29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Mandiri Sekuritas: Produk, Cara Daftar, dan Call Center

Biasa disebut “Mansek”, Mandiri Sekuritas adalah program dari Bank Mandiri yang dapat digunakan oleh nasabahnya dalam melakukan investasi dalam dunia obligasi dan saham.

Peluncuran program ini dalam rangka mendukung iklim investasi saham di Indonesia. Adapun program ini diharapkan memudahkan para nasabah maupun para calon investor dari bank milik pemerintah ini untuk dapat mengelola keuangan dalam bentuk investasi yang menguntungkan.

Pada artikel ini juga akan dijelaskan dengan lengkap mengenai cara daftar, proses jual beli saham, dan fitur-fitur yang ada di dalam program tersebut.

Mandiri Sekuritas adalah

Pada dasarnya, Mansek ini adalah perusahaan sekuritas atau broker di bawah naungan PT Mandiri Sekuritas dalam rangka membantu investor berinvestasi di pasar modal. Program ini pun menyediakan kemudahan layanan dalam bentuk Mandiri Sekuritas aplikasi bernama MOST atau (Mandiri Sekuritas Online Trading).

Sejumlah fitur menarik dapat dinikmati oleh investor pada aplikasi MOST ini. Menggunakan platform aplikasi, MOST pun dapat dipakai dalam berbagai gawai atau smartphone yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Di samping akan digunakan dalam jual beli saham, perusahaan sekuritas ini pun memiliki supermarket reksadana serta obligasi yang cukup lengkap, dengan penawaran beragam dari berbagai manajer investasi. Hanya dengan satu aplikasi MOST, Anda akan dapat mengelola rekening efek dengan mudah.

Mengenal MOST Mandiri Sekuritas

Bank Mandiri secara khusus mendirikan perusahan sekuritas ini dengan izin pialang saham melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal No. 12 Tahun 1992 dan izin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. 13 Tahun 1992 sebagai bentuk independensinya.

Perusahaan ini pun telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Adapun aplikasi MOST sendiri adalah aplikasi yang memudahkan investor dalam bertransaksi di pasar modal secara online.

MOST diketahui punya lini bisnis di bidang saham, reksadana, obligasi, dan IPO (Initial Public Offering). Adapun bagi Anda yang masih ingin berinvestasi, tetapi belum punya pengetahuan mengenai investasi saham, sekuritas yang satu ini pun menyediakan berbagai training serta bahan pelatihan investasi saham secara lengkap, mulai dari riset harian dan analisis saham secara gratis.

Produk-produk MOST

Aplikasi MOST diketahui menyediakan beberapa unit investasi yang dapat dipilih oleh para nasabah, antara lain:

  1. Saham

Saham adalah bukti kepemilikan individu atau badan usaha pada sebuah perusahaan terbuka dengan saham yang tercatat di bursa efek. Sebagaimana dipahami, jika Anda membeli saham sebuah perusahaan, Anda secara otomatis akan ikut memiliki perusahaan itu dan berhak atas kekayaan maupun penghasilannya.

Sementara itu, terkait cara membeli saham perusahaan terbuka, seperti Bank BRI, Mandiri, atau Telkom melalui MOST, Anda cukup mendownload aplikasi MOST, lalu daftar, login, dan mulai bertransaksi saham di aplikasi tersebut.

Adapun keuntungan investasi saham di aplikasi MOST adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh dividen, yakni pembagian keuntungan yang berasal dari keuntungan perusahaan.
  • Capital Gain, yakni keuntungan yang diperoleh saat Anda menjual saham lebih tinggi ketitmbang harga beli.
  • Mudah dan praktis, dalam arti Anda tidak perlu datang ke perusahan sekuritas Mandiri terdekat untuk bertransaksi. Cukup melalui aplikasi MOST, semua bisa dilakukan dengan mudah.
  1. Reksadana

Secara umum, reksadana adalah suatu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi profesional. Reksadana ini sangat pas untuk investor yang tidak memiliki banyak waktu dalam menghitung risiko investasi sebab di dalamnya ada manajer investasi yang mengelola dana.

Adapun keuntungan investasi reksadana di MOST adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan dalam pengelolaan yang dilakukan oleh manajer investasi profesional berlisensi yang diawasi oleh OJK.
  • Praktis dalam proses transaksi karena bisa dilakukan secara online kapanpun dimanapun. Bahkan dana bisa dicairkan kapan saja dengan mudah.
  • Dana yang dibutuhkan untuk memulai investasi cukup murah mulai dari Rp10 ribu.
  • Resiko investasi terbagi menjadi beberapa portfolio efek sehingga kemungkinan rugi sangat kecil.
  • Imbal hasil yang didapatkan investor tidak lagi dipotong pajak.
  1. MOST Syariah

Tren investasi syariah yang sekarang tengah marak diperbincangkan oleh kalangan investor penting juga diketahui oleh nasabah muslim. Dalam hal ini, perusahaan sekuritas Mandiri juga menghadirkan MOST Syariah, yang diketahui menerapkan sistem syariah yang sesuai dengan ketentuan Islam.

Pada dasarnya, saham syariah adalah efek berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal. Kriteria-kriteria dari Saham Syariah yang diluncurkan oleh perusahaan sekuritas Mandiri adalah:

  • Kegiatan yang dijalankan perusahaan tidak bertentangan dengan prinsip syariah.
  • Maksimal total uang adalah 45% dari total aset.
  • Maksimal total pendapatan non halal adalah 10% dari pendapatan usaha.
  • Saham sudah terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES).

Sementara itu, keuntungan investasi berbasis syariah di MOST adalah sebagai berikut: 

  • Kemudahan dalam bertransaksi dan berinvestasi syariah secara online
  • Halal dan sesuai dengan prinsip Islami
  1. Obligasi

Di samping saham dan reksadana, MOST juga punya produk investasi berupa obligasi atau surat utang. Sebagaimana diketahui, obligasi adalah suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kupon atau bunga secara periodik.

Adapun pemegang obligasi bakal membayar kembali pokok utang ketika tanggal jatuh tempo. Obligasi biasanya diterbitkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan atau oleh korporasi, dengan jangka waktu investasi minimal satu tahun.

Terkait keuntungan investasi obligasi di MOST adalah sebagai berikut:

  • Keuntungan dari pendapatan tetap berupa kupon: ketentuannya adalah pemegang obligasi akan mendapatkan pendapatan bunga rutin selama waktu berlakunya obligasi.
  • Keuntungan Capital Gain dari penjualan Obligasi: dalam hal ini, seorang pemegang obligasi berhak untuk menjual kembali dengan harga lebih tinggi.
  1. Fasilitas Margin

Lain dengan saham, obligasi, dan reksadana, fasilitas margin (marjin trading) memang masih jarang terdengar atau bahkan asing di telinga masyarakat yang ingin berinvestasi di pasar modal.

Fasilitas margin adalah pinjaman yang diberikan oleh perusahaan sekuritas Mandiri pada settlement date atau jatuh tempo penyelesaian transaksi. Adapun para nasabah dapat memperoleh fasilitas limit margin ini hingga 2,8x net cas ditambah dengan 1,81x nilai portfolio.

Biasanya, saham yang dapat ditransaksikan pada rekening margin adalah saham yang masuk ke dalam Daftar Efek Marjin yang selalu diperbarui setiap bulan oleh Bursa Efek Indonesia. Di samping itu, nasabah yang melakukan investasi marjin ini dapat memiliki holding period saham lebih lama hingga 2 tahun sepanjang rasio jaminan terhadap hutang (collateral ratio) terjaga di atas 155%. Collateral ratio sendiri dihitung berdasarkan nilai saham setelah haircut value dibagi dengan nilai pinjaman.

Adapun keuntungan menggunakan fasilitas margin di MOST adalah sebagai berikut:

  • Terhindar dari suspended buy jika kamu belum memenuhi kewajiban dari penggunaan trading limit dan masih bisa melakukan pembelian saham dari limit yang tersedia selama collateral ratio masih terpenuhi.
  • Holding Period lebih fleksibel hingga 2 tahun meski kamu belum membayar kewajiban dan tidak akan di forced sell selama collateral ratio masih tercukupi.
  • Biaya lebih rendah karena penalti yang harus dibayarkan hanya 0,05% perhari atau 18% per tahun.

Aplikasi MOST: Fitur dan Kelebihan

Ada sejumlah fitur menarik di aplikasi MOST yang dibedakan menurut perangkat yang digunakan. Sejumlah keunggulan produknya, sesuai dengan perangkat yang dipilih, dijabarkan sebagai berikut:

  1. MOST Mobile

MOST Mobile adalah aplikasi ponsel pintar yang dapat disematkan di ponsel pintar nasabah untuk memperoleh kemudahan dalam menjalankan iklim investasi. Keunggulan fitur dari MOST Mobile adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan data internet yang lebih hemat ketimbang platform lain.
  • Satu aplikasi untuk transaksi reksadana dan saham.
  • Dukungan untuk semua perangkat pintar dengan sistem operasi Android dan iOS.
  • Tersedia fitur Quick Menu dan Auto Reconnect yang memudahkan nasabah dalam proses beli atau jual.
  1. MOST Desktop

MOST Desktop adalah aplikasi yang dijalankan di perangkat komputer desktop atau laptop. Kalau Anda merupakan seorang investor yang setiap hari berkutat dengan dunia pasar modal, keuntungan yang diperoleh dari fitur ini adalah sebagai berikut:

  • Kenyamanan dalam mendalami semua fitur bagi heavy trader yang fokus berjam-jam mengamati pasar modal
  • Terdapat fitur Customized View pada dashboard untuk kenyamanan kerja
  • Fitur Chart dan Indikator lengkap untuk memberikan keleluasaan dalam mengamati pergerakan pasar modal
  • Dukungan analisis dan resistance yang akurat untuk kepastian langkah kamu dalam menjual atau membeli saham
  1. MOST Web

MOST Web adalah website resmi yang disiapkan oleh Mansek bagi Anda yang ingin menggabungkan semua fitur yang tersedia hanya dengan membuka internet. Sejumlah keuntungan dari MOST Web ini, di antaranya:

  • Tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi di perangkat personal
  • Fitur Chart dan indikator yang lengkap dan diperbarui
  • Dukungan analisis dan resistance yang akurat
  • Fitur Customized View untuk mempersonalisasi tampilan sesuai kebutuhan

Cara Daftar dan Pembukaan Rekening Mansek

Terdapat 2 cara untuk mendaftar, yakni pendaftaran secara online atau offline.

  1. Secara online

Caranya sendiri cukup mudah, yakni Anda hanya perlu menyiapkan beberapa berkas untuk keperluan verifikasi data dan selanjutnya ikuti langkah mudah berikut ini:

  • Siapkan foto e-KTP.
  • Siapkan swafoto diri memegang e-KTP.
  • Siapkan foto NPWP.
  • Siapkan buku rekening tabungan Mandiri.
  • Masuk ke website resmi MOST di www.most.co.id/register.
  • Isi dan lengkapi data yang dibutuhkan.
  • Unggah foto yang telah disiapkan (e-KTP, swafoto, NPWP, halaman depan buku tabungan).
  • Daftar aplikasi pembukaan rekening.
  • Verifikasi dokumen melalui WhatsApp dan Video Call.
  • Mansek mengirimkan form pembukaan rekening melalui email.
  • Cetak dokumen pembukaan rekening dari e-mail.
  • Kirimkan dokumen ke kantor cabang Mansek (tidak harus di Jakarta).
  • Setelah mendapatkan Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Rekening Efek (RE), Anda kini sudah bisa mulai berinvestasi.
  1. Secara offline

Hampir sama dengan pembukaan rekening melalui online, inilah beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk membuka rekening perusahaan ini secara offline:

  • Siapkan formulir Pembukaan Rekening Efek.
  • Siapkan Formulir Mandiri Tabungan Investor.
  • Siapkan Fotokopi KTP/Paspor.
  • Siapkan Fotokopi NPWP.
  • Siapkan fotokopi halaman depan buku tabungan.
  • Bawa semua kelengkapan dokumen ini ke kantor cabang Mansek terdekat dari tempat tinggal Anda dan lakukan pembukaan rekening. Jangka waktu pembukaan rekening Mansek sekitar 4—7 hari kerja.

Biaya (Fee) di Perusahaan Sekuritas Mandiri

Dalam rangka mendukung iklim investasi yang sehat serta demi menguntungkan semua pihak, ketentuan biaya atau Mandiri Sekuritas fee yang sudah ditentukan adalah sebagai berikut:

  • Fee Jual Saham: 0,28% per transaksi atau minimal Rp5 ribu/hari
  • Fee Beli Saham: 0,18% per transaksi atau minimal Rp5 ribu/hari

Pada peraturan ini, Mansek menerapkan minimum fee, yang artinya berapa pun besarnya transaksi saham, minimum fee beli atau jual senilai Rp5 ribu.

Kontak Resmi Perusahaan Sekuritas Mandiri

Bagi Anda yang ingin memperoleh informasi terkait ketentuan Mansek yang lebih valid dan jelas, Anda dapat menghubungi kontak resmi atau Call Center Mandiri Sekuritas sebagai berikut:

  • Nomor call center telepon resmi (Care Center-Telepon): 14032
  • Care Center-Email: [email protected]
  • Twitter: @mandiri_OLT
  • Facebook : Mandiri Sekuritas Online Trading
  • Instagram: @mandiri_sekuritas

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU