

Fitur:

– Penarikan dapat dilakukan secara bertahap ataupun sekaligus.

– Plafon untuk kredit investasi dapat disesuaikan dengan aset yang akan dibiayai.

– Pelunasan dengan pendebetan pada rekening debitur.

Baca juga: Review Asuransi BCA Life, Ini Daftar Produknya [Khusus Individu dan Karyawan]

5. Kredit Usaha Rakyat

BCA juga memiliki layanan pinjaman berupa KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang merupakan jenis pinjaman untuk modal kerja maupun investasi pada debitur perorangan maupun kelompok usaha yang telah produktif dan layak, tetapi belum mempunyai angunan tambahan atau tambahannya belum cukup.

Di samping tidak memerlukan agunan, KUR punya keunggulan berupa bunga yang bersaing. Suku bunganya 60% p.a tanpa ada biaya provisi dan administrasi. Pinjaman ini punya ketetapan limit mulai dari Rp10 juta hingga Rp100 juta.

Syarat:

– WNI dan mempunyai KTP dan juga KK.

– Minimal usianya 21 tahun dan maksimal 60 tahun ketika pelunasan.

– Mempunyai surat izin usaha.

– Mempunyai proposal maupun laporan pada keuangan usaha.

– Mempunyai NPWP jika mengajukan pinjaman di atas Rp50 juta.

– Tidak menerima kredit dari bank lain.

– Mempunyai riwayat kredit yang lancar dari Bank Indonesia dan tidak di-blacklist.

6. BCA Smartcash

BCA Smartcash adalah layanan yang mirip dengan kartu kredit. Pinjaman ini ditujukan secara khusus bagi pebisnis.

Keuntungan:

– Bunga murah, yaitu 0,06% per hari maupun 1% per bulan yang dihitung secara harian.

– Limit kartu mulai dari Rp10 juta hingga Rp100 juta.

– Dapat melakukan tarik tunai menggunakan ATM BCA serta transfer pada rekening BCA sewaktu-waktu. Selain itu, tidak ada biaya untuk tarik tunai, termasuk biaya admin, saat melakukan tarik tunai hingga setoran antar cabang.

– Bisa digunakan sebagai alat untuk membayar seperti kartu kredit biasa.

7. BCA Visa Corporate

BCA juga menyediakan kartu kredit perusahaan yang bisa memberikan banyak kemudahan serta fleksibel untuk transaksi sebagai upaya membantu kegiatan pengusaha dengan skala menengah ke atas.

Perusahaan pun bisa menggunakan jenis kartu kredit ini untuk melakukan pembiayaan atas perjalanan dinas maupun entertainment. Kartu kredit yang satu ini akan memberikan kemudahan bagi perusahaan supaya tidak lagi menggunakan sistem penyediaan uang tunai di muka.

Proses administrasinya juga akan jauh lebih mudah dan waktunya akan lebih efisien jika ada kebutuhan untuk perjalanan dinas yang sifatnya mendadak.

Syarat:

– Perusahaan sudah berdiri 2 tahun akan bisa mengajukan peminjaman minimal 5 Kartu Kredit BCA Visa Corporate.

– Batas minimalnya limit Rp100 juta.

– Bunga yang telah ditawarkan sangat kompetitif, yakni 2,95% setiap bulan untuk melakukan kegiatan transaksi pembelanjaan maupun tarik tunai.

Keuntungan Pengajuan Pinjaman BCA—Jenis Pinjaman BCA

Berikut ini adalah sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh nasabah yang mengajukan pinjaman dari Bank BCA:

1. Proses cepat dan mudah.

2. Pinjaman hingga Rp100 juta.

3. Tanpa jaminan.

4. Tenor panjang.

5. Suku bunga tetap.

6. Tersedia perlindungan asuransi.

Sekian ulasan tentang jenis pinjaman BCA untuk modal tambahan usaha yang wajib diketahui oleh pelaku UMKM. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Bayar Akulaku via ATM BCA Ternyata Gampang Loh! Ini Panduannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Atasi Lupa PIN ATM BCA dengan Gampang & Anti Ribet

JAKARTA, duniafintech.com – Cara atasi lupa PIN ATM BCA tentu saja sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank BCA yang mengalaminya. Adapun lupa nomor...

Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless, Inilah Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan keluarga cashless sejatinya adalah sebuah asuransi yang menyediakan layanan klaim secara non-tunai. Nah, jika kamu sedang mencari asuransi untuk keluarga...

Panduan Lengkap Cara Deposit Indodax lewat Berbagai Metode

JAKARTA, duniafintech.com - Cara deposit Indodax pada dasarnya akan bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode sesuai pilihan. Langkah ini merupakan langkah awal untuk para...

Geser Pasar Modal, Investor Kripto Indonesia Tembus 15 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Jumlah investor kripto di Indonesia terus meningkat. Bahkan jumlahnya cukup fantastis, melebihi investor pasar modal.  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan...

Cara Top Up OVO lewat BRI, Dijamin Mudah dan Praktis!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat BRI atau Bank Rakyat Indonesia berikut ini penting diketahui oleh para pengguna layanan ini Seperti diketahui, perkembangan...
LANGUAGE