25.8 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

6 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiun

Menentukan jenis investasi yang cocok untuk pensiun sebaiknya direncanakan sebelum memasuki masa tua. Memiliki tabungan di usia senja bisa berguna sebagai penghasilan dan dapat digunakan saat tidak bekerja lagi. Sehingga Anda masih bisa mendapatkan uang untuk menambah penghasilan.

Penghasilan tersebut tentu harus direncanakan dari sekarang agar tidak merasa menyesali hal yang sudah terlewat. Melakukan investasi memberikan kemampuan pada diri sendiri untuk menabung dengan jumlah yang besar dan waktu yang lama.

Investasi memang lebih cocok dilakukan jika Anda ingin memiliki tabungan yang bertambah secara terus menerus. Sehingga dengan melakukan investasi Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari selisih yang dimiliki keuntungan perusahaan atau suku bunga yang sudah ditentukan.

Hal itu bisa sangat membantu Anda untuk menabung dalam jumlah yang banyak, karena sudah tersedia dengan cukup mudah. Pastikan sebelum melakukan investasi, Anda harus melakukan analisis yang baik terhadap jenis invertase yang akan dilakukan. Hal itu bisa berpengaruh kepada keuntungan yang kamu dapatkan nanti. Berikut ini 6 investasi yang cocok untuk pensiun.

1. Saham

Saham menjadi salah satu investasi yang banyak dilirik karena keuntungan besar yang akan diberikan kepada investor.

Pembagian keuntungan dari jenis saham ini dari pembagian keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Sebelum melakukan pembelian saham, Anda harus melakukan dengan cara yang teliti. Sebab walaupun keuntungan yang akan diberikan besar, tetapi resiko yang dihasilkan juga besar.

Lakukan investasi seperti yang Anda inginkan, caranya dengan melakukan analisis dengan baik. Hal itu bisa membantu Anda dalam memilih perusahaan yang baik.

Jangan pernah melakukan investasi kepada perusahaan hanya dengan omongan orang atau sedang popular. Tetapi gunakan Analisa dengan tepat agar tetap cuan dan tidak merasa rugi.

2. Deposito

Deposito bisa menjadi investasi yang cocok untuk pensiun. Tabungan yang Anda miliki bisa aman jika disimpan pada deposito bank.

Investasi ini menjadi salah satu jenis dengan resiko yang rendah. Uang yang Anda miliki pada deposito tersebut juga akan aman dengan fluktuasi.

Keuntungan yang didapat dari investasi ini adalah pemberian suku bunga yang sudah dilakukan dengan bank yang Anda percaya.

3. Reksa dana

Reksa dana bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru memulai untuk investasi. Jenis ini memiliki tingkat resiko yang lebih rendah walaupun memiliki sistem yang sedikit sama dengan saham.

Investasi ini cocok untuk semua kalangan untung tabungan dengan jangka panjang yang mudah digunakan.

Banyak yang bisa Anda pilih dalam reksa dana seperti RDPU sampai reksa dana saham yang cocok untuk dilakukan.

4. BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hidup yang lebih baik di masa depan.

Tabungan ini akan sangat berguna jika sudah masa pensiun, karena penghasilan yang sudah Anda miliki selama bekerja dipotong sebagai tabungan untuk masa depan. 

Sehingga uang yang dikumpulkan tidak terasa akan banyak saat dibutuhkan nanti. Tetapi tetap ingat untuk menggunakan uang yang Anda miliki dengan bijak.

5. Obligasi

Obligasi bisa menjadi pilihan bagi Anda ingin melakukan investasi selain saham dan reksa dana.

Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan dari kesepakatan suku bunga di awal yang sudah ditentukan.

Setelah Anda memberikan dana untuk dijadikan investasi, keuntungan uang akan Anda miliki bisa diprediksi secara tetap.

Hal itu bisa membantu Anda dalam melihat apakah penghasilan akhir dari yang diinginkan sudah bisa tercapai untuk kebutuhan lainnya.

6. Properti

Properti menjadi pilihan investasi jangka panjang yang banyak dilakukan saat ini. Sebab properti memiliki nilai yang terus naik.

Hal itu membuat para investor tertarik untuk melakukan investasi jangka panjang jenis ini. Jika Anda berminat dengan investasi jenis ini, cobalah untuk membeli tanah atau rumah yang harganya tidak turun. Anda juga bisa membangun beberapa rumah dalam satu lingkungan agar mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Itulah 6 jenis investasi yang cocok untuk pensiun yang bisa Anda pertimbangkan sebagai tabungan di masa depan agar menguntungkan di saat tidak bekerja. Sehingga hasil dari tabungan tersebut digunakan untuk membuka usaha baru sebagai penghasilan tambahan untuk biaya hidup.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU