26 C
Jakarta
Kamis, 8 Desember, 2022

Mandiri Internet Banking Error? Begini Solusi Mengatasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Mandiri internet banking error? Tenang saja sebab dalam ulasan berikut ini, kamu akan tahu solusi untuk mengatasinya.

Pada dasarnya, internet banking yang error ini merupakan kendala yang terjadi saat nasabah hendak melakukan transaksi lewat layanan elektronik perbankan.

Internet banking Mandiri sendiri adalah akses rekening bagi nasabah Bank Mandiri untuk bertransaksi perbankan secara online.

Nah, untuk mengetahui cara mengatasi internet banking yang error ini, berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Lifepal.

Baca juga: Cara Bayar Listrik lewat Mandiri ATM hingga Internet Banking

Jenis Gangguan Mandiri Internet Banking Error dan Solusinya

Di bawah ini adalah jenis-jenis gangguan pada internet banking Mandiri yang dialami oleh para nasabah.

1. Mandiri online error bikin gagal transfer, tetapi saldo terpotong

Gangguan yang pertama berupa gagal transfer, tetapi saldo terpotong. Namun, beberapa bank lain juga diketahui mengalami masalah serupa. Kondisi ini biasanya terjadi saat nasabah bertransaksi (melakukan pembayaran) via internet banking pada pukul 22.00 WIB.

Pasalnya, pada pukul tersebut, bank akan melakukan rekap transaksi nasabahnya. Kalau hal ini terjadi kepadamu, meskipun kamu tidak bertransaksi pada pukul 10 malam, maka hal yang perlu dilakukan, yakni langsung melapor ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Adapun solusi lainnya, yaitu silakan menghubungi Mandiri Call di nomor 1400 atau melapor lewat surel ke [email protected]

2. Ganti ponsel, Mandiri internet banking error

Ada juga pengguna yang bilang bahwa saat ia ganti smartphone, justru muncul Mandiri internet banking error. Namun, memang tidak semua yang mengalaminya lho.

Nah, untuk mengatasinya, silakan kamu uninstall aplikasi Mandiri Online dari ponsel lama kamu lalu kamu unduh ulang di ponsel baru.

Yang penting dilakukan, yakni nomor ponsel lama kamu yang sudah didaftarkan di Mandiri Online terpasang ke ponsel baru.

3. Nomor HP tidak terverifikasi

Kalau nomor ponsel malah tidak terverifikasi, bagaimana ya? Tentunya, secara otomatis layanan perbankan online Mandiri tidak bisa digunakan. Lazimnya, kode keterangan error ini muncul lantaran nomor ponsel tidak sesuai dengan nomor yang telah didaftarkan sebelumnya.

Sebagai solusinya, kamu harus memastikan bahwa nomor ponsel kamu sesuai dengan nomor saat mendaftar. Kalau kamu ganti nomor handphone, yang mesti dilakukan adalah mendatangi kantor cabang Bank Mandiri.

Selanjutnya, silakan melapor bahwa kamu sudah mengganti nomor handphone. Jangan lupa juga untuk membawa buku tabungan dan identitas diri supaya petugas bisa segera mengurus pergantian nomor ponsel kamu.

4. Log out sendiri-Mandiri internet banking error

Log out sendiri pun sering juga terjadi pada internet banking, termasuk pada Bank Mandiri.

Kondisi ini bisa terjadi pada nasabah yang memiliki smartphone dengan dual SIM card.

Oleh sebab itu, saat kamu salah memasukan SIM card, boleh jadi Mandiri Online akan log out tanpa disadari. Jika ini terjadi maka kamu perlu mengecek posisi SIM card.

Kemudian, cek juga jaringan internet kamu. Pasalnya, kemungkinan hal itu terjadi karena jaringan internet atau Wi-Fi terputus. Nah, sekiranya masih bermasalah, silakan hubungi Mandiri Call 1400 atau email [email protected]

5. Gangguan koneksi juga picu Mandiri online error

Mandiri internet banking error juga bisa terjadi karena gangguan koneksi dan sistem dalam pemeliharaan. Nah, soal gangguan koneksi, hal itu memang bisa terjadi akibat jaringan internet tidak stabil atau bisa juga lantaran nomor ponsel yang terdaftar tidak aktif atau terpasang di gawai yang sama.

