27.6 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Keunggulan NFT yang Wajib Diketahui, Bernilai Tinggi hingga Tak Bisa Dipalsukan

JAKARTA, duniafintech.com – Keunggulan NFT (non-fungible token) ada beragam. Utamanya yaitu bernilai tinggi dan tidak dapat dipalsukan. 

NFT adalah sebuah aset digital atau versi digitalisasi dari sebuah aset nyata (digital item), Non Fungible Token ini dapat mewakili aset yang tidak dapat dipertukarkan seperti barang koleksi, karya seni (digital art), real estate, barang-barang di dunia yang unik dan langka.

Non Fungible Token bisa berupa apa pun bahkan tweet atau postingan pertama di Twitter yang dipost oleh Jack Dorsey, penemu Twitter, juga dijadikan Non Fungible Token. Hal ini menjadikannya aset istimewa dan menarik, seperti dari mata uang fiat tradisional atau cryptocurrency seperti Bitcoin atau stablecoin, dapat dipertukarkan dengan sangat mudah. 

Baca juga: NFT Termahal di Dunia Harganya Tinggi Banget, Ini Daftarnya

Karena nilai satu Bitcoin yang Anda miliki akan sama dengan nilai satu Bitcoin milik temanmu. Tapi Non Fungible Token itu berbeda, karena nilai satuannya yang kamu miliki pasti berbeda dengan milik teman mu dan tidak bisa digantikan dengan satu sama lain.

Ibaratnya, hanya ada satu lukisan asli Monalisa karya Leonardo Da Vinci yang tentu tidak bisa digantikan dengan lukisan Starry Night karya Vincent Van Gogh, kiranya seperti itulah sifat Non Fungible Token.

Keunggulan NFT

Keunggulan NFT

Siapa bilang kalau non-fungible token bukanlah sesuatu yang bernilai? Meski tidak memiliki nilai tukar, tetapi NFT ini bisa dijadikan sebagai investasi, terutama bagi mereka yang menyukai kripto

Agar semakin yakin bahwa NFT bukanlah sesuatu yang sia-sia, terlebih dengan keberhasilan orang-orang yang menjual aset mereka dengan harga yang sangat tinggi, mengapa tidak mencari tahu apa saja keunggulan NFT.

Baca juga: Memahami Apa Itu Ethereum, Sejarah hingga Cara Kerjanya

Ada beberapa kelebihan atau keunggulan NFT yang juga menjadi alasan kenapa sekarang semakin banyak orang mulai bermain non-fungible token dengan menawarkan aset yang unik, seperti:

1. Langka dan Tidak Bisa Dipalsukan

Salah satu kelebihan Non fungible token adalah langka dan tidak bisa dipalsukan. Pencipta dan pemilik asal aset NFT juga bisa dengan mudah dilacak sehingga bisa dijadikan sebagai aset invest yang bernilai tinggi di masa mendatang. Seniman atau pembuat NFT bisa mendapatkan royalti tanpa khawatir karyanya ditiru oleh pihak lain karena bukti kepemilikan tersimpan dalam blockchain.

2. Nilainya Tinggi dan Mudah Dijual Kembali

Nilai NFT tinggi terlebih jika banyak orang atau investor yang bersedia membeli aset NFT dengan harga yang fantastis. Saat menjual aset ini, kamu bisa menawarkannya secara lelang di mana setiap calon pembeli akan memberikan bid harga yang dirasa layak untuk mendapatkan aset tersebut.

Selain nilainya yang tinggi, non-fungible token juga mudah dijual kembali. Setiap pemilik aset NFT bisa kembali menjual aset mereka kepada mereka yang tertarik untuk memiliki NFT tersebut.

3. Tidak Bisa Dibatalkan Hak Kepemilikannya

Blockchain telah menyimpan bukti kepemilikan aset digital NFT jadi tidak ada yang bisa membatalkannya. Itulah kenapa kepemilikan NFT tidak bisa dibatalkan meski aset tersebut sudah beberapa kali berpindah tangan dengan semakin seringnya aset tersebut diperjualbelikan. Ini adalah kelebihan lain dari non-fungible token (NFT).

4. Hak Cipta Hanya Bisa Dipegang dan Dikelola Oleh Pembeli

Setelah NFT menjadi milik pembeli, ia akan menjadi satu-satunya orang atau pihak yang akan memegang hak cipta dari aset tersebut. Dengan begitu, pemilik aset tersebut tidak perlu khawatir ada orang yang mengklaim bahwa aset tersebut adalah milik mereka.

5. Keamanan Terhadap Aset Sangat Tinggi

Non fungible token adalah karya seni digital yang menggunakan teknologi blockchain seperti mata uang digital. Teknologi yang digunakan pada NFT adalah milik Ethereum sehingga keamanannya sangat tinggi. Dengan menggunakan teknologi blockchain, setiap orang bisa melacak konde unik NFT yang dimiliki. 

Alhasil, kita bisa melihat riwayat kepemilikan aset digital ini dengan mudah mulai dari penerbit awal, pembeli pertama hingga pemilik aset NFT terbaru. 

Itulah ulasan mengenai keunggulan NFT yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu. 

Baca juga: Cara Main Crypto Dengan Mudah dan Aman, Pastinya Cuan

Baca terus berita fintech Indonesia dan Kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE