26.2 C
Jakarta
Jumat, 4 Desember, 2020

Kabar Baik untuk Millenial, Yuk Ikutan Startup Weekend Indonesia Next Gen

DuniaFintech.com – Techstar bersama KUMPUL menyelenggarakan kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen dengan membuat program yang akan berlangsung selama 54 jam untuk membangun startup pada enam fokus sektor yakni kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan.

Anak muda Indonesia adalah potensi yang besar bagi keberlangsungan bangsa ini. Dari data tahun 2019 oleh World Economic Forum, 36% anak muda dan 88% Gen Z di Indonesia ingin menjadi entrepreneur. Angka tersebut merupakan persentase tertinggi di Asia Tenggara.

Sebanyak 34% anak muda Indonesia juga sudah memulai usahanya sendiri, namun rasio entrepreneur Indonesia yang sebesar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang, masih di bawah capaian negara tetangga, seperti Singapura yang saat ini sudah mencapai angka 7%, dan Malaysia yang berada di level 5%. Padahal untuk menjadi negara maju dibutuhkan lebih dari 14% jumlah pelaku entrepreneur dari total populasi penduduknya.

Kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen dapat diikuti oleh ribuan orang dengan rentang usia 18 – 25 tahun. Diadakan oleh lebih dari 30 Universitas dan lebih dari 30 acara individu selama bulan September hingga Oktober 2020. Selama 54 jam membentuk dan mewujudkan ide startup yang didampingi oleh mentor-mentor terbaik di Tanah Air.

Baca Juga:

Para peserta bisa mulai mendaftar di laman nextgen.startupweekend.id yang sudah bisa diakses saat ini juga. Sementara Startup Weekend Indonesia Next Gen akan diadakan pada tanggal 9-11 Oktober 2020 mendatang.

Hari pertama akan adapembentukan tim dan ide dari peserta. Hari kedua akan berlangsung sesi dari pembicara, mentoring serta pembentukan startup. Lalu di hari ketiga akan dilakukan pelatihan presentasi dan menunjukkan pekerjaan mereka kepada juri. Startup terbaik akan dipilih untuk Demo Day serta 3 startup terbaik akan mendapatkan mentoring selama 3 bulan.

Startup Weekend Indonesia Next Gen sendiri merupakan program giving-back dari akselerator asal Amerika Serikat, Techstars sejak tahun 2007. Perusahaan ini telah menjadi biggest entry point bagi para local preneurs untuk membangun startup.

Selain itu, kegiatan ini telah diorganisir oleh komunitas dan hampir 70.000 peserta di 120 negara di seluruh dunia setiap tahunnya. Di Indonesia, KUMPUL bersama Tehcstarts sudah lebih dari 50 kali melakukan program ini bersama lebih dari 100 komunitas di seluruh Indonesia.

Dukungan untuk Startup Weekend Indonesia merupakan salah satu cara terbaik untuk mendukung komunitas lokal dan terhubung dengan early stage businesses.

(DuniaFintech/Drean M.Ikhsan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

KoinWorks Siap Dukung Ekonomi Digital untuk UMKM di 2021

DuniaFintech.com - Penyelenggara layanan keuangan digital, KoinWorks ​menyatakan akan mendukung pemanfaatan ekonomi digital pada industri UMKM Indonesia. Dalam Webinar bertajuk '#BangunResolusi Talks: Digitalisasi Keuangan...

Persiapkan Digital Hub untuk Indonesia, Telkomsigma Rilis Flou Cloud

Duniafintech.com - Perusahaan information communication & technology (ICT) solutions, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui anak usahanya Telkomsigma rilis Flou Cloud untuk mendukung pemerintah...

Facebook Membeli Startup Kustomer? Ternyata Ini Alasannya

DuniaFintech.com - Facebook membeli startup Kustomer? Kira-kira untuk apa ya? Startup Kustomer sendiri merupakan customer service startup. Startup ini mengintegrasikan layanan pelanggan online di...

Perusahaan Fintech STACS dan Bursa Malaysia Manfaatkan Blockchain untuk Pasar Obligasi

DuniaFintech.com - Perusahaan fintech STACS mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan ikatan blockchain proof-of-concept ("POC") dengan Bursa Efek Nasional Malaysia, Bursa Malaysia. Kerja sama ini dilakukan...

Pinjam Duit Cepat Hingga 100 Juta Tanpa Jaminan Kini Bisa Lewat Fintech

Duniafintech.com - Kini layanan keuangan berbasis online bernama financial technology (fintech), sudah mulai banyak bermunculan. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang membutuhkan layanan finansial...
LANGUAGE