26.7 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Keuntungan Menabung Emas dan Cara Memulainya

Emas adalah salah satu benda yang sangat berharga, mulai dari dulu hingga sekarang emas masih menjadi primadona untuk menabung. Namun, sebenarnya apa sih keuntungan menabung emas itu sendiri?

Seperti kita ketahui, emas memiliki harga yang relatif meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan hampir setiap tahun selalu membukukan kenaikan harga.

Bahkan harga emas sendiri tidak terlalu dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global, entah ekonomi semakin melorot atau bahkan ketika ekonomi sedang melonjak bagus harga emas juga mengalami kenaikan. 

Maka dari itu, menabung emas merupakan hal yang sangat menguntungkan.

Beberapa Keuntungan Menabung Emas

Jika kalian penasaran mengenai apa saja sih keuntungan emas, yuk simak penjelasan dari kami berikut ini supaya semakin paham.

1. Tidak Terpengaruh Inflasi

Tidak seperti menabung uang pada umumnya, menabung emas tidak akan terpengaruh nilai inflasi. Sekalipun sebuah negara sedang mengalami inflasi, nilai emas tetap dan tidak akan berubah.

Inilah alasan utama kenapa menabung emas menjadi primadona bagi setiap orang. Aset yang kita simpan berupa emas tidak akan mengalami penurunan di masa mendatang dengan alasan apapun.

Dari histori yang bisa kita ambil, pada tahun 1990 harga emas adalah Rp23.349,- dan sekarang pada tahun 2022 di harga 900 ribu rupiah per gram. Ini menunjukkan harga emas selalu mengalami peningkatan harga apapun yang terjadi.

2. Likuiditas Sangat Tinggi

Emas sangat cocok disimpan untuk kebutuhan apa saja karena memiliki likuiditas tinggi. Permintaan pasar yang tinggi membuatnya sangat mudah untuk dicairkan menjadi uang.

Berbeda dengan investasi properti atau menabung deposito yang memiliki likuiditas lumayan rendah sehingga cukup sulit untuk mencairkannya menjadi uang.

3. Aman dari Berbagai Risiko

Keuntungan menabung emas yang selanjutnya adalah kecilnya risiko yang dimiliki. Mungkin dalam menabung emas hanya berisiko kehilangan saat menyimpan saja. Namun jika kita bisa menyimpannya dengan baik maka risiko itu tidak akan menjadi masalah. 

Selain itu, emas memiliki ketahanan terhadap isu geopolitik. Jika suatu wilayah atau negara mengalami ketidakpastian ekonomi, maka banyak warganya yang memilih menyimpan kekayaannya dalam bentuk emas.

4. Tidak Terikat Pajak

Jika kita memiliki tabungan dalam bentuk deposito maka bunga yang didapatkan akan dikenai pajak. Dalam properti juga kita akan dikenakan pajak terhadap properti yang kita miliki.

Berbeda dengan emas, sebanyak apapun kita menyimpan emas dan berapa banyak keuntungan kita selama menyimpan emas tidak akan dikenakan pajak sedikitpun. Ini merupakan keuntungan menabung emas yang paling menguntungkan bagi semua orang.

5. Bisa Dimulai dari Nominal yang Kecil

Sekarang ini sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan berbasis fintech yang menawarkan menabung emas mulai dengan nominal hanya Rp10.000,- saja. Jadi jika kita belum mampu untuk membeli emas sebanyak 1 gram secara langsung, bisa dimulai dengan nominal yang kecil ini.

Kemudahan ini menjadikan siapapun sekarang bisa menabung emas tanpa harus menyisihkan uang terlebih dahulu sehingga lebih bisa mengikuti harga emas seraca real time.

6. Menabung Emas Tidak akan Bangkrut

Hal yang paling penting dalam menabung emas adalah tidak akan mengalami kerugian sedikitpun. Sejatinya harga emas yang fluktuatif tidak akan mempengaruhi nilai intrinsiknya.

Sehingga meskipun harga emas mengalami penurunan namun nilai emas akan tetap sepanjang masa. Jadi jangan khawatir ketika kalian menabung emas sewaktu-waktu harganya menurun.

Karena nantinya harga emas pasti akan kembali naik bahkan bisa berkali-kali lipat, dan itu sangat menguntungkan.

Itulah beberapa keuntungan menabung emas yang bisa kita jadikan motivasi untuk terus menabung. Sebagai tambahan kami juga akan memberikan beberapa cara simpel untuk menabung emas yang bisa kalian praktikkan.

Cara Simpel untuk Investasi Emas

Cara pertama adalah siapkan modal dulu, tidak usah banyak-banyak mungkin sekitar 100 ribu saja sudah cukup untuk membuka rekening tabungan emas.

Setelah itu, barulah untuk mulai mencari perusahaan atau fintech yang menyediakan layanan menabung emas.

Selanjutnya tinggal daftar dan mulailah untuk menabung emas. Bagaimana simpel kan? 

Yuk yang belum pernah menabung emas, kita mulai menabung emas dari sekarang sebelum harga emas semakin melambung tinggi

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bursa Kripto Masih Belum Terealisasi, Langkah Mendag Zulkifli Hasan Ditunggu

JAKARTA, duniafintech.com - Keberadaan bursa kripto sebagai bagian dari ekosistem perdagangan legal aset kripto di Indonesia hingga kini belum berujung atau terealisasi.  Meski pucuk pimpinan...

Segera Siapkan Regulasi Investasi Kripto, Zulkifli Hasan Bilang Biar Lebih Aman

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi aset kripto saat ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus beradaptasi dengan tren ekosistem ekonomi digital itu. Hal itu...

Harga Volkswagen Polo hingga Daftar Dealernya

JAKARTA, duniafintech.com – Volkswagen Polo hingga kini masih menjadi salah satu mobil asal Jerman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Baik di Indonesia maupun di...

Estimasi Biaya Laparoskopi, Mahal Enggak Ya?

JAKARTA, duniafintech.com – Estimasi biaya laparoskopi di rumah sakit memang terbilang cukup menguras kantong, bahkan bisa mencapai puluhan juta. Laparoskopi sendiri adalah tindakan medis berupa...

Sesuai Syariat Islam, Begini Prinsip P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Pastinya P2P lending sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia fintech syariah terus mengalami peningkatan....
LANGUAGE