Penyebab lainnya, yakni peningkatan kapasitas cache pada Mandiri Online. Jika terjadi gangguan ini maka kamu harus memastikan nomor ponsel kamu yang terdaftar aktif dan terpasang di gawai yang sama.

Solusi lainnya, yaitu kamu harus memastikan bahwa jaringan internet ponsel kamu stabil. Sebaiknya, jangan menggunakan jaringan Wifi publik. Langkah lainnya adalah menghapus cache di pengaturan aplikasi Mandiri Online. Tunggu hingga 15 menit, kemudian restart ponsel kamu dan silakan kembali login.

 

mandiri internet banking error

6. Beli pulsa gagal, tapi saldo berkurang

Ternyata, banyak juga nasabah yang gagal beli pulsa lewat internet banking lho! Hal ini juga menyebabkan saldo berkurang, tetapi pulsa tidak masuk.

Nah, bagi kamu yang mengalami hal ini, boleh jadi itu disebabkan oleh jaringan internet. Akan tetapi, jangan khawatir ya sebab lazimnya percobaan beli pulsa dan gagal hingga beberapa kali itu tidak akan mempengaruhi saldo rekening kamu. Sekalipun terpotong, nantinya bisa kembali dalam waktu 1 x 24 jam.

Baca juga: Cara Bayar Shopee lewat ATM Mandiri hingga Internet Banking

7. Password dinyatakan error atau disebut salah input

Kamu sudah ketik password yang benar, tetapi di layar ponsel menyebutkan bahwa password yang kamu masukkan salah. Padahal, password ini sudah kamu gunakan sebelumnya dan kamu gak ganti.

Nah, untuk mengatasi error yang satu ini, pastikan kembali bahwa nomor yang terdaftar di Mandiri Online kamu aktif. Kalau tidak aktif maka kamu perlu mengganti nomor HP itu ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Jangan lupa juga ya untuk membawa buku rekening tabungan, identitas diri, misalnya KTP, dan kartu ATM Mandiri kamu.

8. Top up e-Money berhasil tapi saldo e-Money gak bertambah

Ada juga kendala internet banking error ketika kamu ingin top up atau menambah saldo. Yang sering terjadi adalah saldo e-money tidak bertambah, padahal transaksi dinyatakan berhasil.

Nah, buat kamu yang mengalami hal seperti ini, kemungkinan saldo tidak langsung aktif. Kalau smartphone kamu memiliki NFC maka kamu bisa tempel e-money kamu di ponsel untuk mengeceknya.

Cara lainnya, kamu juga bisa mengecek di mesin EDC Mandiri, ATM Mandiri, atau minimarket, misalnya Alfamart serta Indomaret.

9. MPin Terblokir

Beberapa nasabah juga mengalami MPin terblokir. Lazimnya, error ini disebabkan oleh terblokirnya password Mandiri Online. Namun, kendala ini tidak bisa kamu atasi sendiri ya sebab kamu mesti mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Silakan bawa buku rekening tabungan, kartu ATM, dan identitas diri, seperti KTP. Selanjutnya, laporkan kendala internet banking error yang kamu alami pada internet banking Mandiri kamu. 

Kemudian, petugas Bank Mandiri akan mengurusnya dan kamu diminta untuk membuat password baru.

Fitur Mandiri Internet Banking dan Kekurangannya

Di bawah ini adalah sejumlah fitur Mandiri internet banking dan kekurangannya.

  1. Pembayaran dan transfer Scan QR
  2. Fasilitas pinjaman secara online 
  3. Jaringan error,termasuk ATM
  4. Kendala penggunaan di luar negeri
  5. Laporan mutasi terbatas
  6. Tidak bisa screen capture

Sekian ulasan tentang Mandiri internet banking error yang penting diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Daftar Internet Banking Mandiri, Mudah Banget Loh!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE