Kenali Untung Rugi Menggunakan Paylater Bagi Para Milenial

0
117
untung rugi paylater
Ilustrasi

Duniafintech.com – Fitur PayLater kian populer dikalangan milenial, sebab fitur pembayaran paylater ini bisa digunakan untuk membayar ‘nanti’ berbagai macam transaksi mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti belanja online sampai bayarin kebutuhan travelling, semisal beli tiket pesawat, pesan hotel dan isi paket data internet. Bukan rahasia jika aplikasi paylater ini memiliki sistem yang fungsi dan manfaatnya persis dengan kartu kredit. Namun, ketahui dahulu untung rugi paylater sebelum Anda menggunakannya.

Keuntungan Menggunakan Paylater

Saat ini, paylater sudah merambah ke berbagai sektor, termasuk aplikasi-aplikasi finansial. Popularitas sekaligus jumlah pengguna layanan ini terus meningkat, terutama generasi milenial yang memang lekat dengan label ‘serba praktis’. Tidak dapat dimungkiri bahwa paylater memang menawarkan banyak keuntungan, seperti:

  • Pengajuan Mudah
  • Bisa Digunakan untuk Berbagai Macam Transaksi
  • Ada Metode Cicilan
  • Banyak Promo Menarik

Kerugian Menggunakan Paylater

Poin-poin keunggulan di atas memang menggiurkan, bukan? Namun, Anda perlu mempertimbangkan pula kerugian dari layanan yang satu ini. Memiliki banyak kelebihan tidak lantas membuatnya terhindar dari kelemahan. Berikut adalah kerugian-kerugian dari penggunaan paylater:

  • Membudayakan Utang
  • Membuatmu Lebih Boros
  • Berpotensi Membuat Neraca Keuangan Defisit
  • Tagihan Membengkak
  • Keamanan Identitasmu Terancam
  • Memengaruhi Skor Kredit

Itulah beberapa poin untung rugi paylater sebelum Anda menggunakannya. Sebaiknya Anda lebih bijak dalam menggunakan layanan tersebut. Asalkan Anda dapat mengontrol diri dengan baik, tidak masalah untuk memanfaatkannya.

Baca Juga:

Cara Hemat Selain Paylater

Setlah mengetahui untung rugi paylater, pada dasarnya layanan ini memberikan bunga yang cukup besar jika Anda melakukan cicilan. Selain PayLater, sebenarnya ada cara yang lebih murah untuk membiayai kebutuhanmu. Anda bisa mengajukan pinjaman Kredit Multi Guna (KMG) yang biasanya memberikan bunga yang lebih murah dibandingkan dengan PayLater.

Mengapa bunga KMG lebih murah? Sebab rata-rata bunga KMG sebesar 9% sampai dengan 11% per tahun, atau di bawah 1% per bulan. Hanya saja, KMG mensyaratkan Anda untuk memiliki jaminan, seperti mobil atau barang berharga lain.

Besarnya plafon kredit juga lebih tinggi dibandingkan dengan PayLater atau KTA, tergantung dari nilai asset yang dijadikan agunan. Rata-rata plafon dipatok berkisar Rp2 juta – Rp2 miliar. Selain itu jangka waktu pelunasan biasanya juga lebih panjang. Selain itu, dengan KMG, Anda bisa berbelanja atau membeli tiket pesawat dan akomodasinya di manapun, tidak hanya dari satu aplikasi.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here