30.5 C
Jakarta
Sabtu, 28 Mei, 2022

Sepi Peminat, Lelang Aset Tommy Soeharto Dijadwalkan Ulang

JAKARTA, duniafintech.com – Pemerintah melangsungkan lelang aset milik anak Presiden Soeharto, Tommy Soeharto, yang merupakan sitaan Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Lelang tersebut dilangsungkan hari ini pukul 12.00 WIB, Rabu (12/1).

Lelang ini dilaksanakan atas empat aset jaminan milik debitur atau penanggung hutang atas nama PT Timor Putera Nasional (TPN) melalui www.lelang.go.id oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu.

Adapun, nilai limit lelang tersebut adalah sebesar Rp2,45 triliun dengan uang jaminan Rp1 triliun. Lelang ini dilakukan secara tertutup melalui pejabat lelang kelas I pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta.

Hanya saja, Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat DJKN, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani mengatakan hingga proses lelang berakhir tak satupun peserta lelang yang mendaftar dan menyetorkan uang jaminannya.

“Mengingat sampai dengan batas waktu yang ditentukan, yakni selambat-lambatnya 1 hari sebelum pelaksanaan lelang, tidak terdapat peserta lelang yang mendaftar dan menyetorkan uang jaminan, maka lelang eksekusi Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas 1 KPKNL Purwakarta dinyatakan Tidak Ada Peminat (TAP),” katanya kepada wartawan, Rabu (12/1).

Dia melanjutkan, sebagai upaya pengembalian utang kepada negara atas nama PT TPN melalui keempat aset tersebut, pihaknya akan menjadwalkan kembali lelang dalam waktu yang belum ditentukan.

“Upaya pengembalian utang kepada negara atas nama PT TPN dapat segera terealisasi, DJKN melalui KPKNL Jakarta V akan menjadwalkan kembali lelang atas keempat aset jaminan tersebut,” ujarnya.

Dia pun menegaskan bahwa proses lelang aset milik Tommy Soeharto tersebut tetap akan dilakukan, alih-alih dibatalkan. Hanya saja proses lelang sempat tertunda karena hari ini tidak memiliki peminat.

“Bukan batal, tapi tidak ada peminat,” tuturnya.

Sebagai informasi, keempat aset milik Tommy Soeharto yang telah diambil alih negara dan bakal dilelang tersebut adalah:

  1. Tanah seluas 530.125,526 meter persegi terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.
  2. Tanah seluas 98.896,700 meter persegi terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.
  3. Tanah seluas 100.985,15 meter persegi terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.
  4. Tanah seluas 518.870 meter persegi terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

Penulis: Nanda Aria

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Lengkap PT Asuransi Binagriya Upakara dan Daftar Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Binagriya Upakara merupakan salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia yang sudah mendapatkan izin operasional resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada...

Tabungan Haji Muamalat: Cara Daftar dan Keunggulannya

JAKARTA, duniafintech.com – Tabungan Haji Muamalat melalui program Tabungan iB Hijrah Haji merupakan produk dari Bank Muamalat yang dikhususkan untuk pembiayaan haji atau umrah. Dengan...

Tips Merencanakan Biaya Naik Haji bagi Anak Muda

JAKARTA, duniafintech.com – Tips merencanakan biaya haji sangat penting untuk diketahui, apalagi bagi anak muda yang punya mimpi untuk berangkat haji ke Tanah Suci...

Nasib Tragis Nasabah BPR Ditagih Rp100 Juta karena Utang Rp8 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Nasib tragis dialami oleh keluarga Nasikah, istri dari salah satu nasabah bank perkreditan rakyat (BPR) Bumi Sanggabuana di Gresik, Jawa Timur.  Hal...

Minta Maaf, Dirut DNA Pro Berharap Industri Robot Trading Lebih Maju Lagi

JAKARTA, duniafintech.com – Direktur Utama (Dirut) DNA Pro, Daniel Abe, menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada para korban robot trading DNA Pro. Hal itu diutarakannya...
LANGUAGE