25 C
Jakarta
Senin, 18 Oktober, 2021

Daftar Lengkap Kode SWIFT Bank di Indonesia

Kode SWIFT bank atau Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications diketahui sangat memudahkan transaksi keuangan saat ini. Pasalnya, bukan hanya antarbank di dalam negeri, tetapi nasabah pun sudah dapat melakukannya antarbank di luar negeri.

Adapun kode yang satu ini sangat membantu mereka yang memiliki kolega atau memiliki keluarga di luar negeri atau sedang bekerja di luar negeri dan ingin mengirim uang ke Indonesia. 

Tentang Kode SWIFT

Kode SWIFT adalah kode yang digunakan untuk mengidentifikasikan bank di negara dan cabang tertentu. Pada dasarnya, kode ini terdiri dari 8 atau 11 huruf dan angka.

Misalnya, AAAABBCC123. Kempat kode A itu mewakili nama perusahaan perbankan dan dua B menandakan kode negara bank tersebut, sedangkan C dan 123 mewakilkan kode cabang atau lokasi, serta kode tiga angka di akhir sangat opsional. 

Kode ini sendiri dibuat oleh Asosiasi Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications untuk mempermudah dalam pertukaran informasi perbankan antarnegara. Saat ini, sudah sebanyak 200 negara yang berpartisipasi dalam SWIFT, dengan lebih dari 9.000 lembaga perbankan dan sekuritas di dalamnya. 

Di samping dinamai sebagai Kode Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications, kode ini pun sering disebut sebagai BIC atau Bank Identifier Code lantaran kegunaannya memang untuk menandakan identitas sebuah bank di negara tertentu.

Fungsi Kode SWIFT

Kode ini diketahui memiliki dua fungsi, yakni sebagai identitas bank dan sebagai sarana transfer uang antarnegara. 

1. Sebagai identitas 

Bukan hanya dikenal dengan SWIFT, kode ini pun populer dengan sebutan Bank Identifier Code (BIC). Kode berisi 8—11 angka dan huruf tersebut digunakan sebagai alat identifikasi institusi keuangan yang tergabung dalam SWIFT. Kode antarbank dengan bank lainnya tentu ssja berbeda.

Kode tersebut digunakan untuk meningkatkan keamanan transaksi antarnegara dan mengurangi risiko biaya yang dibebankan ketika bertransaksi. 

2. Sebagai kode transaksi keuangan antarnegara

Kode unik ini juga dapat  digunakan sebagai kode transfer uang skala internasional. Karena itu, nasabah dapat mentransfer uang ke bank lain di luar negeri. Tentu saja hal itu akan sangat membantu mereka yang memiliki kolega atau keluarga yang sedang studi di luar negeri.

Contoh, nasabah punya seorang kakak yang sedang studi di Jerman dan ia ingin mengirimkan uang ke rekening kakanya itu. Dengan demikian, tinggal masukkan saja Kode Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications ditambah nomor rekeningnya ketika akan mentransfer sejumlah dana.

Kode ini akan memudahkan transfer antar negara. Di samping itu, juga akan lebih gampang teridentifikasi. Apabila si pengirim uang salah memberikan informasi mengenai kode bank yang ingin dituju, pengiriman secara otomatis akan digagalkan.

Cara Mengetahui Kode SWIFT Bank

Kode ini dapat diketahui dengan memperhatikan 8—11 karakter angka dan hurufnya. Hal pertama yang mesti diketahui adalah pola AAAABBCC123. Pola itu mengidentifikasikan secara detail perusahaan bank, negara, kota, dan detail cabang bank. 

  • AAAA: Empat huruf di depan kode ini merupakan kode yang biasa digunakan untuk menunjukkan nama bank. Misalnya, bank BCA adalah CENA. 
  • BB: Menunjukkan kode negara, apabila negaranya Indonesia maka kodenya ID. Misalnya, Amerika Serikat adalah US. 
  • CC: Menunjukkan lokasi kantor pusat bank tersebut. Misalnya, lokasinya di Jakarta, berarti kodenya JA. 
  • 123: Tiga angka terakhir menunjukkan lokasi kantor cabang. 

Sebagai contoh, jika seseorang dari luar dan hendak mentransfer ke rekening BCA di Jakarta, ia dapat menggunakan kode CENAIDJA123. Akan tetapi, bagaimana cara mencari kode itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mencari melalui laporan aktivitas rekening

Sejumlah bank diketahui sering meletakkan kode ini pada laporan aktivitas rekening yang diperoleh nasabah setiap bulannya. Karena itu, langkahnya adalah bisa mengecek apakah ada kodenya atau tidak. Kalau tidak, bisa melihatnya di layanan mobile banking.

2. Melihat situs resmi bank

Adapun cara berikutnya, yakni dengan melihat di situs resmi bank tempat membuka rekening. Kode ini biasanya akan tercatat jelas di bagian depan situs perusahaan bank.

Misalnya, Bank Mandiri menaruh kode mereka di bagian paling bawah situs dengan kode BMRIIDJA.

3. Mencari secara online

Selanjutnya, jika kode ini tidak ditemukan di situs bank maka kita dapat mencarinya secara online di situs-situs atau media terpercaya. Carilah di Google dengan kata kunci yang spesifik, contohnya “Kode SWIFT Bank Mandiri Bogor”. Apabila kurang spesifik, kita dapat menambahkan lokasi kantor cabangnya. 

Daftar Kode SWIFT Bank di Indoenesia

Beberapa daftar kode SWIFT untuk bank-bank di Indonesia, terutama di Kota Jakarta, seperti Bank BNI, BRI, Mandiri, hingga BCA, disajikan di bawah ini.

Nama Bank dan Kodenya

  1. Bank Mandiri—BMRIIDJA
  2. Bank Rakyat Indonesia—BRINIDJA
  3. Bank Negara Indonesia—BNINIDJA
  4. Bank Central Asia—CENAIDJA
  5. Bank Permata—BBBAIDJA
  6. Bank Artha Graha—ARTGIDJA
  7. Bank Niaga—BNIAIDJA
  8. Bank BNP Paribas Indonesia—BNPAIDJA
  9. Bank Bukopin—BBUKIDJA
  10. Bank Bumi Arta Indonesia—BBAIIDJA
  11. Bank Bumiputera Indonesia—BUMIIDJA
  12. Bank Buana Indonesia—BBIJIDJA
  13. Bank NISP—NISPIDJA
  14. Bank Mega—MEGAIDJA
  15. Bank Danamon—BDINIDJA
  16. Bank Ekspor Indonesia—BEXIIDJA
  17. Bank Commonwealth—BICNIDJA
  18. Woori Bersaudara—HVBKIDJA
  19. Bank Chinatrust Indonesia—CTCBIDJA
  20. Bank OCBC Indonesia—OCBCIDJA
  21. Bank Tabungan Negara (BTN)—BTANIDJA
  22. Bank UOB Indonesia—UOBBIDJA
  23. Bank Sumitomo Mitsui Indonesia—SUNIIDJA
  24. Bank DBS Indonesia—DBSBIDJA
  25. Bank Maybank Indocorp—MBBEIDJA
  26. Deutsche Bank AG—DEUTIDJA

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE