34.5 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Punya Strategi Berbeda, Begini Perspektif Exchange & Komunitas Menghadapi Halving Day dan Altcoin Season

JAKARTA, duniafintech.com – [Halving Day Momentum]Berdasarkan perhitungan di aplikasi INDODAX, tersisa 19 hari lagi menuju momentum halving day Bitcoin. Maka dari itu, kali ini, INDODAX menggandeng para komunitas kripto berdiskusi mengenai strategi menghadapi halving Bitcoin, tips menghadapi altcoin season, dan koin-koin yang berpotensi bullish dan bearish di tahun 2024.

Diskusi ini diadakan dalam rangkaian “Bukber Takjil: Temu Akrab Jalin Silaturahmi” yang diselenggarakan oleh INDODAX bersama komunitas kripto di Indonesia dengan tema “Semua Bisa Trading”.

CEO INDODAX, Oscar Darmawan mengatakan jika salah satu cara untuk menghadapi momentum halving dan altcoin season yaitu dengan diversifikasi portofolio menggunakan teknik Dollar Cost Averaging.

“Diversifikasi membantu investor untuk mengurangi risiko dengan tidak menaruh semua telur dalam satu keranjang. Investor dapat mengalokasikan dananya ke berbagai jenis aset kripto, seperti Bitcoin, altcoin, dan stablecoin dengan menggunakan teknik dollar cost averaging,” ucap Oscar Darmawan. 

Oscar Darmawan juga menjelaskan, dollar cost averaging sebuah strategi berinvestasi kripto secara rutin dimana seorang investor dapat secara teratur membeli aset kripto dengan jumlah yang tetap pada jadwal yang ditentukan sebelumnya, terlepas dari harga aset tersebut pada waktu pembelian.

Menurut CEO Indodax Mengenai Halving Day 

“Selaku crypto exchange terpercaya di Indonesia, INDODAX kini memiliki fitur baru untuk membantu para investor untuk berinvestasi dengan teknik dollar cost averaging (DCA) yang diberi nama fitur investasi rutin. Fitur ini memungkinkan para investor, untuk berinvestasi secara rutin setiap bulannya  dengan jumlah yang sama” jelas Oscar Darmawan.

Oscar Darmawan juga menjelaskan teknik dollar cost averaging (DCA) akan membantu investor untuk membeli aset kripto potensial secara berkala, sehingga menciptakan konsep investasi yang konsisten dan sehat setiap bulannya.

Sementara itu, perwakilan dari komunitas kripto Cuanin, Aryad Satriawan, menegaskan bahwa salah satu strategi menghadapi momentum halving Bitcoin adalah dengan tidak menunda-nunda dalam pembelian Bitcoin.

“Jika ditanya kapan waktu yang tepat untuk membeli Bitcoin, jawabannya adalah sekarang. Karena jika melihat tren historisnya, harga Bitcoin cenderung selalu naik, dengan fluktuasi yang tergolong minor. Mengenai langkah setelah terjadi halving, penting untuk terus memantau narasi dan sentimen global. Jika tujuan utamanya adalah untuk mengamankan aset, maka Bitcoin dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika ingin mendapatkan keuntungan, disarankan untuk melakukan diversifikasi ke dalam berbagai jenis koin lainnya,” ucap Aryad.

Halving Day

Di sisi lain, para investor kripto juga harus mempersiapkan diri untuk menyambut altcoin season. Menurut perwakilan dari komunitas kripto Algotrading, Edwin Ardyanto, salah satu cara adalah dengan membuat trading plan dan menyebarkan ke 100 koin kripto teratas. Dengan begitu dapat membantu para trader untuk memaksimalkan keuntungan yang akan dicapai.

“Di komunitas Algotrading, kita memanfaatkan sistem trading otomatis yang menggunakan sebuah coding dan algoritma. Jadi proses kapan jual dan kapan beli akan terjadi secara otomatis. Maka dari itu, cara yang tepat untuk menghadapi altcoin season menurut Kita adalah dengan membuat trading plan untuk menyebarkan portofolio ke 100 koin kripto teratas. Setelah disebarkan, sistem yang dibuat oleh Algotrading akan menjual dan membeli koin secara otomatis,” ucap Edwin.

INDODAX berharap diskusi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para investor kripto dalam menghadapi dinamika pasar dan memanfaatkan potensi investasi kripto dengan optimal.

Baca jugaBitcoin Diprediksi Tembus Rp 1,5 Miliar Sebulan Mendekati Halving

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU